Posted on 03 Jul 2024
Back to main article
Posted on 03 Jul 2024

Sadar nggak sih saat kita mencari keyword di Google, kadang muncul dua jenis hasil; organik dan iklan. Nah, iklan yang biasanya muncul di urutan teratas Google itu disebut sebagai search engine marketing (SEM), Buddies!

Search engine marketing adalah salah satu strategi digital marketing yang memanfaatkan platform Google untuk menampilkan iklan berbayar. SEM digunakan untuk meningkatkan visibilitas website agar menjangkau target audiens secara luas dan mendapatkan banyak traffic

Strategi satu ini banyak digunakan oleh business owners yang mempunyai website untuk berbagai keperluan, seperti meningkatkan sales atau sekedar membangun brand awareness

Terus gimana cara menjalankan SEM yang efektif? Pas banget nih, di artikel ini kita akan bagikan tips menjalankan SEM buat kamu yang tertarik menggunakan strategi ini di bisnis. Catet, ya!

1. Pelajari cara kerja Google ads

Sebelum menjalankan SEM, kamu harus tau dulu cara kerja Google ads, Buddies! Google ads menggunakan sistem bidding dan targeting yang memungkinkan iklan kamu muncul di hasil pencarian. Untuk memaksimalkan efektivitas performa SEM, perhatikan juga faktor-faktor penting yang ada di Google ads, seperti maximum bid, ad quality, ad context, ad rank thresholds dan masih banyak lagi. 

2. Pilih keyword yang tepat

Keyword yang tepat dan relevan sangat berperan penting untuk memastikan performa iklan kamu maksimal loh, Buddies. Jangan sampai juga kamu buang-buang biaya dengan bidding di keyword-keyword yang nggak relevan. Jadi, kamu bisa melakukan riset dulu terkait keyword volume dan competition nya di tools-tools SEO. 

3. Analisis iklan kompetitor

Nggak kalah penting, tips menjalankan SEM selanjutnya adalah dengan melakukan analisis iklan milik kompetitor. Cari tau jenis iklan yang mereka jalankan, apa kelebihan dan kekurangan iklannya. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan banyak insight dan celah yang bisa dimanfaatkan untuk mengungguli mereka. 

4. Buat copy yang menarik

Copy yang ditulis untuk iklan kamu juga harus dibuat semenarik mungkin, Buddies. Kenapa? Karena ini jadi salah satu senjata utama dalam menarik minat target audiens untuk mengunjungi website kamu. Ada beberapa komponen SEM yang copy nya harus diperhatikan, seperti di headline, display URL, description, dan ad assets

5. Track metrik SEM

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memantau metrik-metrik di SEM agar performa iklannya tetap sesuai dengan objektif yang udah ditentukan. Beberapa metrik yang bisa kamu pantau di SEM yaitu click through rate (CTR), impressions, clicks, dan conversion rates. Lakukan evaluasi dari metrik-metrik tersebut untuk meningkatkan performa di iklan selanjutnya. 

Nah, itu tadi penjelasan tentang search engine marketing dan beberapa tips untuk menjalankannya. Kamu sendiri udah mulai nerapin SEM di bisnis kamu belum nih? Kalau belum, kamu bisa pertimbangin untuk mulai dari sekarang, ya. 

SEM bisa berkolaborasi dengan search engine optimization (SEO) untuk meningkatkan traffic bisnis kamu. Dengan menjalankan keduanya, website kamu berpotensi mendapat visibilitas yang tinggi dan mudah ditemukan oleh audiens loh, Buddies

BDD SEO Service

Kalau kamu masih kebingungan untuk ngejalanin SEO, nggak perlu khawatir.  Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Search Engine Optimization (SEO) yang bisa bantu kamu meningkatkan traffic website secara organik! 

Ditambah lagi BDD akan bantu dalam pembuatan artikel SEO-friendly yang berisi keyword-keyword relevan. Sampai sekarang, service SEO BDD udah dipercaya sama lebih dari 50 bisnis di berbagai industri loh. 

Menarik ‘kan? Jadi nggak perlu berlama-lama lagi, langsung aja hubungi kita atau klik Service SEO BDD untuk dapetin info selengkapnya!

Baca juga: Memahami Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Lebih Efektif?

Related Article

16 Oct 2024

Twin Date Overview: Best Practice dan Potensi Keuntungannya untuk Brand

Twin date udah jadi shopping festival yang paling ditunggu sama brand di luar sana. Emang apa aja sih keuntungannya? Cek di sini!

Read More
11 Oct 2024

Mau Bisnis Kamu Lebih Kredibel? Mulai Manfaatin Testimoni!

Bingung mau manfaatin testimoni konsumen tapi nggak tau cara dapetinnya gimana? Tenang, di sini udah kita bocorin caranya. Cek, yuk!

Read More
11 Oct 2024

Manfaat Utama Endorse untuk Brand, Tertarik Coba?

Endorse udah jadi strategi marketing yang populer di era sekarang. Emang apa aja sih manfaatnya? Cek jawabannya di artikel ini, Buddies!

Read More
Want to know more?

Want to know more?

Fill out this form below & consult with us!