Homepage 5 Min Essential Melirik Tren Digital Mark...

Melirik Tren Digital Marketing 2023, Mana yang Bertahan Lama?

06 Mar 2023

Bisa dibilang kalau digital marketing menjadi metode pemasaran wajib yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis di era sekarang. Gimana nggak, sekarang ini hampir semua orang sudah banyak menghabiskan waktu di internet yang tentunya sangat disayangkan kalau kesempatan itu nggak dimanfaatkan dengan baik.

Kemudahan dalam akses internet dan juga teknologi yang berkembang setiap tahunnya membuat pemasaran digital untuk pelaku bisnis semakin menjanjikan di masa depan. Buktinya, selama tahun 2022 kemarin banyak banget bermunculan inovasi pemasaran yang membuat sebuah tren baru dalam industri digital marketing.

Tren digital marketing 2022 itu perlu diperhatikan kembali agar bisa dijadikan sebagai referensi strategi pemasaran digital bagi pelaku bisnis di tahun 2023 ini. Mengingat di tahun ini kompetisi pemasaran digital akan semakin ketat, bukan tidak mungkin akan tercipta inovasi baru seperti yang terjadi pada tahun 2022 kemarin.

Jadi inovasi apa saja sih yang dilakukan sehingga membuat sebuah tren digital marketing 2022 terjadi? Berikut kita bagikan deretan tren digital marketing 2022 yang bisa dipertimbangkan sebagai strategi pemasaran digital di tahun 2023. 

1. Video Marketing

Tahun 2022 kemarin, video marketing menjadi salah satu tren yang paling banyak digunakan. Gimana nggak, kepopuleran TikTok sebagai aplikasi berbasis video dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Bahkan sekarang media sosial lain mulai mengikuti jejak TikTok dengan menyediakan fitur video pendek, seperti Instagram Reels atau YouTube Shorts.

2. Live Stream Shopping

Nggak bisa dipungkiri kalau di zaman sekarang ini banyak orang yang memilih berbelanja secara online. Berbelanja online dianggap menawarkan efisiensi waktu walaupun nggak jarang pembeli kecewa dengan produk yang dibeli karena nggak sesuai dengan apa yang diharapkan. Nah, strategi marketing online live stream shopping ini menjadi solusi atas kendala itu karena pembeli jadi lebih mengetahui tentang detail produk yang ingin dibeli.

3. Chatbots

Chatbot merupakan perangkat robot virtual yang dibuat dari Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Fungsi chatbot dalam digital marketing ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada audiens. Penggunaan chatbots ini pun sangat populer di tahun 2022 kemarin karena dianggap efektif dalam melayani customer selama 24 jam.

4. Artificial Intelligence (AI)

Meskipun bukan sesuatu yang baru, tapi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi teknologi yang paling banyak dibahas dan digunakan dalam praktik digital marketing. Bahkan para pelaku bisnis banyak yang mengungkapkan kalau AI menjadi aspek paling vital dalam strategi mereka. Sekarang ini banyak tools AI yang bisa diakses dengan mudah, seperti HubSpot, Google Cloud AI, Acquisio Turing dan masih banyak lagi.

5. Voice & Visual Search

Tren digital marketing 2022 yang nggak kalah populer juga adalah voice & visual search. Voice & visual search adalah metode pencarian di sebuah mesin pencari dengan menggunakan suara atau gambar. Saat ini banyak orang yang lebih memilih mencari sesuatu dengan suara dan gambar melalui Google Assistant atau Google Lens. 

Memasuki tahun 2023, banyak banget pelaku bisnis yang sudah merencanakan strategi digital marketing mereka untuk di tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya. Oleh karena itu, nggak ada salahnya untuk menggabungkan tren digital marketing 2022 dengan beberapa strategi lain untuk memaksimalkan hasilnya. 

Kalau Buddies masih bingung untuk menentukan strategi yang akan digunakan agar meningkatkan performa bisnismu, kita punya solusinya. Buddies bisa gunakan jasa Boleh Dicoba Digital untuk membantu permasalahan terkait digital marketing di bisnismu.

Kita menyediakan berbagai pelayanan untuk meningkatkan bisnismu, seperti digital advertising, website development, creative content development, growth hack dan search engine optimization (SEO). Boleh Dicoba Digital selalu terbuka untuk berbagai permasalahan dan berkomitmen untuk berusaha menciptakan hasil yang lebih baik dengan berbagai pendekatan. 

Gimana, tertarik menggunakan jasa kita? Nggak perlu ragu, langsung saja hubungi kita atau kunjungi website Boleh Dicoba Digital

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×