Homepage 5 Min Essential Sering Ditemukan dalam We...

Sering Ditemukan dalam Website, Apa Saja Jenis-Jenis Domain?

31 May 2023

Bukan sebuah rahasia lagi kalau di dunia internet banyak banget istilah-istilah asing yang kurang dimengerti oleh orang awam, misalnya domain. Mungkin Buddies secara nggak sadar sudah sering melihat domain, tapi nggak tahu artinya. 

Jadi, apa sih sebenarnya domain itu? Domain adalah alamat dari sebuah website yang bisa diakses oleh pengguna lewat search engine. Singkatnya, domain merupakan bentuk sederhana dari alamat IP (Internet Protocol) yang berupa kombinasi angka rumit. 

Fungsinya pun sebagai alat untuk mengantarkan pengguna ke sebuah website yang ingin dituju. Secara nggak langsung, domain berfungsi untuk melacak keberadaan website tertentu dari dunia internet yang sangat luas. 

Domain juga dibuat untuk mempermudah pengguna internet saat akan mengakses sebuah website. Dengan domain, pengguna nggak harus menghafal serangkaian nomor rumit dari alamat IP yang menyimpan data website. 

Di dunia internet sendiri sebenarnya ada banyak jenis-jenis domain yang digunakan oleh berbagai website. Tapi, berbagai macam jenis domain itu bisa dibagi dalam tiga kategori. Apa saja? Simak artikel ini sampai selesai untuk tahu jawabannya.

1. Top Level Domain

Sesuai namanya, TLD bisa disebut sebagai tipe domain tertinggi dalam struktur Domain Name System (DNS). TLD juga jadi salah satu jenis domain yang paling banyak digunakan, seperti .com, .net, .org, dan .edu. Domain dengan kategori ini dibagi dengan beberapa jenis lainnya, seperti: 

  • Generic Top Level Domain (gTLD)

Domain jenis ini jadi domain umum yang paling sering dipilih untuk berbagai keperluan. Biasanya orang memilih jenis domain ini karena website yang dimilikinya lebih personal dan nggak mengarah ke suatu organisasi. Selain itu, gTLD juga memungkinkan website untuk mendapat peringkat yang lebih baik di search engine karena lebih populer dibanding domain lain. Beberapa domain yang banyak digunakan dalam gTLD, antara lain, .com, ,.net, atau .org. 

  • Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Berbeda dengan jenis sebelumnya yang lebih general, ccTLD merupakan domain yang membawa identitas negara. Domainnya pun hanya berisikan dua huruf berdasarkan kode negara internasional, misalnya .id untuk Indonesia, .us untuk United States, dan .jp untuk Jepang. 

2. Second Level Domain

Second level domain adalah nama yang mengikuti TLD. Contohnya pada bolehdicoba.com, “bolehdicoba” adalah second level domain, dan “.com” adalah top level domainnya. Dalam bisnis, second level domain biasanya diisi nama brand atau nama perusahaan. 

3. Third Level Domain (Subdomain)

Third level domain atau yang biasa disebut juga sebagai subdomain adalah nama dibelakang second level domain. Subdomain yang paling umum digunakan adalah “www”. Jenis domain ini bisa juga digunakan untuk tipe konten website yang ingin dipisah dari halaman utamanya. Misalnya support.google.com untuk menyediakan informasi tertentu bagi pengguna Google yang membutuhkan bantuan. 

Nah, itu tadi beberapa jenis domain dan kategori-kategorinya. Bagi business owner, memilih nama domain adalah salah satu aspek penting yang harus dilakukan saat akan membangun website bisnis. Website dinilai jadi wajah dari suatu brand sehingga sudah seharusnya website dibuat semenarik mungkin untuk memberi first impression yang baik. 

BDD Web Development Services

Kalau Buddies butuh bantuan dalam membangun website, hubungi Boleh Dicoba Digital (BDD) saja! Kita ahli dalam merancang dan mengembangkan website yang bisa membantu penjualan produk atau layanan bisnismu secara efektif. 

BDD punya layanan Web Development yang bisa membawa bisnis ke tingkat selanjutnya dan sekaligus menjangkau pasar yang lebih luas. Kita berkomitmen untuk membuat website seunik dan semenarik mungkin demi kenyamanan pengunjung. 

Dalam services Web Development, ada kategori-kategori lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Buddies, diantaranya:

  • E-commerce and Website Development: Pembuatan website dengan teknologi canggih untuk mengembangkan kinerja website Buddies. 
  • Website Maintenance: Pemeliharaan website untuk mendukung kinerja website secara maksimal.
  • Web Apps Development: Pembuatan dan pengembangan aplikasi untuk mendukung digital presence secara lebih efektif. 
  • Enterprises Information System: Pengembangan sistem informasi untuk memecahkan permasalahan bisnis. 

Buddies nggak perlu ragu untuk berkolaborasi dengan BDD karena kita memiliki tim profesional yang terbaik di bidangnya. Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 50 bisnis di berbagai industri yang bekerja sama dengan BDD lewat services Web Development. 

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja hubungi kita sekarang atau kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) untuk melihat informasi selengkapnya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×