Homepage 5 Min Essential Menjanjikan! Ini 6 Ide Bi...

Menjanjikan! Ini 6 Ide Bisnis Paling Ideal Jelang Lebaran

19 Apr 2023

Bulan Ramadan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat bulan suci ini hanya datang sekali dalam setahun. 

Banyak hal unik yang kerap terjadi setiap kedatangan bulan Ramadan, salah satunya adalah meningkatnya konsumsi masyarakat. Meningkatnya konsumsi masyarakat itu pun nggak terlepas dari kebutuhan yang cenderung bertambah, mulai dari kebutuhan sahur, berbuka sampai kebutuhan lebaran atau hari raya.

Melihat hal itu, maka ada banyak peluang bisnis yang bisa dicoba dengan memanfaatkan sifat konsumtif masyarakat tadi. Akan sangat disayangkan jika kesempatan tersebut nggak dimanfaatkan dengan baik untuk memperoleh keuntungan. 

Salah satu momen yang paling menjanjikan untuk membuka usaha atau bisnis adalah saat menjelang lebaran. Di minggu-minggu terakhir bulan Ramadan, masyarakat biasanya gencar mencari berbagai kebutuhan untuk hari raya, seperti fashion, makanan, sampai keperluan mudik. 

Nah, momen lebaran tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis yang menguntungkan. Namun, Buddies mungkin masih bingung dengan bisnis apa yang akan dijalankan untuk momen lebaran nanti. Jangan khawatir, di artikel ini kita akan tampilkan 6 ide bisnis yang ideal jelang momen hari raya. Simak, ya!

1. Pastry Business

Ide bisnis pertama yang bisa dijalankan saat menjelang lebaran adalah jasa membuat kue kering. Kue kering sendiri sudah menjadi santapan wajib bagi keluarga maupun tamu yang berkunjung di hari raya. Hidangan ini selalu diminati oleh banyak orang, khususnya pada 1-2 minggu sebelum hari lebaran tiba.

2. Selling Ketupat

Selain kue kering, santapan yang wajib ada saat momen lebaran adalah opor beserta ketupatnya. Singkatnya, ketupat adalah nasi yang dimasak dan dibungkus dengan daun kelapa. Menjual ketupat bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, khususnya pada saat orang-orang nggak sempat membuatnya.

3. Homecoming Equipment

Lebaran juga dikenal sebagai momen paling pas untuk mudik ke kampung halaman bagi para perantau. Pasti banyak perantau yang membutuhkan perlengkapan mudik untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan di perjalanan. Buddies bisa memanfaatkan itu dengan menyediakan sarung tangan, masker, kacamata, bantal leher, hingga koper.

4. Car Rental

Rental mobil juga menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis di momen lebaran. Jika Buddies punya mobil yang nggak terpakai, nggak ada salahnya untuk disewakan bagi yang memerlukan. Ada banyak orang yang kadang nggak punya kendaraan pribadi untuk pulang kampung, namun juga nggak bisa memanfaatkan transportasi umum karena banyaknya barang yang dibawa.

5. House Cleaning Services

Sudah menjadi kewajiban disaat sebelum hari raya tiba, rumah harus dalam keadaan bersih dan rapi. Namun, ada beberapa orang yang nggak punya waktu untuk membersihkan seluruh bagian rumahnya karena terbentur kegiatan lain. Di saat inilah peluang Buddies terbuka lebar dengan mengajak teman atau membentuk tim untuk menawarkan jasa bersih-bersih rumah.

6. Parcel Business

Di Indonesia, tradisi silaturahmi saat lebaran adalah dengan memberikan parcel. Parcel sendiri memiliki berbagai macam bentuk dan isi yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Bisnis ini sangat menguntungkan, mengingat banyaknya permintaan di minggu-minggu terakhir menjelang hari raya. 

Jadi, itu tadi 6 ide bisnis yang bisa dijalankan saat menjelang lebaran. Selain bisa mendapat penghasilan tambahan, Buddies juga berkesempatan memperoleh pahala karena telah membantu sesama. 

Sekarang Buddies sudah punya referensi bisnis apa yang akan dijalankan nanti. Pastikan bisnis tersebut dilakukan pada momen yang tepat agar bisa meningkatkan penjualan. Karena setelah bulan Ramadan berakhir, pola perilaku konsumen akan kembali normal dan mereka nggak akan membeli barang-barang yang diperlukan khusus hari raya. 

Penting juga untuk melakukan analisis pasar terlebih dahulu agar bisa menentukan strategi yang sesuai. Analisis pasar dan penetapan strategi yang sesuai juga bisa memudahkan Buddies untuk menentukan target konsumen saat menjalankan bisnis tersebut. 

Oleh karena itu, Buddies mungkin perlu membaca Ramadan Insight dari Boleh Dicoba Digital (BDD) sebagai bahan analisis. Ramadan Insight adalah salah satu produk buletin dari BDD yang dibuat khusus dalam menyambut bulan suci untuk para pelaku bisnis. 

Isi dari buletin tersebut terdapat beberapa insight dan report menarik terkait industri digital marketing di bulan Ramadan. Buddies akan diperlihatkan banyak fakta dan informasi penting bagi bisnis lewat analisis dari berbagai channel digital, seperti Google, Meta, dan TikTok. 

Untuk mendapatkan buletin tersebut, caranya gampang banget. Buddies cuma perlu kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD), pilih Ramadan Insight, lalu cantumkan email di form, dan nanti kita akan kirimkan report yang bisa di download via email. 

Gampang banget ‘kan? Untuk selengkapnya, langsung saja klik website Boleh Dicoba Digital (BDD) berikut!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×