Homepage 5 Min Essential Apa Itu Dropship? Rahasia...

Apa Itu Dropship? Rahasia Membangun Bisnis Besar dengan Modal Minim

05 Jul 2024

Dropship adalah model bisnis kekinian di mana kamu menjual produk tanpa perlu repot mengelola stok barang. Ketika ada pesanan, kamu membeli produk dari supplier dan supplier langsung mengirimkannya ke pelanggan atas nama kamu.

Bayangkan, kamu bisa menjadi pengusaha tanpa modal besar, tanpa gudang, dan tanpa ribet packing barang! Dropship menawarkan kemudahan dan peluang besar bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis online.

Cara Kerja Dropship

Cara kerja dropshipping dimulai ketika pengecer mendapatkan pesanan dari pelanggan melalui toko online mereka. Pengecer tersebut nggak menyimpan stok barang, sehingga mereka langsung meneruskan pesanan dan detail pengiriman kepada pemasok atau produsen yang memiliki barang tersebut. Pemasok atau produsen kemudian mengirimkan produk langsung kepada pelanggan akhir. 

Dalam proses ini, pengecer berperan sebagai perantara yang mengurus pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan tanpa perlu menangani inventaris atau pengiriman fisik. Keuntungan utama bagi pengecer adalah kemudahan dalam mengelola toko online tanpa memerlukan modal besar untuk stok barang, sementara pemasok atau produsen menangani aspek pengelolaan dan pengiriman barang secara langsung kepada pelanggan.

Kelebihan Dropship

  1. Modal Awal Minim: kamu nggak perlu menyimpan stok barang karena produk dikirimkan langsung dari supplier ke pelanggan. Ini mengurangi biaya modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis.
  2. Bisa Berfokus Pada Penjualan dan Pemasaran: kamu bisa fokus sepenuhnya pada aspek penjualan, pemasaran, dan customer service tanpa harus memikirkan pengelolaan inventaris atau pengiriman barang.
  3. Fleksibilitas Lokasi: Bisnis dropship bisa dijalankan dari mana saja asalkan kamu memiliki akses internet, karena kamu nggak perlu mengurus stok fisik.

Kekurangan Dropship

  1. Rendahnya Margin Keuntungan: Karena kamu nggak membeli produk dengan harga grosir, margin keuntungan biasanya lebih rendah dibandingkan dengan menjual produk dengan stok sendiri.
  2. Keterbatasan Kontrol atas Stok dan Pengiriman: kamu nggak memiliki kendali langsung atas ketersediaan stok dan proses pengiriman, yang bisa mempengaruhi pengalaman pelanggan.
  3. Masalah Kualitas Produk: kamu bertanggung jawab atas kualitas produk meskipun kamu nggak mengendalikan proses produksi atau pengiriman.

Cara Memulai Bisnis Dropshipping

Memulai bisnis dropshipping bisa dimulai dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih Niche Pasar yang Tepat: Identifikasi pasar yang diminati dan memiliki potensi untuk menghasilkan penjualan yang baik.
  2. Cari Supplier atau Produsen: Temukan supplier atau produsen yang bisadipercaya untuk bekerja sama dalam model dropship.
  3. Tentukan Kesepakatan dengan Supplier: Pastikan kesepakatan mengenai produk, harga, dan proses pengiriman sudah jelas dan terdokumentasi.
  4. Bangun Toko Online: Buatlah toko online menggunakan platform seperti Shopify, WooCommerce, atau platform lainnya yang praktis dan mudah untuk dioperasikan.
  5. Lakukan Pemasaran Digital Secara Brutal: Fokuskan upaya pada pemasaran digital melalui media sosial, iklan PPC (pay-per-click), dan search engine optimization (SEO) untuk menjangkau audiens yang tertarget.
  6. Berikan Layanan Pelanggan yang Baik: Pastikan memberikan pelayanan pelanggan yang responsif dan memuaskan untuk membangun kepercayaan dan reputasi positif.
  7. Evaluasi dan Sesuaikan Strategi: Teruslah memantau respons pasar dan feedback pelanggan untuk menyesuaikan strategi dan meningkatkan kinerja bisnis kamu.

Kalau kamu masih bingung harus mulai dari mana, Boleh Dicoba Digital (BDD) bisa bantuin kamu loh. Yuk, langsung hubungi kami sekarang klik Free Consultation.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×