Homepage 5 Min Essential Catat! Ini Trick dari Daf...

Catat! Ini Trick dari Daffa Rizqi Tentang Cara Agar TikTok FYP

02 Oct 2023

“TikTok tuh dikenal dengan aplikasi berbasis short video ya, jadi kebanyakan orang-orang juga suka video yang pendek. Yang penting di video itu ada unsur entertainment, informatif, sama edukatif. Kalau ada unsur-unsur itu, video kita udah pasti ada yang nonton.”

-Daffa Rizqi Yana-

Semakin hari TikTok semakin berkembang dan banyak digunakan oleh orang-orang. Jarang banget di era sekarang yang nggak punya aplikasi TikTok di smartphone nya. 

Tapi, apa sih sebenarnya yang bikin TikTok ini banyak diminati? TikTok dianggap sebagai platform menarik untuk menonton atau membuat video-video pendek. Jadi, TikTok ini mendorong penggunanya untuk ikut andil dalam membuat konten yang bisa ditonton banyak orang.

Kesempatan untuk membuat konten yang viral pun besar loh! Algoritma TikTok dikenal dengan kemudahannya dalam membuat konten yang bisa dilihat banyak orang. Ini tergantung seberapa bisa si kreator membuat konten yang menarik untuk masuk fyp (for your page). 

Mungkin masih banyak yang bingung gimana caranya biar konten bisa masuk fyp. Nah, di artikel ini kita bakal bagikan obrolan seru dengan Daffa Rizki Yana selaku content creator di BDD seputar fyp TikTok. Simak, ya!

1. Gimana sih cara biar konten bisa masuk fyp dari sisi content creator?

“Menurut gua sebagai content creator ada beberapa faktor yang mempengaruhi algoritma TikTok itu sendiri. Pertama dari si personal branding yang udah kita buat, ini penting banget agar kita bisa dikenal secara menyeluruh oleh audiens. Yang kedua itu hook atau clickbait, jadi kita harus punya clickbait yang pas banget sama audiens. 3-4 detik pertama itu bisa dibilang kuncinya, agar penonton itu bisa nonton dari 3-4 detik pertama ke detik-detik selanjutnya, bahkan sampai CTA. Berikutnya juga kita harus riding the trend, ikutin semua tren yang ada di TikTok, misal tren joget-joget atau musik, tapi tetap harus disesuaikan dengan si personal brandingnya.” Daffa Rizqi Yana

Menurut Daffa, untuk membuat konten yang udah dibuat masuk ke fyp perlu memperhatikan beberapa faktor. Mulai dari personal branding, hook, sampai ikutin tren-tren yang lagi rame. Dengan begitu, konten yang udah dibuat bisa lebih menarik audiens untuk menonton video kamu. 

2. Penggunaan hashtag atau caption itu ngaruh nggak buat bikin konten masuk fyp?

Banyak yang bilang kalau cara lain agar konten masuk fyp adalah dengan menyertakan hashtag atau caption tertentu. Padahal menurut Daffa, hashtag berguna cuma untuk menaikan awareness akun saja. Sedangkan, caption harus disesuaikan dengan hook di video. 

“Nah, kita bicara mengenai Search Engine Optimization (SEO) TikTok ya. SEO TikTok itu ada beberapa, pertama ada hook, copy visual yang ada diawal konten itu berpengaruh banget. Makannya kita harus buat hook yang bener-bener tertuju dan sesuai sama apa yang mau diliat audiens. Lalu yang kedua ada caption, caption yang ada di konten itu harus sama dengan hook. Jadi ketika kita punya hook yang sama dengan caption dan di kolom komentarnya pun sesuai dengan hook nya, nanti muncullah keybar di TikTok. Tapi sebenernya kalo hashtag sendiri nggak terlalu berpengaruh besar. Kecuali hashtag untuk diri pribadi buat naikin awareness akun dan sebagai kategori pembeda dari akun lain.” Daffa Rizki Yana

