Homepage 5 Min Essential 5 Tips Persiapan Mudik Le...

5 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023, Dijamin Aman dan Nyaman!

28 Apr 2023

Menjelang berakhirnya bulan Ramadan biasanya ditandai dengan tradisi mudik. Mudik sendiri memang sudah menjadi momen tahunan yang terjadi menjelang hari raya Idul Fitri. Tujuannya pun nggak lain yaitu untuk merayakan lebaran dengan orang tua dan keluarga besar. 

Tradisi mudik ini identik dengan membludaknya kendaraan pribadi di jalanan dan tiket transportasi umum yang meningkat. Kemacetan sudah menjadi hal biasa mengingat banyaknya kendaraan yang pergi dari satu daerah ke daerah lain. 

Fenomena itu nggak terlepas dari predikat Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dengan begitu, maka nggak heran kalau lebaran dianggap sebagai momen besar bagi pemudik yang ingin pulang kampung. 

Tapi hal itu nggak menurunkan euforia masyarakat Indonesia untuk melakukan mudik lebaran. Semuanya dianggap sepadan dengan hasilnya saat mereka bertemu dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. 

Nah, dalam melakukan perjalanan mudik pun penting banget untuk mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan. Oleh karena itu, perlu dilakukan persiapan agar mudik berjalan lancar. Di artikel ini kita akan bagikan beberapa tips persiapan mudik yang bisa Buddies lakukan. 

1. Maintain physical condition

Menjaga kondisi fisik adalah persiapan yang paling utama dan juga penting saat akan melakukan mudik. Perjalanan yang panjang dan penuh kemacetan akan sangat melelahkan, khususnya saat bulan puasa. Maka kondisi fisik perlu dijaga dengan beristirahat yang cukup dan rutin mengkonsumsi vitamin. 

2. Prepare a sufficient budget

Menyiapkan budget yang cukup juga harus menjadi catatan saat akan mudik ke kampung halaman. Lakukan perhitungan terlebih dahulu biaya yang dibutuhkan selama perjalanan dengan melihat alat transportasinya. Alokasikan juga budget untuk keperluan rekreasi bersama keluarga ke tempat-tempat wisata yang ada di daerah tempat tinggal.

3. Choose transportation

Persiapan mudik yang nggak kalah penting juga adalah memilih alat transportasi. Tentukan apakah akan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Kalau memilih kendaraan pribadi, pastikan kendaraan tersebut aman dan sudah dilakukan service di bengkel. Tapi kalau menggunakan kendaraan umum, persiapkan tiketnya dari jauh-jauh hari agar lebih hemat dan juga nggak kehabisan oleh penumpang lain.

4. Sufficient luggage

Nggak jarang terlihat pemudik yang membawa banyak barang dan juga oleh-oleh saat pulang kampung. Namun banyaknya barang bawaan itu bisa mengganggu kondisi operasional kendaraan. Jadi, sebaiknya bawalah barang secukupnya dan memanfaatkan jasa ekspedisi untuk mengirim oleh-oleh sehingga barang nggak menumpuk yang bisa membuat perjalanan mudik kurang nyaman.

5. Bring supplies

Selain membawa barang, penting juga untuk membawa bekal untuk diperjalanan selama mudik. Bekal itu berguna dalam keadaan macet yang panjang atau saat restoran di sepanjang rute membludak. Tapi pastikan jangan hanya membawa bekal makanan dan minuman saja, bekal obat-obatan pun perlu untuk mengantisipasi hal buruk yang nggak diinginkan. 

Itu dia 5 persiapan mudik yang harus dilakukan agar perjalanan aman dan nyaman. Buddies bisa persiapkan kebutuhan mudik dari sekarang, mengingat lebaran akan tiba dalam hitungan hari. 

Selain identik dengan kemacetan, momen mudik juga kental kaitannya dengan musim liburan bagi berbagai kalangan, nggak terkecuali pelaku bisnis. Khusus bagi business owner, musim liburan seperti setelah lebaran ini menjadi tantangan tersendiri karena kerap terjadi penurunan penjualan. 

Faktor utamanya adalah akibat pola perilaku konsumen yang perlahan kembali normal, setelah sebelumnya cenderung konsumtif di bulan Ramadan. Pastinya para business owner perlu memutar otak agar penurunan penjualan bisa diminimalisir di momen-momen tersebut. 

Perencanaan strategi marketing yang baik akan menjadi kunci utama dalam membuat bisnis tetap stabil setelah lebaran. Strategi tersebut harus disesuaikan dengan perilaku konsumen yang baru untuk bisa kembali meningkatkan penjualan. 

Kalau Buddies masih bingung untuk membuat strategi marketing yang optimal, Boleh Dicoba Digital (BDD) bisa jadi solusinya! Kita bisa membantu sesuai dengan permasalahan yang dihadapi lewat berbagai services, mulai dari performance creative, digital advertising, website development, growth hack, search engine optimization (SEO), dan corporate training. 

Buddies nggak perlu ragu untuk gunain jasa BDD karena kita punya 100+ tim professional yang sudah berpengalaman menghandle klien-klien dari berbagai bidang bisnis. BDD mempunyai metode dengan membuat short term impact selagi membangun long term values melalui performance marketing dan strategi digital yang terukur. 

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja hubungi kita atau kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) untuk informasi selengkapnya!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×