Homepage 5 Min Essential Deretan Contoh Iklan Goog...

Deretan Contoh Iklan Google Ads untuk Bisnis, Pernah Liat?

16 Feb 2024

Beriklan adalah strategi paling umum dan pasti digunakan di dunia bisnis yang bertujuan untuk menjangkau target market. Nah seiring dengan pesatnya industri digital marketing beberapa tahun belakangan ini, membuat jenis iklan pun bervariasi. 

Salah satu bentuk variasi iklan di era sekarang ini adalah dengan pemanfaatan layanan dari Google yang biasa disebut Google ads. Google ads adalah suatu layanan iklan berbayar yang disediakan Google dengan berbagai kemudahan untuk mempromosikan bisnis.

Business owners atau marketer sendiri sudah sering memanfaatkan Google ads sebagai media promosi karena menawarkan kemudahan untuk menjangkau target audiensnya. Bahkan saking banyaknya business owners yang menggunakan Google ads, kamu mungkin pernah melihat iklannya tanpa disadari. 

Mereka menggunakan Google ads ini bukan tanpa alasan. Selain menawarkan berbagai kemudahan, Google ads juga memberi akses ke jutaan pengguna dari dua search engine terbesar di dunia, yaitu Google dan YouTube.  

Tapi kamu tau nggak kalau Google ads ternyata punya banyak jenis iklan yang nggak semua jenisnya cocok untuk diterapkan di semua bisnis? Nah, di artikel ini kita bakal jelasin beberapa contoh iklan Google ads yang umum digunakan.

1. Google Search Ads

Google search ads adalah contoh iklan berbentuk teks yang ada di halaman hasil penelusuran Google. Biasanya iklan ini berada di bagian atas hasil pencarian organik atau di bagian paling bawah halaman. Iklan Google search ads akan muncul ketika pengguna mengetik keyword atau kata kunci tertentu.

2. Google Display Ads

Kalau search ads berbasis teks dari hasil pencarian kata kunci tertentu, beda lagi dengan display ads. Iklan Google satu ini berbasis gambar dan menampilkan visual yang salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan brand awareness. Iklan jenis ini juga hanya akan muncul di website yang relevan dengan iklan tersebut.

3. Google Shopping Ads

Google shopping ads adalah iklan berbasis produk yang ditampilkan khusus pada kolom shopping/ belanja di pencarian Google. Jenis iklan ini menampilkan gambar produk, harga, nama toko, sampai dengan ulasannya. Pada dasarnya Google shopping ads memberikan informasi penting terkait produk yang dicari sebelum pembeli melakukan transaksi.

4. Google Video Ads (YouTube)

Selain menyediakan iklan berbentuk teks dan gambar, Google juga menyediakan iklan berformat video lewat Youtube. Iklan di Youtube ini punya beberapa tipe, seperti skippable in-stream ads, discovery ads, sampai non-video ads. Dengan total lebih dari 2 miliar pengguna, Youtube menjadi peluang yang besar untuk menjangkau target audiens bagi bisnis.

5. Google Admob

Google Admob adalah jenis iklan pada aplikasi seluler yang biasanya digunakan oleh bisnis yang mempromosikan aplikasi. Business owners yang memilih iklan admob harus membuat konten yang menarik agar pengguna men-download aplikasi tersebut. Iklan admob sendiri bisa muncul di berbagai platform Google, seperti search engine, Play Store, atau Youtube.

Nah itulah beberapa contoh iklan Google ads yang mungkin belum kamu tau. Seperti yang sudah terlihat di atas, beberapa contoh iklan Google ads itu memiliki keunikannya masing-masing. Semuanya bisa digunakan untuk menunjang promosi produk atau tujuan bisnis lain yang ingin dicapai. 

Kalau kamu pengen ngiklan juga tapi bingung mulainya dari mana, hubungi kita aja. Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Digital Ads yang bisa bantu kamu menjalankan iklan di berbagai channel digital.

Lewat service ini, kita berkomitmen untuk meningkatkan brand awareness dan juga Return on Ads Spend (ROAS) yang positif. Kamu nggak perlu khawatir dengan kredibilitas kita, karena tim digital ads BDD udah certified di masing-masing channel, jadi terpercaya deh!

Belum lagi BDD adalah open dashboard agency yang artinya kamu bisa pantau langsung uang yang dikeluarin larinya kemana. Menarik ‘kan? Jadi tunggu apalagi, yuk hubungi kita atau klik Service Digital Ads BDD untuk dapetin info selengkapnya!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×