Homepage 5 Min Essential Cari Kata Kunci? Cek 5 Ke...

Cari Kata Kunci? Cek 5 Keyword Tools Berikut Ini, Gratis!

29 Jan 2024

Nggak bisa dipungkiri kalau search engine optimization (SEO) jadi salah satu hal esensial di dunia bisnis yang bergerak di bidang online atau digital. Seperti yang udah kita tahu, SEO adalah teknik atau cara untuk mengoptimasi website agar muncul di posisi teratas mesin pencarian seperti Google. 

Dengan muncul di posisi teratas Google, website bisnis akan mudah ditemukan dan secara otomatis mendatangkan traffic yang tinggi. Dikutip dari Backlinko, urutan tiga teratas di Google mendapat 54.4% dari semua klik, dengan 27.6% diantaranya diambil oleh urutan pertama. 

Tapi untuk mengoptimasikan website agar muncul di urutan teratas Google itu ternyata nggak gampang loh, mengingat ada lebih dari 85.000 pencarian di Google setiap detiknya. Itulah kenapa teknik SEO ini perlu didorong juga dengan keyword-keyword yang relevan dengan niche bisnis kamu. 

Terus gimana caranya dapetin keyword seperti itu? Nggak perlu bingung, di artikel ini kita akan bagikan beberapa tools gratis untuk riset keyword dan keperluan SEO lainnya. Penasaran? Yuk langsung aja simak!

Baca juga: Harus Tau! Ini Jenis-Jenis Keyword yang Ada di SEO

1. Google Keyword Planner

Sesuai namanya, tools satu ini merupakan besutan Google yang cukup efektif untuk membantu kamu mencari keyword populer. Google keyword planner juga banyak disukai oleh orang-orang karena menampilkan database keyword yang sangat lengkap. Belum lagi, tools ini memperlihatkan angka persaingan di mesin pencari sehingga kamu bisa menganalisa keyword yang tepat.

2. Google Trends

Masih tools dari Google, selanjutnya ada Google Trends yang memungkinkan kamu untuk mencari keyword berdasarkan lokasi, kategori, dan search history. Tools satu ini bisa menunjukkan seberapa besar minat website pada satu keyword tertentu. Nggak cuma itu, bahkan Google Trends juga bisa penyebabnya dan dari mana traffic tersebut muncul.

3. Keyword Tool.io

Kamu butuh kata kunci berjenis long-tail keywords? Keyword Tool.io solusinya. Tools ini memanfaatkan Google Autocomplete untuk menghasilkan list long-tail keywords. Berbagai kata kunci yang disarankan oleh Google Autocomplete ini pun diambil berdasarkan beberapa faktor, seperti seberapa sering orang-orang menelusuri istilah tertentu di masa lalu.

4. AlsoAsked

AlsoAsked adalah tools berisi kumpulan keyword yang didapat dari People Also Asked (PPA) Google. Yang menarik, tools satu ini bisa memperlihatkan semua keyword berjenis pertanyaan dengan tampilan diagram bercabang. Ini cukup berguna dan menguntungkan karena secara langsung bisa membantu kamu dalam menyusun konten artikel dengan menjawab semua pertanyaan paling penting.

5. Keyword Surfer

Yang terakhir ada Keyword Surfer, tools keyword research gratis berbentuk ekstensi Google Chrome. Dengan menggunakan tools ini, kamu bisa dapetin keyword suggestions dari SERP (search engine result page) nya langsung loh. Keyword Surfer punya database yang cukup lengkap, mulai dari kata kunci terkait, overlap nya dengan original search query, sampai volume pencariannya.

Nah itu tadi beberapa keyword tools gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimasi konten website. Seperti yang sudah sempat disebut diatas, SEO memegang peranan penting bagi pelaku bisnis yang bergerak di bidang online atau digital

Bahkan saking pentingnya, BrightEdge merilis data yang menyebutkan kalau SEO mendorong 1.000% lebih banyak traffic dibanding media sosial organik. Bukan cuma itu, riset juga membuktikan kalau 39% transaksi pembelian dipengaruhi oleh pencarian yang relevan. 

Dengan begitu, penggunaan keyword tools harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengoptimasikan website. Untuk kamu yang mungkin masih kebingungan cara mengoptimasikan website bisnismu di Google, nggak perlu khawatir. 

Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Search Engine Optimization (SEO) yang cocok untuk meningkatkan visibilitas website mu. Kita akan bantu mencari keyword yang nggak cuma berkualitas, tapi juga sesuai dengan niche bisnis kamu. 

Bahkan, kita juga akan menyiapkan artikel SEO-friendly berisi keyword-keyword relevan loh. Sampai sekarang, udah ada lebih dari 50 bisnis yang mempercayakan kita lewat service ini. Kamu jangan sampe ketinggalan, Buddies!

Tunggu apalagi? Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik Service SEO BDD untuk dapetin info selengkapnya.

Baca juga: Kenalan dengan Organic Keyword, Faktor Penting Dalam Website!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×