Homepage 5 Min Essential Rekomendasi SEO Tools Ser...

Rekomendasi SEO Tools Serbaguna Untuk Tingkatkan Performa Website

08 Mar 2023

Nggak bisa dipungkiri kalau search engine optimization (SEO) menjadi salah satu hal penting di dunia bisnis yang bergerak di bidang online atau digital. Seperti yang sudah kita tahu, SEO adalah teknik atau cara untuk mengoptimasi website agar muncul di posisi teratas mesin pencarian seperti Google. 

Dengan muncul di posisi teratas Google akan ngebuat website mudah ditemukan dan secara otomatis mendapat trafik yang tinggi. Dikutip dari Backlinko, urutan tiga teratas di Google mendapat 54.4% dari semua klik dengan 27.6% diantaranya diambil oleh urutan pertama. 

Nggak banyak orang yang tertarik untuk mengklik hasil pencarian selain di halaman pertama Google. Dari sumber yang sama, disebutkan kalau orang yang mengklik hasil pencarian dari halaman kedua Google hanya sebesar 0.63% saja. 

Untuk mengoptimasikan website agar muncul di urutan teratas Google itu ternyata nggak gampang, mengingat ada lebih dari 85.000 pencarian di Google setiap detiknya. Oleh karena itu, Buddies perlu SEO tools untuk ngebantu mendapatkan performa SEO yang optimal.

SEO tools punya banyak fitur menarik yang bisa memudahkan Buddies untuk menentukan strategi terkait SEO. Di artikel ini, kita akan tunjukan SEO tools yang bisa dimanfaatkan untuk membantu proses optimasi website Buddies. Simak, ya!

1. Ahrefs

Ahrefs bisa dibilang sebagai salah satu SEO tools terpopuler karena banyak digunakan oleh orang-orang. Tools satu ini juga sangat cocok digunakan oleh pemula karena didalamnya terdapat panduan lengkap terkait setiap fiturnya. Sebagai SEO tools berbayar, Ahrefs menyediakan beragam fitur menarik, seperti eksplor keyword, riset audit website, dan masih banyak lagi.

2. SEMrush

Nggak kalah populer, SEMrush juga menjadi salah satu tools berbayar seperti Ahrefs yang banyak digunakan karena mampu menjawab kebutuhan online marketing. SEMrush juga punya data analisis yang lengkap dan mampu ditampilkan secara ringkas. Tools ini punya banyak fitur bermanfaat yang bisa meningkatkan SEO On Page dan Off Page.

3. Google Keyword Planner

Sesuai namanya, tools satu ini merupakan besutan Google yang cukup efektif untuk membantu optimasi SEO. Google Keyword Planner juga memungkinkan Buddies untuk melakukan riset keyword dan juga menemukan kata kunci baru. Karena Google Keyword Planner berada dalam layanan Google Ads, maka tools ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan iklan.

4. Ubersuggest

SEO tools lain yang juga berguna untuk optimasi SEO On Page dan Off Page adalah Ubersuggest dari Neil Patel. Tools ini punya tiga fitur utama, antara lain keyword analyzer, competitive analysis dan juga SEO explorer. Selain berguna untuk SEO, Ubersuggest juga efektif untuk mendukung strategi iklan dengan adanya informasi lengkap terkait ads. Tools satu ini juga salah satu tools berbayar namun cenderung lebih murah dibanding Ahrefs dan SEMrush. Bahkan Ubersuggest menyediakan layanan free trial 3x untuk Buddies yang akan berlangganan tools ini.

5. GTmetrix

GTMetrix merupakan tools yang memungkinkan Buddies untuk mengetes performa website. Tools satu ini bisa memberi tahu berapa skor kecepatan website Buddies dan menunjukan celah kekurangan website jika dinilai lambat. Nggak cuma itu, GTMetrix bahkan akan memberi rekomendasi cara yang harus dilakukan untuk tingkatkan performa website.

6. Screaming Frog

Screaming Frog juga salah satu tools SEO populer yang berfungsi seperti Google crawler untuk menganalisis permasalahan di website. Tool ini bisa diakses secara gratis dan juga berbayar. Pastinya dengan berbayar, fitur-fiturnya akan lebih lengkap dibanding gratis. Untuk versi gratis, Screaming Frog bisa melakukan crawl sebanyak 500 URL, sedangkan versi berbayarnya tidak terbatas. 

Seperti yang sudah sempat disebut diatas, SEO memegang peranan penting bagi pelaku bisnis yang bergerak di bidang online atau digital. Bahkan saking pentingnya, BrightEdge merilis data yang menyebutkan kalau SEO mendorong 1.000% lebih banyak traffic dibanding media sosial organik. 

Bukan cuma itu, riset juga membuktikan kalau 39% transaksi pembelian dipengaruhi oleh pencarian yang relevan. Dengan begitu, penggunaan SEO tools harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengoptimasikan website, baik dari sisi On Page dan Off Page. 

Untuk Buddies yang mungkin kebingungan cara mengoptimasikan website bisnismu di Google, nggak perlu khawatir. Boleh Dicoba Digital (BDD) bisa ngebantu Buddies menentukan strategi SEO yang baik sehingga meningkatkan traffic website yang tinggi. 

Pelayanan kita cocok dengan berbagai tingkatan bisnis, baik yang masih baru, sedang berkembang, sampai sudah mapan sekalipun. Jadi Buddies nggak perlu ragu, langsung saja kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) dan serahkan permasalahan bisnis mu kepada kita. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×