Posted on 16 Jan 2024
Back to main article
Posted on 16 Jan 2024

Pengen brand kamu gampang dikenal sama audiens? Bikin brand guidelines solusinya. Setiap brand atau bisnis idealnya punya brand guidelines untuk memudahkan audiens dalam mengenal bisnis kamu. 

Tapi, sebenarnya brand guidelines itu apa sih? Dikutip dari Hubspot, brand guidelines adalah suatu panduan atau pedoman yang mengatur komposisi, desain, dan tampilan brand secara keseluruhan. 

Brand guidelines ini sangat membantu desainer grafis, marketer, web developer, dan community manager untuk menampilkan visi brand kepada publik. Berbagai tim itu harus saling bekerja sama untuk membuat brand lebih gampang dikenal lewat penggunaan logo, font, warna dan gambar yang konsisten. 

Selain logo dan beberapa komponen tadi, ternyata brand guidelines punya berbagai elemen lain yang nggak kalah penting. Apa aja? Yuk, kita bahas semuanya disini! 

1. Logo

Walaupun terlihat sebagai elemen yang simple, tapi faktanya logo dinilai sebagai bagian paling kompleks dan terpenting di brand guidelines. Setiap perusahaan harus menyertakan visual logo dan mem-breakdown secara detail spesifikasi desainnya. Jangan lupa untuk menjelaskan penggunaannya bagi pihak internal dan eksternal demi mempertahankan representasi logo di seluruh konteks.

2. Palet Warna

Palet warna mungkin jadi salah satu elemen yang paling gampang dikenali di brand guidelines. Elemen ini adalah sekumpulan warna yang digunakan oleh perusahaan untuk mendesain berbagai aset, termasuk konten visual. Dalam penerapannya di brand guidelines, palet ini nggak cuma mencakup warna primer saja, tapi juga ada warna sekunder, tersier, dan netral.

3. Tipografi

Tipografi adalah font yang digunakan dalam berbagai keperluan bisnis, seperti tagline, konten web, link, dan semacamnya. Pemilihan tipografi cukup penting perannya karena jadi salah satu elemen yang langsung terlihat oleh audiens. Jadi pastikan tipografi yang dipilih nggak cuma menarik secara visual, tapi juga gampang dibaca.

4. Brand Voice

Brand voice disini menggambarkan karakter dan nada yang digunakan oleh perusahaan dalam berkomunikasi. Pemilihan nada komunikasi seperti ramah, formal, atau santai harus dilakukan secara konsisten di berbagai channel

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan tentang brand guidelines dan beberapa elemennya yang mungkin belum kamu tau. Seperti yang sudah disampaikan diatas, brand guidelines perannya cukup penting bagi perusahaan.

Dengan membuat brand guidelines yang menarik, audiens akan mulai menyimpan karakter brand kamu di benak mereka. Nggak peduli bisnis kamu kecil atau besar, brand guidelines akan selalu diperlukan untuk membangun identitas. 

Nah kalau kamu bingung dalam membuat brand guidelines, hubungi kita aja! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Creative Content Development yang bisa bantu mengkomunikasikan brand message kamu ke target audiens. 

Service Creative Content Development juga terdiri dari berbagai layanan lainnya loh. Sebut saja seperti graphic design, motion graphic, UI/UX design, dan content creator (TikTok). 

Lewat service-service ini, kita berkomitmen untuk memberikan output yang maksimal, baik dari sisi visual dan message nya. Sampai sekarang, udah ada lebih dari 50 brand yang percayain bisnisnya kepada kita dengan service ini.

Next, giliran kamu Buddies! Tunggu apalagi? Yuk langsung aja hubungi kita atau klik Creative Content Development BDD untuk dapetin info selengkapnya.

Related Article

05 Sep 2024

Ingin Postingan di Instagram Nendang? Yuk, Pahami Strategi Untuk Meningkatkan Impresi Instagrammu!

Read More
05 Sep 2024

Tren Korean Wave Makin Populer di Indonesia! Apa Sih Dampaknya?

Read More
03 Sep 2024

Gali Potensi Brand dengan Memanfaatkan Authenticity dari User-Generated Content (UGC)

Bingung mau buat campaign UGC tapi nggak tau mulai dari mana? Cek artikel ini buat dapetin best practices-nya, Buddies!

Read More
Want to know more?

Want to know more?

Fill out this form below & consult with us!