Homepage 5 Min Essential Jangan Salah Lagi! Ini Pe...

Jangan Salah Lagi! Ini Perbedaan KOL dan Influencer Marketing

02 Mar 2024

Beberapa tahun belakangan ini istilah KOL (Key Opinion Leader) udah semakin populer. KOL bahkan sering dibilang mirip dengan influencer karena sama-sama punya banyak followers.

Tapi sebenarnya keduanya itu punya perbedaan loh. Walaupun begitu, nggak bisa dipungkiri kalau KOL dan influencer punya pengaruh yang besar dalam dunia marketing.

Makannya nggak heran kalau sekarang ini banyak brand yang berkolaborasi dengan mereka untuk mempromosikan produknya. Kalau kamu juga tertarik untuk bekerja sama dengan mereka, kamu harus tau dulu perbedaan diantara keduanya.

Nah di artikel ini kita udah siapin penjelasan terkait KOL dan influencer yang mungkin belum kamu tau. Simak, ya!

Apa itu KOL?

KOL (Key Opinion Leader) adalah seseorang yang dianggap punya pengetahuan, otoritas, dan pengaruh signifikan dalam suatu industri atau bidang tertentu. Mereka sering kali dikenal karena keahlian atau achievement nya dalam suatu bidang dan punya audiens yang lebih tertarget. Berkat keahliannya itu, mereka cenderung lebih dipercaya sama audiens karena dinilai kredibel.

Apa itu Influencer?

Nggak jauh beda dengan KOL, influencer juga adalah seseorang yang punya banyak followers dan berpengaruh besar di media sosial. Mereka biasanya beroperasi di berbagai platform media sosial seperti Instagram, YouTube, atau TikTok. Berkat besarnya basis audiens mereka, influencer juga sering dimanfaatkan untuk promosi. 

Perbedaan KOL dan Influencer

Jangkauan audiens: Dari segi jangkauan audiens, influencer biasanya lebih luas dibanding KOL. Walaupun begitu, KOL cenderung lebih tertarget karena punya spesialisasi di bidang tertentu. 

Konten yang dibuat: KOL cenderung membuat konten yang lebih informatif dan bersifat edukasi. Sementara konten dari influencer lebih entertain dan ringan. 

Tujuan: Karena spesialisasi mereka di suatu bidang, KOL biasanya berfokus dalam membangun dan mempertahankan brand image. Sedangkan influencer lebih fokus mempromosikan produk itu sendiri. 

Kredibilitas: Dari sisi kredibilitas, KOL lebih unggul karena dipandang sebagai expertise di bidangnya yang membuat mereka dianggap memberikan opini terpercaya dibanding influencer

Nah itulah tadi penjelasan tentang perbedaan KOL dan influencer yang harus kamu tau. Setelah dapet penjelasan tadi, kamu sendiri lebih milih berkolaborasi sama KOL atau influencer nih, Buddies? 

Sebenarnya baik KOL dan influencer itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya. Jadi, untuk diimplementasikan dalam strategi pemasaran, kamu wajib menentukan objektifnya dulu agar tau harus menggunakan jasa siapa. 

Siapapun yang kamu pilih untuk bekerja sama, pastikan mereka bisa membuat konten menarik sekaligus eksklusif. Mau gimana pun, konten masih jadi senjata utama untuk melakukan promosi di media sosial.

Kalau kamu butuh bantuan untuk bikin konten buat strategi marketingmu, kita bisa bantu loh! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Creative Content Development yang berspesialisasi dalam membuat konten eye-catching

Nggak cuma itu, kita juga punya content creator khusus yang berpengalaman di berbagai platform media sosial, termasuk TikTok. Kamu nggak perlu khawatir karena BDD akan bikin konten yang nggak cuma menarik, tapi juga mengandung message untuk audiens. 

Nah, sampai sekarang kita udah dipercaya sama lebih dari 50 brand di berbagai industri loh. Next, giliran kamu Buddies! Yuk, tunggu apalagi? Langsung aja hubungi kita atau klik Creative Content Development BDD untuk dapetin info selengkapnya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×