Homepage 5 Min Essential Strategi Instagram Market...

Strategi Instagram Marketing untuk Hasil Maksimal, Dijamin Efektif!

31 May 2023

Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia dengan jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 200 miliar. Nggak heran kalau sekarang aplikasi yang awalnya hanya dibuat untuk publikasi foto dan video ini ditransformasikan jadi lahan bisnis. 

Dengan jumlah pengguna yang begitu besar, banyak business owner akhirnya memanfaatkan Instagram sebagai salah satu strategi marketing mereka. Platform favorit bagi pengguna usia 16-34 ini dinilai jadi media pemasaran yang paling efektif untuk brand, entrepreneurs, atau content creator. 

Bahkan menurut riset, 72% orang bisa memutuskan untuk membeli produk setelah melihatnya di Instagram. Hal itu membuat Instagram Marketing jadi salah satu strategi terbaik untuk menjalankan social media marketing bagi business owner. 

Tapi sebenarnya apa itu Instagram Marketing? Instagram Marketing merupakan salah satu strategi social media marketing yang memanfaatkan platform Instagram dan berbagai fiturnya. Tujuannya pun beragam, bisa untuk meningkatkan brand awareness, leads, atau penjualan. 

Dalam praktiknya, Instagram Marketing ternyata nggak bisa dilakukan secara asal. Ada banyak strategi yang harus diimplementasikan agar bisa mendapat hasil maksimal. Berikut kita bagikan beberapa diantaranya.

1. Pinpoint target audience

Sebelum membuat dan mempublikasikan konten, tentukan dulu target audiens yang ingin dijangkau. Pastikan Buddies paham tentang demografi Instagram secara keseluruhan untuk menargetkan audiens. Dengan begitu, nantinya konten-konten yang dipublikasikan hanya akan ditujukan kepada pengguna yang benar-benar tertarik pada produk atau layanan Buddies.

2. Optimize Instagram profile

Strategi yang nggak kalah penting juga yaitu mengoptimasi profil Instagram. Pertama, gunakan akun Instagram bisnis untuk bisa mengakses berbagai fitur penting, seperti analisis, tombol CTA, integrasi dengan WhatsApp, dan masih banyak lagi. Lalu, jangan lupa isi bio dan foto profil Instagram agar mendapat first impression yang baik dari pengunjung.

3. Use Instagram feature

Instagram dikenal punya banyak fitur-fitur menarik yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Sebut saja seperti, Reels, Live, Swipe Up Stories, Story Highlight, Instagram Ads, dan masih banyak lagi. Buddies bisa memanfaatkan beragam fitur tersebut untuk kebutuhan konten agar lebih menarik.

4. Publish content consistently

Konten yang dipublikasikan secara nggak teratur hanya akan buang-buang waktu. Kapan dan seberapa sering mempublikasikan konten sangat penting untuk engagement. Oleh karena itu, konten harus dipublikasikan secara konsisten, tapi dengan tetap memperhatikan kualitasnya.

5. Reply to comments and DM’s

Strategi lain yang wajib dilakukan pada Instagram Marketing adalah membalas komentar dan direct message (DM) dari pengunjung. Bukan hanya akan meningkatkan engagement, tapi ini juga bisa memberanikan pengunjung untuk berinteraksi dengan Buddies. Nggak menutup kemungkinan kalau interaksi tersebut bisa berpengaruh dalam keputusan pembelian.

Itulah beberapa strategi Instagram Marketing yang wajib Buddies implementasikan agar bisa raih hasil maksimal. Perlu diingat, berbagai strategi diatas itu hanya sebagian kecilnya saja. Masih ada banyak strategi lain yang bisa diaplikasikan, seperti penggunaan hashtags, kolaborasi dengan influencer, mengadakan giveaway, dan masih banyak lagi.

Melihat berbagai strategi diatas ternyata Instagram Marketing ini memang nggak semudah yang dibayangkan. Tapi, bukan berarti Instagram Marketing nggak bisa dilakukan. Dengan rutin mempublikasikan konten yang menarik secara visual, cepat atau lambat hasil akhirnya bisa dirasakan.

Kalau Buddies butuh bantuan untuk membuat konten dengan visual menarik, hubungi Boleh Dicoba Digital (BDD) saja. Kita punya services Creative Content Development yang bisa membantu dalam menyiapkan eye-catching content. 

Dalam Creative Content Development ada berbagai layanan menarik, seperti Graphic Design, Motion Graphic, UI/UX Design, dan Content Creator (TikTok). Buddies bisa pilih layanan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

Sudah ada lebih dari 50 bisnis yang berkembang dengan layanan Creative Content Development BDD. Pastikan Buddies jadi yang selanjutnya! Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja hubungi kita atau kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) berikut.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×