Posted on 13 Jun 2024
Back to main article
Posted on 13 Jun 2024

“Banyak yang beranggapan kalau SEO tuh kerjaannya sekedar bikin cepet naikin ranking di Google dan naikin traffic. Padahal masih banyak goals-goals yang bisa kita lakuin selain naikin ranking.” 

Anindita Dwi Sekar

Search engine optimization (SEO) dikenal jadi salah satu strategi digital marketing yang paling krusial perannya dalam bisnis. Gimana nggak? Strategi satu ini merupakan sumber datangnya traffic organik lewat website, Buddies

Dengan SEO, traffic organik bisa datang ke website kamu dengan sendirinya loh. Eits, tapi ternyata nggak segampang itu. Ada banyak pendekatan yang perlu dilakuin agar bisa mendatangkan traffic dan mencapai goals lainnya. 

Nah, biar kamu tau lebih dalam lagi tentang SEO dan profesinya, baca artikel ini sampai selesai. Karena di artikel ini kita bakal tampilkan valuable insight tentang SEO dari expert nya langsung, yaitu Anindita Dwi Sekar selaku Senior SEO Specialist di BDD. 

1. What it takes to be SEO specialist supaya bisa terus survive di industri ini?

Menurut aku banyak belajar, karena kan SEO itu banyak ilmunya ya. Apalagi kita mainnya di Google, kadang banyak update an segala macem. Jadi, kalau misalkan nggak ngikutin perkembangan zaman, teori-teori yang ada, terus cuma mikirinnya satu bidang aja (SEO), nanti nggak survive.

2. Apa aja misunderstanding yang sering Kak Dita denger tentang SEO?

Banyak yang beranggapan kalau SEO tuh bikin cepet naikin ranking di Google dan naikin traffic. Padahal sebetulnya nggak semudah itu ya untuk naikinnya. Sebenernya masih banyak goals-goals yang bisa kita lakuin selain naikin ranking.

3. Ada gak hal yang jarang dibahas, tapi penting banget dimiliki sama SEO specialist?

Lebih ke soft-skills nya sih ya, karena kan kita itu sering berkutat dengan optimasi websitenya. Itu kan sebenernya memang expertise kita. Tapi, ada juga yang orang lain jarang aware itu lebih ke gimana caranya kita negotiate ke klien dan gimana caranya kita menerangkan ke mereka pake bahasa yang mudah dimengerti. Nah ini yang biasanya susah banget nih buat meyakinkan kalau SEO juga penting loh buat bisnis.

4. Sumber belajar jadi SEO specialist dari Kak Dita?

Sebenernya banyak ya, misalnya berkomunikasi dengan klien juga jadi sumber knowledge buat aku. Gimana caranya dapet insight dari mereka, kebutuhan dari mereka, selain dari teori-teori yang udah ada. Sama ikutin aja terus webinar-webinar atau bootcamp, karena kan banyak tuh teori-teori yang sebenernya nggak kita pahami tapi dibutuhkan.

5. Sepenting apa SEO bagi brand/ orang di luar sana?

Kalau untuk brand atau klien-klien yang aku pegang, mereka tuh lebih butuh rekomendasi atau suggestion gitu yang memang jarang dikasih. Kayak misalkan dari segi UI/UX, karena kan SEO bukan cuma mentingin buat Google aja, tapi juga perlu dipikirin gimana caranya orang mau main ke website kita. Nah ini nih biasanya rekomendasi-rekomendasi yang kita kasih. Jadi, bukan cuma dari visualnya aja, bukan cuma dari user-experience nya aja, tapi juga journey nya biar mereka paham kalau website kita tuh jualan apa sih.

6. Apa yang bikin service SEO BDD beda dari tempat lain?

Biasanya kalau di luar sana mereka cuman mengoptimasi per page nya aja, tapi kalau di BDD kita mengoptimasi satu website. Jadi, kita holistik ya, nggak cuma satu page menu atau cuma service, tapi satu website. Udah gitu, kita juga nyediain konsultasi yang bisa kita lakuin mau itu sebelum pengerjaan, ataupun setelah selesai pengerjaan, sampai tercapai goals-goals nya. 

Kita juga transparan ya dari segi monthly report nya, terus weekly progress nya yang biasanya kita diskusi di WhatsApp Group. Terus ada juga dari segi website audit, kita bisa ngasih insight-insight penting buat klien, apalagi kalau mereka ngambil service yang lain, kita juga bisa bantu ngomong dengan tim bersangkutan, jadi lebih cepet juga. Berhubung SEO itu organik, jadi butuh waktu, tapi kita juga mengusahakan mengejar deadline yang udah ditentuin sebelumnya.

Nah, itu tadi obrolan kita dengan Kak Dita selaku Senior SEO Specialist di BDD terkait SEO dan profesinya. Menarik banget ya, Buddies? Ternyata SEO itu cakupannya cukup luas dan banyak hal yang jarang diketahui sama orang-orang!

Rasain Impact dari Service SEO BDD di Website Bisnis Kamu!

Dilihat dari penjelasan tentang SEO, kamu sendiri udah mulai nerapin SEO belum nih di bisnis kamu? Kalau belum, kita siap bantu loh! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service SEO yang bisa bantu kamu meningkatkan performa website secara organik. 

Dengan service SEO BDD, kamu bakal dapetin layanan yang lengkap. Mulai dari website audit, keyword research, competitor analysis, SEO maintenance, sampai monitor & reporting nya semua kita handle!

Gimana, tertarik? Yuk, nggak perlu berlama-lama lagi, langsung aja hubungi kita atau klik Services SEO BDD untuk dapetin info selengkapnya, Buddies

Related Article

18 Oct 2024

Cara Membuat MVP Cuma dengan 4 Step, Cek Di Sini!

Bingung caranya bikin produk yang sesuai sama kebutuhan audiens? Coba kembangin minimum viable product (MVP)! Cek cara ngembanginnya di sini!

Read More
18 Oct 2024

Bedah Cara Membuat Buyer Persona untuk Bisnis, Bisa Tebak?

Bingung mau bikin buyer persona tapi nggak tau mulainya dari mana? Tenang, kita udah siapin jawabannya di sini. Yuk, cek!

Read More
18 Oct 2024

Prediksi Digital Marketing 2025: AI and the Future Marketing

AI diprediksi bakal berkontribusi besar untuk digital marketing 2025. Apa aja implementasinya? Cek jawabannya di artikel ini!

Read More
Want to know more?

Want to know more?

Fill out this form below & consult with us!