Homepage 5 Min Essential 5 Hari Besar Setelah Leba...

5 Hari Besar Setelah Lebaran Untuk Meningkatkan Penjualan

28 Apr 2023

Bukan rahasia lagi kalau bulan Ramadan sampai dengan lebaran bisa dibilang sebagai momen puncak bagi pelaku bisnis dalam memperoleh keuntungan. Namun setelah lebaran, nggak sedikit bisnis yang penjualannya merosot secara drastis. 

Hal itu dikarenakan pola perilaku konsumsi masyarakat yang mulai berangsur normal seperti sebelum bulan Ramadan. Dalam menyiasati penjualan yang menurun, para pelaku bisnis perlu memutar otak menyiapkan strategi untuk membuat bisnisnya tetap stabil, salah satunya dengan memanfaatkan momentum hari-hari besar setelah lebaran. 

Lebaran memang bukan satu-satunya momentum yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Masih ada beberapa hari besar di Indonesia yang bisa dijadikan momentum bagi pelaku bisnis untuk memperoleh keuntungan. Beberapa hari besar tersebut bahkan disebut bisa mendatangkan keuntungan sebanyak 2-3 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Momen tahunan di tanah air sendiri terbilang cukup banyak dan dianggap sebagai salah satu strategi terbaik untuk promosi. Nggak sedikit pelaku bisnis yang bilang kalau penjualan di beberapa hari besar tersebut mampu menutupi kerugian di bulan-bulan sebelumnya.

Jadi, nggak heran kalau momen tahunan ini banyak dimanfaatkan untuk mendongkrak penjualan oleh para pelaku bisnis di luar sana. Nah, di artikel ini kita akan coba bagikan 5 hari besar setelah lebaran yang bisa digunakan sebagai strategi promosi bisnis. Simak, ya!

1. Eid Al-Adha

Setelah hari raya idul fitri, hari besar islam selanjutnya adalah idul adha. Momen ini terkenal dengan tradisi berkurban yang dilakukan oleh umat muslim. Maka nggak heran kalau menjelang idul adha banyak orang yang berbisnis hewan kurban.

Namun selain itu, idul adha juga bisa dijadikan momentum untuk memberikan diskon atau mempromosikan bisnis. Seperti bisnis katering yang khusus idul adha menyediakan makanan olahan daging atau bumbu masak.

2. Independence Day

Hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh di tanggal 17 agustus juga bisa dijadikan momen untuk memberikan diskon spesial. Biasanya diskon yang diberikan berkaitan dengan tanggal kemerdekaan, seperti 17, 8, dan 45 persen. Selain bisa dijadikan untuk memberikan diskon spesial, Buddies juga bisa meluncurkan produk baru yang bertemakan kemerdekaan. 

3. National Online Shopping Day

Hari belanja online nasional atau lebih dikenal dengan Harbolnas adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh para pelaku bisnis, khususnya berbasis online. Gimana nggak, di momen ini banyak bisnis yang mengalami peningkatan penjualan lewat promosi efektif. Belum lagi pemanfaatan media sosial yang berpengaruh besar pada meningkatnya awareness sekaligus penjualan.

4. Christmas and New Year

Sudah menjadi tradisi kalau bisnis di akhir tahun selalu mengadakan promo yang cukup besar, khususnya pada menjelang Natal dan tahun baru. Banyak bisnis yang memperoleh untung besar-besaran berkat menerapkan strategi ampuh di momen ini. Buddies bisa memanfaatkan momen ini untuk menghabiskan stok produk yang tersisa lewat promo spesial.

5. Marketplace Deals

Selain lewat hari-hari besar seperti diatas, momentum lain yang bisa dimanfaatkan juga adalah melalui marketplace. Marketplace biasanya sering mengadakan campaign spesial, seperti flash sale, twin date, sampai hari ulang tahun marketplace tertentu. Buddies bisa menjalankan strategi bisnis online dengan memanfaatkan fitur-fitur dan program yang ada di marketplace. 

Nah, itu tadi 5 hari besar di Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan setelah lebaran. Pastikan dulu sebelumnya telah dilakukan analisis penjualan selama bulan Ramadan dan lebaran untuk melihat promo yang paling efektif dan kurang efektif.

Setelah mendapat insight dari analisis tersebut, data-data yang diperoleh bisa membantu Buddies untuk menentukan strategi promosi selanjutnya. Dengan begitu, strategi promosi tadi hanya tinggal dieksekusi dengan baik untuk menjaga tingkat penjualan dan membuat bisnis tetap stabil pasca momen lebaran. 

Kalau Buddies masih kebingungan menyiapkan strategi marketingnya, hubungi kita saja! Boleh Dicoba Digital (BDD) akan siap membantu pembuatan strategi marketing, baik secara layanan berbayar maupun organik lewat layanan digital advertising dan search engine optimization (SEO). 

Sudah lebih dari 100 bisnis yang berkembang bersama BDD lewat kedua layanan ini. Layanan ini juga sangat cocok untuk berbagai tahapan bisnis, baik yang baru mulai, sedang berkembang, sampai sudah mapan sekalipun. 

Jadi Buddies nggak perlu ragu, langsung saja kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) dan percayakan bisnismu kepada kita. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×