Homepage 5 Min Essential Mengulas Motion Graphic d...

Mengulas Motion Graphic dan Berbagai Kegunaanya

22 Apr 2023

Di era digital seperti sekarang ini, melihat gambar atau grafik yang bergerak bukanlah sesuatu yang asing lagi. Hal itu nggak terlepas dari peran motion graphic yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu.

Pada dasarnya, motion graphic diartikan sebagai ilustrasi atau gambar yang bergerak. Motion graphic sendiri merupakan salah satu jenis dari desain grafis yang terdiri atas elemen-elemen seperti teks, suara, fotografi, ilustrasi, dan masih banyak lagi.

Namun, yang membedakan motion graphic dengan jenis grafis lainnya adalah dari segi pembuatannya, yaitu menggunakan teknik animasi. Dalam motion graphic terdapat elemen tambahan seperti audio dan videografi yang membuat grafis ini cukup unik. 

Kini, profesi yang mengerjakan segala pekerjaan terkait motion graphic disebut motion graphic designer. Mereka bertanggung jawab dalam merancang dan menciptakan animasi serta mempersiapkan desain, layout, sampai konsep sesuai kebutuhan. 

Motion graphic ini sangat populer dalam dunia broadcasting karena berguna untuk menarik banyak perhatian dengan gabungan elemen audio visual. Nggak cuma bagi broadcasting, ternyata motion graphic juga punya banyak kegunaan lho untuk berbagai industri lain. Berikut kita tampilkan beberapa kegunaan lainnya. Simak, ya!

1. Information Sharing

Kegunaan yang pertama dari motion graphic adalah untuk membagikan informasi. Dengan motion graphic, informasi yang ingin dibagikan bisa diubah menjadi bentuk animasi lalu menambahkan audio atau fitur lainnya. Cara ini dianggap efektif karena informasi tersebut menjadi menarik sekaligus mudah dipahami.

2. Movie & Video

Motion graphic juga bisa berguna untuk keperluan film atau video, umumnya saat menampilkan judul yang biasa terlihat di awal atau di akhir pertunjukan. Biasanya judul tersebut ditampilkan dengan teks serta audio khusus agar menambah suasana dalam film dan video. Penggunaan motion graphic dalam situasi itu pun dinilai sukses membuat penonton terkesan dan kagum saat melihatnya.

3. Logo

Nggak cuma untuk film dan video, penggunaan motion graphic juga bisa untuk pembuatan logo bisnis atau perusahaan. Jika umumnya logo berbentuk 2D, maka nggak ada salahnya dibuat dalam bentuk animasi agar lebih atraktif. Logo yang dibentuk menjadi animasi tersebut akan terlihat lebih hidup dan bisa digunakan untuk keperluan konten video.

4. Social Media Content

Media sosial menjadi tempat pertama yang banyak dikunjungi orang-orang untuk berbagai keperluan, seperti mencari berita, informasi atau hiburan. Agar orang-orang tertarik, dibutuhkan penggunaan motion graphic untuk pembuatan konten media sosial. Selain berguna untuk memberi kesan yang menarik, konten tersebut pun jadi lebih mudah ditangkap oleh pengunjung.

5. Digital Marketing

Kegunaan lain dari motion graphic juga bisa dirasakan oleh industri digital marketing. Dikenal sebagai kegiatan meliputi promosi dan periklanan, motion graphic bisa membuat berbagai iklan yang akan ditampilkan semakin menarik dengan gambar bergerak. Cara ini terlihat lebih kreatif dan bisa membuat banyak audiens melirik iklan tersebut. 

Nah, itu tadi beberapa manfaat atau kegunaan motion graphic untuk berbagai kepentingan. Pada intinya, penggunaan motion graphic memiliki fungsi utama untuk membuat karya lebih menarik dan pesan didalamnya mudah diterima oleh orang-orang.  

Hal itu secara otomatis membuat keberadaan motion graphic sangat penting untuk bisnis di berbagai bidang. Nggak sedikit bisnis dan perusahaan yang mencoba menarik audiens dengan memanfaatkan jenis grafis tersebut. Dan terbukti, sudah banyak bisnis yang merasakan manfaat dari motion graphic. 

Jadi, untuk Buddies yang memiliki bisnis sudah saatnya untuk mulai menggunakan motion graphic demi mencapai hasil maksimal. Kalau masih ragu, Boleh Dicoba Digital (BDD) siap membantu lewat layanan creative content development. 

Di creative content development, kita nggak cuma menyediakan layanan motion graphic saja. Ada berbagai macam layanan lain, seperti graphic design, ui/ux design dan content creator (TikTok). BDD creative berkomitmen untuk membuat bisnis bisa memanipulasi gambar, video, grafik, dan teks menjadi animasi yang unik. 

Sudah lebih dari 50 brand yang tumbuh berkembang dengan BDD lewat layanan ini, pastikan Buddies jadi yang selanjutnya. Kalau tertarik, langsung saja hubungi kita atau klik website Boleh Dicoba Digital (BDD) berikut. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×