Homepage 5 Min Essential Kenalan dengan KOL, Kunci...

Kenalan dengan KOL, Kunci Strategi Marketing di Era Sekarang!

31 May 2023

Dengan hadirnya berbagai metode dan strategi baru di dunia digital marketing, otomatis memunculkan istilah atau terminologi yang juga relatif baru. Kita semua pasti sudah nggak asing dengan influencers, tapi “KOL” cukup kurang dikenal oleh orang awam. 

Influencer dan KOL punya konsep yang mirip, tapi ada perbedaan dari keduanya. Jadi, apa sebenarnya KOL ini? KOL adalah singkatan dari key opinion leader yang didefinisikan sebagai seorang ahli dalam suatu bidang tertentu dan pendapatnya dihargai oleh publik. 

Singkatnya, KOL adalah seseorang yang memiliki pengaruh berkat pengetahuan atau kemampuannya dalam suatu bidang sehingga meningkatkan kepercayaan publik. Contohnya, dokter kecantikan yang berperan sebagai KOL untuk produk perawatan muka, seorang chef yang merekomendasikan bumbu makanan, dan masih banyak lagi. 

KOL ini belakangan sudah semakin populer dan sering diajak berkolaborasi dalam pemasaran suatu bisnis. Mereka dianggap sebagai salah satu strategi ampuh untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan karena pengaruhnya yang besar. 

Tapi, sebenarnya apa saja sih peran KOL untuk bisnis, dan bagaimana mereka bisa berkontribusi dalam strategi marketing? Jangan khawatir, pertanyaan Buddies akan kita jawab dibawah ini. Simak, ya!

1. Reach target audience

Karena KOL sudah membangun reputasi sebagai expert di suatu bidang tertentu, maka otomatis mereka punya pengikut yang benar-benar tertarik dengan bidang tersebut. Jadi, selama Buddies berkolaborasi dengan KOL di industri yang sama, akan sangat mudah untuk memperluas jangkauan audiens dan sekaligus menargetkannya. Hasilnya, kemungkinan besar brandmu akan mendapat engagement yang lebih tinggi.

2. Build brand credibility

KOL juga bisa berperan dalam meningkatkan kredibilitas brand Buddies di mata audiens. Itu nggak terlepas dari kualifikasi dan pengalaman di bidang tertentu yang membuat mereka lebih dipercaya. Artinya, kalau suatu brand didukung oleh KOL, maka kredibilitas brand itu pun ikut terbangun.

3. Generate more sales

Berkat kredibilitasnya, opini atau rekomendasi seorang KOL cenderung punya dampak yang besar. KOL bisa mendorong publik untuk melakukan pembelian, dan juga meningkatkan brand awareness dari suatu produk. Pastinya keduanya berperan penting dalam meningkatkan penjualan. 

Nah, itu tadi beberapa peran penting KOL dalam strategi marketing bisnis. Berkat peran-peran yang sudah disampaikan diatas, KOL dinilai jadi pilihan sempurna untuk diajak berkolaborasi dalam mempromosikan brand. 

Koneksi yang spesial antara KOL dan brand sangat penting dalam bisnis. Untuk itu, pastikan Buddies bekerja sama dengan KOL yang memiliki karakteristik menjanjikan. Selain popularitas, hal lain yang harus diperhatikan adalah kepribadian baik dan kemampuan dalam menjadi role model untuk publik. 

Dan yang nggak kalah penting, KOL juga harus ahli dalam membuat konten-konten yang menarik dan eksklusif. Mau bagaimana pun, konten tetap menjadi senjata dalam melakukan promosi di media sosial.

Kalau Buddies butuh bantuan dalam pembuatan konten untuk strategi marketingmu, Boleh Dicoba Digital (BDD) bisa bantu lho. Kita punya Content Creator khusus di layanan Creative Content Development yang memiliki spesialisasi pembuatan konten eye-catching di TikTok. 

BDD berkomitmen untuk mengembangkan ide dan produk Buddies sekreatif mungkin yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Sampai sekarang, layanan Creative Content Development BDD sudah bekerja sama dengan lebih dari 50 bisnis di berbagai industri.

Sekarang, giliran Buddies! Yuk, hubungi BDD untuk berkolaborasi dengan kita atau kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) berikut. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×