Homepage 5 Min Essential Ingin Website Muncul di H...

Ingin Website Muncul di Halaman Pertama Google? Terapkan Cara Riset Keyword Berikut Ini!

07 Mar 2023

Di era teknologi yang semakin canggih membuat internet semakin mudah untuk diakses oleh orang-orang. Bahkan sekarang ini orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya di internet untuk melakukan berbagai hal, salah satunya mencari sesuatu lewat mesin pencari seperti Google. 

Dengan banyaknya orang yang kini menggunakan internet membuat para pelaku usaha di bidang online harus memanfaatkan kesempatan itu untuk mendapat keuntungan. Salah satu cara yang bisa dilakukan pelaku usaha untuk menjangkau target audiens di internet adalah dengan membuat konten relevan di sebuah website terkait bisnisnya. 

Namun untuk menjangkau audiens dengan konten di website itu nggak gampang lho. Para pelaku bisnis harus memperhatikan banyak aspek untuk bisa memunculkan kontennya di Google, salah satunya riset keyword. 

Riset keyword atau yang biasa dikenal juga dengan SEO keywords adalah istilah yang digunakan terkait pencarian kata kunci untuk membuat dan mengembangkan konten online. Kata kunci yang sesuai akan secara otomatis membantu mengoptimasi sebuah konten di situs website agar lebih mudah ditemukan orang-orang. 

Tujuan dari riset keyword adalah untuk bisa masuk dalam halaman pertama Google agar mendatangkan lebih banyak audiens. Hal itu dikarenakan bahwa sebanyak 75% orang hanya membuka konten-konten artikel yang ada di halaman pertama Google.

Lalu gimana sih cara riset keyword yang tepat agar bisa masuk halaman pertama Google? Tenang, kita bakal coba jelasin cara-caranya. Simak, ya!

1. Buat daftar keyword yang relevan

Cara riset keyword pertama adalah dengan membuat daftar keyword yang sesuai dengan kontenmu. Buddies bisa memposisikan diri sebagai audiens untuk mempermudah pencarian keyword. Nantinya daftar keyword tersebut dijadikan lebih spesifik agar lebih sesuai dengan apa yang dicari oleh audiens.

2. Buat daftar seed keyword

Seed keyword adalah kata kunci fokus atau kata kunci unggulan dari daftar keyword yang sudah dibuat. Di poin ini Buddies harus identifikasi istilah-istilah yang sekiranya akan digunakan oleh audiens untuk mencari informasi terkait bisnismu di Google.

3. Riset kompetitor

Salah satu cara yang digunakan untuk bisa bertengger di halaman pertama Google adalah dengan mengetahui strategi keyword kompetitor. Dengan melakukan riset terhadap kompetitor, Buddies bisa mengetahui potensi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten lebih baik. Riset kompetitor juga bisa menjadi bahan evaluasi agar bisa bersaing dengan website lainnya.

4. Riset penelusuran yang terkait dengan keyword mu

Melakukan riset penelusuran terkait juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengetahui kata kunci yang banyak dicari oleh audiens. Penelusuran terkait ini sering juga disebut sebagai LSI (Latent Semantic Indexing) dan biasanya terletak di paling bawah halaman pencarian. Cara ini bisa jadi referensi untuk Buddies yang mungkin kesulitan dalam mencari lebih banyak keyword.

5. Gunakan tools keyword

Cara riset keyword yang nggak kalah penting adalah dengan menggunakan keyword tools. Keyword tools ini memiliki banyak fitur bermanfaat untuk mendukung riset keyword, salah satunya mengetahui berapa volume pencarian terkait kata kunci tertentu dalam beberapa bulan terakhir. Saat ini sudah banyak tools keyword yang bisa digunakan, seperti SEMrush, Ahrefs, Google Keyword Planner, dan masih banyak lagi. 

Algoritma Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk menentukan peringkat suatu situs website. Untuk memberikan website Buddies peluang terbaik maka penting untuk melakukan riset keyword yang berkualitas. 

Jumlah dan juga kualitas dari keyword berperan penting dalam menentukan suatu situs website di peringkat teratas mesin pencarian. Semakin tinggi peringkat situs website Buddies di mesin pencari, maka semakin banyak juga jangkauan audiensnya. 

Hal itu didukung dengan data yang dirilis oleh Ahrefs dimana konten yang berada di urutan pertama mendapat 30% klik. Jumlah tersebut merupakan terbanyak dibanding konten di urutan kedua yang mendapat 15% klik dan urutan ketiga 10% klik. 

Sayangnya tools-tools tersebut berbayar sehingga biasanya jasa SEO banyak diminati, salah satunya di BDD ini. Kalau Buddies membutuhkan bantuan untuk mengoptimalisasi website mu di Google, Buddies juga bisa gunakan jasa Boleh Dicoba Digital. Kita memiliki layanan Search Engine Optimization (SEO) dengan strategi terbaik untuk mengembangkan bisnis secara digital. 

Strategi SEO yang kita gunakan akan meningkatkan traffic website sebesar 50% dan tingkat konversi 14%. Kita percaya dengan strategi SEO yang benar akan mampu memunculkan situs website di peringkat teratas Google walaupun banyak persaingan dengan website lain.

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung kunjungi website Boleh Dicoba Digital dan percayakan bisnis mu ke tangan kita!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×