Homepage 5 Min Essential Berperan Vital Dalam Webs...

Berperan Vital Dalam Website Bisnis, Bagaimana Cara Kerja SEO?

30 Apr 2023

SEO sendiri merupakan proses mendapatkan traffic dari hasil pencarian gratis atau organik dengan cara meningkatkan posisi website di search engine. Semakin tinggi posisi website di search engine, maka website semakin mudah ditemukan sehingga secara otomatis meningkatkan traffic. 

Dalam setiap strategi marketing, SEO dianggap sebagai bagian yang penting untuk mencapai kesuksesan. Maka nggak heran kalau 61% marketer mengatakan bahwa meningkatkan SEO adalah prioritas utama bisnisnya. 

SEO dinilai bisa dijadikan investasi karena efektif dalam menghasilkan keuntungan jangka panjang dibanding iklan berbayar. Nggak cuma itu, BrightEdge bahkan menyebutkan kalau SEO mendorong lebih dari 1.000% traffic dibanding sosial media organik.

Melihat sederetan kelebihan tadi, mungkin Buddies penasaran gimana sih cara kerja SEO itu? Tercatat, ada 3 langkah yang dilakukan oleh search engine untuk menampilkan halaman website, mulai dari crawling, indexing, dan ranking. Di artikel ini, kita akan jelaskan secara lengkap masing-masing langkahnya. Simak, ya!

1. Crawling

Langkah pertama adalah crawling, dimana search engine mengirimkan crawler atau biasa disebut ‘laba-laba’ untuk menemukan halaman baru yang ada di website. Selain mencari dan menemukan halaman baru, laba-laba itu pun bertujuan untuk memeriksa konten yang telah dikunjungi sebelumnya dan melihat apakah halaman tersebut berubah atau diperbarui. Laba-laba tersebut menggunakan tautan dalam melakukan semua itu, sehingga internal link dan backlink sangat vital untuk SEO. 

2. Indexing

Indexing adalah proses uji kelayakan halaman website oleh search engine setelah sebelumnya dilakukan crawling. Ketika sebuah halaman website atau konten diindeks, halaman tersebut disimpan dalam database yang nantinya bisa ditampilkan melalui hasil pencarian. Sebagian besar halaman website yang unik akan masuk dalam indeks, kecuali halaman yang berisi spam, diblokir, dan duplikat.

3. Ranking

Langkah terakhir dan yang paling penting adalah ranking. Langkah ini merupakan proses menentukan peringkat halaman web di search engine. Ranking hanya baru bisa dilakukan setelah proses crawling dan indexing selesai. Proses penentuan peringkat ini juga dipengaruhi oleh 3 pilar penting dari SEO, yaitu technical optimization, on-page optimization, dan off-page optimization. Nantinya ranking yang sudah ditentukan bisa berubah, tergantung dari persaingan atau perubahan algoritma dari search engine itu sendiri. 

Itu tadi adalah cara kerja SEO yang dilakukan melalui 3 langkah, mulai dari crawling, indexing, sampai ranking. Ketiga langkah tersebut menggambarkan proses yang dilakukan oleh search engine sebelum menampilkan halaman website atau konten. Untuk mempermudah ketiga proses diatas, penting juga memperhatikan kesesuaian keyword, kualitas backlink, dan update konten. 

Seperti yang sempat disebutkan diatas, SEO berperan penting bagi bisnis karena peluang untuk mengkonversi pengunjung menjadi pembeli sangat tinggi. Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu merencanakan strategi yang ampuh sambil mengoptimasi bagian-bagian website untuk meningkatkan ranking dan mendatangkan traffic.

Dengan melakukan berbagai upaya tadi, maka bisnis bisa semakin dikenal dan revenue juga akan meningkat. Selain itu, semakin tinggi peringkat website juga secara otomatis membuat kredibilitas bisnis ikut naik, sehingga lebih dipercaya oleh pengunjung. 

Perlu diingat, SEO merupakan pekerjaan yang nggak pernah selesai, bahkan setelah semua strategi diterapkan. SEO membutuhkan waktu yang panjang, dan mungkin perlu mengubah strategi di tengah jalan untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal. 

Tapi, dengan pondasi yang kuat dan disertai kesabaran, manfaat SEO akan terlihat sehingga menghasilkan lebih banyak konversi bagi bisnis. 

Nggak sedikit pelaku bisnis yang kebingungan menggunakan SEO untuk diterapkan di websitenya. Maka, jasa SEO atau agensi digital marketing biasanya banyak diminati, salah satunya Boleh Dicoba Digital (BDD). 

Kita memiliki services search engine optimization (SEO) yang bisa mengembangkan bisnis secara digital. Dengan kemunculan ribuan bisnis setiap harinya, membuat website Buddies hampir nggak mungkin untuk muncul di halaman depan search engine.

Tapi dengan strategi yang tepat, BDD bisa mewujudkannya. Sudah ada lebih dari 50 bisnis yang sudah berkembang dan merasakan manfaat dari layanan SEO kita. Jadi, Buddies nggak perlu ragu lagi untuk menggunakan services SEO dari BDD. 

Nggak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) dan serahkan bisnismu pada kita!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×