Posted on 25 Mar 2024
Back to main article
Posted on 25 Mar 2024

Siapa yang nggak kenal TikTok di era sekarang? Platform berbasis video pendek itu beberapa tahun belakangan ini lagi banyak digandrungi sama banyak orang, khususnya anak-anak muda. 

Tapi kamu tau nggak sih kalau TikTok ternyata bukan cuma tempat buat nonton video aja, tapi juga ada layanan iklannya. Layanan yang dikenal sebagai TikTok Ads itu memungkinkan brand kamu untuk bisa semakin dikenal luas.

Ini nggak terlepas dari besarnya basis pengguna TikTok yang kurang lebih punya 1 miliar users di seluruh dunia. Bahkan Indonesia dinobatkan sebagai negara pengguna TikTok terbanyak ke 2 di dunia loh dengan total lebih dari 106 juta users

Jadi nggak heran ya kalau banyak business dan brand owners yang tertarik beriklan di TikTok. 

Nah, di TikTok sendiri ada beberapa jenis iklan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan budget. Apa aja? Cek artikel ini sampai beres ya!

1. In-Feed Ads

Sebenarnya, In-Feed Ads itu mirip video iklan biasa yang muncul di antara video-video yang ada di feed TikTok. Bedanya, iklan jenis satu ini menampilkan tulisan ‘promoted’ atau promosi agar pengguna bisa membedakan konten organik dan ads. In-Feed Ads dinilai cocok untuk meningkatkan brand awareness dan jumlah download loh Buddies.

2. TopView Ads

Beda dengan jenis iklan sebelumnya, TopView Ads adalah iklan yang muncul di urutan paling atas saat pengguna membuka TikTok. Durasi videonya juga bisa mencapai 60 detik dan bisa dilihat secara full screen. Coba untuk bikin video menarik dengan kualitas video yang baik dan jangan lupa cantumkan CTA (call-to-action) untuk memudahkan pengguna melakukan aksi.

3. Brand Takeover

Nah, Brand Takeover bisa dibilang sebagai salah satu jenis iklan yang paling eksklusif di TikTok. Gimana nggak, Brand Takeover cuma ada satu di tiap kategori per negara dan per harinya. Sebagai contoh, iklan Vans bisa tampil seharian penuh di Indonesia pada kategori masing-masing.

4. Video & Live Shopping Ads

Buat kamu yang punya bisnis online, video & live shopping ads jadi pilihan yang cocok. Di videonya nanti kamu bisa langsung nyambungin ke online store atau bisa juga bikin live streaming buat promosi produk. Tapi sebelum itu, pastiin kamu punya akun toko TikTok Shop dulu ya.

5. Branded Effect

Branded Effect ini juga nggak kalah menarik untuk dicoba. TikTok memberikan kesempatan untuk brand agar bisa membuat personalized filter sendiri yang bisa bertahan selama 10 hari. Nantinya kamu bisa menambahkan logo atau sound sendiri untuk bikin audiens tertarik dan penasaran.

Nah itulah penjelasan tentang TikTok Ads dan beberapa jenis iklannya yang bisa dicoba. Kalau kamu pengen ningkatin visibilitas brand di TikTok, wajib untuk cobain TikTok Ads nih Buddies. 

Tapi kalau kamu masih bingung dan butuh bantuan, kita siap loh. Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Digital Ads yang bisa bantu kamu menjalankan campaign di berbagai platform, termasuk TikTok.

Service Digital Ads BDD diisi oleh tim profesional yang udah certified di masing-masing channel. Kita juga menawarkan kesempatan untuk klien agar memantau langsung budget yang udah dikeluarkan larinya kemana. 

Nah, sampai sekarang BDD udah dipercaya sama lebih dari 400 brand di berbagai industri lewat service ini. Next, giliran kamu Buddies! Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik BDD Digital Ads untuk dapetin info selengkapnya. 

Related Article

18 Oct 2024

Cara Membuat MVP Cuma dengan 4 Step, Cek Di Sini!

Bingung caranya bikin produk yang sesuai sama kebutuhan audiens? Coba kembangin minimum viable product (MVP)! Cek cara ngembanginnya di sini!

Read More
18 Oct 2024

Bedah Cara Membuat Buyer Persona untuk Bisnis, Bisa Tebak?

Bingung mau bikin buyer persona tapi nggak tau mulainya dari mana? Tenang, kita udah siapin jawabannya di sini. Yuk, cek!

Read More
18 Oct 2024

Prediksi Digital Marketing 2025: AI and the Future Marketing

AI diprediksi bakal berkontribusi besar untuk digital marketing 2025. Apa aja implementasinya? Cek jawabannya di artikel ini!

Read More
Want to know more?

Want to know more?

Fill out this form below & consult with us!