Homepage 5 Min Essential 5 Fungsi Google Analytics...

5 Fungsi Google Analytics untuk Bisnis Online, Udah Tau?

21 Feb 2024

Bukan rahasia lagi kalau Google kini sudah dikenal lebih dari sekedar search engine. Ini dibuktikan dengan banyaknya tools-tools bermanfaat yang berguna untuk berbagai bisnis di bidang digital, seperti Google Analytics.

Sesuai namanya, Google Analytics adalah tools yang bisa membantu menganalisis beragam informasi mendalam tentang website dan bisnis berbasis online. Dalam industri digital marketing sendiri, tools Google satu ini dianggap efektif untuk mengukur efektivitas pemasaran. 

Uniknya lagi, Google Analytics bisa diakses oleh siapa saja secara gratis. Nggak heran kalau sampai saat ini Google Analytics digunakan oleh lebih dari 50 juta website di seluruh dunia. 

Dalam setiap strategi digital marketing, data memang memainkan peran penting untuk membantu kelancarannya. Jadi, diperlukan tools-tools yang tepat sebagai penunjangnya, salah satunya Google Analytics ini. 

Sebagai salah satu tools paling populer dari Google, apa aja sih fungsi Google Analytics bagi bisnis? Jawabannya bisa kamu dapetin di artikel ini, Buddies. Simak, ya!

1. Melihat traffic website

Dengan Google Analytics, business owners bisa diperlihatkan traffic yang disajikan dengan data dan informasi secara realtime berdasarkan aktivitas di website. Data tersebut bisa berupa jumlah pengunjung web, kecepatan web, sumber traffic web dan masih banyak lagi. Nantinya data-data itu bisa dianalisis untuk menentukan strategi bisnis kedepannya.

2. Analytics Intelligence

Analytics Intelligence adalah salah satu fitur di Google Analytics yang berfungsi untuk membantu memperoleh data dan informasi terkait website bisnis. Nggak cuma itu, fitur ini juga memudahkan penggunanya dengan memberikan pemodelan yang mudah dipahami.

3. Mengenali perilaku pengunjung (User-Behavior)

Google Analytics juga berfungsi untuk membantu mengenali perilaku pengunjung di website. Manfaat utama dari fungsi ini adalah memberikan informasi penting terkait halaman mana yang paling banyak engagement nya. Dengan mengetahui informasi itu, maka optimasi website akan semakin mudah dilakukan.

4. Menganalisis kinerja SEO

Fungsi lain dari Google Analytics adalah untuk menganalisis kinerja Search Engine Optimization (SEO) di website. Optimasi SEO ini sangat berkaitan dengan strategi konten yang akan ditampilkan kedepannya. Entah tujuannya untuk meningkatkan traffic, konversi, atau brand awareness, menggunakan Google Analytics untuk menganalisis SEO akan membuat perencanaan membuat strategi konten lebih matang. 

5. Reporting

Sebagai tools yang menyediakan bahan-bahan analisis, Google Analytics juga mempunyai fungsi sebagai reporting. Report nya pun bermacam-macam, seperti laporan advertising, user-behavior, user-flow, audience, real-time reporting dan masih banyak lagi. Google Analytics juga memungkinkan ekspor data secara langsung ke spreadsheet (Excel, Google Sheets) untuk memudahkan pemindahan data.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Google Analytics dan berbagai fungsinya untuk bisnis, khususnya di bidang digital. Banyaknya manfaat dan fungsi Google Analytics tadi membuat tool satu ini berperan penting dalam perkembangan bisnis. 

Dengan bantuan data yang dikumpulkan oleh Google Analytics, business owners bisa mengetahui campaign mana yang efisien dan sekaligus bisa menentukan strategi campaign yang lebih baik kedepannya. 

Kalau kamu butuh bantuan untuk mengukur keberhasilan campaign atau menganalisis performa SEO website lewat Google Analytics, kita siap bantu loh. Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Digital Ads dan Search Engine Optimization (SEO) untuk mengatasi segala permasalahan bisnis digitalmu. 

Dengan kedua service itu, campaign kamu akan lebih efektif dan traffic website akan meningkat secara organik. Kamu nggak perlu khawatir, karena BDD berkomitmen untuk mengembangkan bisnis kamu lewat metode dan value yang kita bawa. 

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik Digital Ads BDD & SEO BDD untuk dapetin info selengkapnya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×