3. Followers yang banyak itu menjamin untuk masuk fyp nggak sih?

“Menurut aku nggak sih, bahkan bisa dibilang 99% yang nonton konten kita itu bukan dari followers kita. Karena konten kita itu akan di boost oleh TikTok ke orang-orang yang nggak mengikuti kita. Di TikTok sendiri kita tuh seakan akan lagi main game. Ada 4 fase, di fase pertama itu ketika video kita naik akan dianalisis oleh TikTok, kalau misalnya kita berhasil di fase pertama itu, video kita akan coba di boost ke 300-500 orang diluar followers. Nah rules untuk masuk ke fase dua ini perlu diliat lagi, apakah jumlah likes dan komennya itu selaras sama kontennya apa nggak. Nah kalau semuanya selaras, videonya akan masuk ke fase kedua, yang mana akan di boost ke 1000-5000 orang. Setelah itu, video itu akan masuk ke fase ke 3 kalau udah ada interaksi lebih di komentar atau likes nya. Begitupun selanjutnya ke fase 4, dimana di fase ini konten akan di boost ke orang yang lebih banyak.” Daffa Rizqi Yana

Menurut Daffa, yang membuat konten masuk fyp atau nggak adalah dari sisi kualitas kontennya, bukan dari jumlah followers. Karena algoritma TikTok mendorong konten ke orang-orang yang justru nggak mengikuti kita.

4. Tips dari Daffa, konten yang disukain banyak orang itu berapa detik durasinya?

Setiap akun itu pasti punya karakter audiens tersendiri. Jadi, Daffa mengatakan kalau durasi konten itu disesuaikan dengan preferensi audiens di akun tersebut. Walaupun, sebenernya nggak banyak juga pengguna yang suka menonton video dengan durasi panjang. 

“TikTok tuh dikenal dengan aplikasi berbasis short video ya, jadi kebanyakan orang-orang juga suka video-video yang pendek. Menurut gua durasi 15-30 detik itu udah oke banget. Yang penting di video itu ada unsur entertainment, informatif, sama edukatif. Kalau ada unsur-unsur itu, video kita udah pasti ada yang nonton. Bahkan semakin pendek durasi videonya, justru semakin tinggi Average Watch Time (AWT) nya karena terus diulang-ulang. Tapi balik lagi, tiap akun itu punya market atau audiens yang beda-beda. Ada yang suka konten story telling (15-30 detik) atau suka konten video pendek (15 detik kebawah).” Daffa Rizqi Yana

5. Tips biar nggak gampang nyerah buat bikin konten TikTok?

“Menurut gua kita harus bikin konten yang sesuai sama hobi atau passion kita sih. Atau cara lain juga bikin konten dengan menyesuaikan sama experiences kita selama 1 tahun kebelakang. Kita ceritain aja hidup kita, kalau kita ceritain hidup kita tuh nggak bakal ada habisnya. Jadi gua pribadi bikin konten itu sesuai dengan experience gua. Dulu experience gua magang, akhirnya gua ceritain deh experience gua selama magang kaya gimana, behaviornya, jam pulangnya, sampai situasinya. Dan itu nggak ada habisnya, pasti ada aja yang bisa diceritain.” Daffa Rizqi Yana

Daffa juga memberi sedikit tips and trick agar gimana caranya kita nggak gampang nyerah saat membuat konten. Salah satu cara yang bisa dilakuin adalah bikin konten yang relate dengan kehidupan sehari-hari. 

BDD Creative Content Development Service

Nah, itu tadi sedikit obrolan dengan Daffa Rizqi Yana tentang fyp TikTok. Menarik banget, ya? Fyp sendiri sekarang ini dijadiin salah satu parameter oleh banyak brand untuk mengukur objektif campaign nya di TikTok. 

Makannya nggak sedikit brand owners yang kebingungan saat konten campaign nya nggak masuk fyp. Tapi tenang, kalau Buddies punya permasalahan yang sama, kita bisa bantu loh!

Boleh Dicoba Digital (BDD) punya servis Creative Content Development yang bisa ngebantu bisnis kamu lewat pembuatan konten atau live streaming. Buddies bisa pilih salah satu servis itu yang sesuai dengan kebutuhan brand kamu. Tenang aja, di servis ini kita punya content creator khusus yang pastinya udah kenyang pengalaman banget di TikTok. 

Jadi, dijamin aman deh! Yuk, tunggu apalagi? Langsung aja hubungi kita atau klik BDD Creative untuk dapetin info selengkapnya.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×