Homepage 5 Min Essential Jenis-Jenis Iklan Berdasa...

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya, Lebih Pilih yang Mana?

23 Apr 2024

Dalam dunia bisnis, iklan atau advertising jadi salah satu cara yang paling efektif untuk menjangkau dan mempengaruhi audiens. Dikutip dari Shopify, advertising adalah teknik marketing yang bertujuan untuk mempromosikan atau menjual produk kepada calon konsumen. 

Nah agar dapetin hasil yang lebih efektif, iklan nggak boleh dilakukan secara asal ya Buddies. Ada beberapa ciri-ciri iklan yang harus kamu pahami, seperti:

  • Menggunakan kata-kata yang singkat dan jelas
  • Bersifat sugestif
  • Informatif
  • Tertarget

Iklan juga dibagi lagi menjadi berbagai jenis berdasarkan tujuan, media dan fungsinya. Khusus di artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang jenis-jenis iklan berdasarkan tujuannya. 

Setiap jenis iklan ini punya karakteristik yang berbeda-beda dan bisa disesuaikan dengan objektif bisnis. Berikut kita udah siapin beberapa jenis iklan yang banyak digunakan dalam strategi marketing. Yuk, simak!

1. Iklan Informatif

Sesuai namanya, iklan informatif bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas dan lengkap kepada audiens tentang produk atau layanan. Ini mencakup fitur, manfaat, spesifikasi teknis, atau informasi relevan lainnya yang bisa membantu audiens membuat keputusan untuk melakukan transaksi. 

2. Iklan Persuasif

Selanjutnya ada iklan persuasif yang bertujuan untuk meyakinkan konsumen membeli produk atau layanan dengan menyoroti manfaat dan keunggulan yang unik dari produk tersebut. Jenis iklan memerlukan teknik persuasi yang baik, seperti memberikan diskon, special offer, atau menampilkan testimoni konsumen untuk mempengaruhi keputusan mereka. 

3. Iklan Komparatif

Iklan komparatif juga jadi salah satu jenis iklan yang paling populer dan banyak digunakan oleh bisnis. Tujuannya nggak lain untuk memperlihatkan keunggulan produk mereka dibanding kompetitor. Biasanya komparatif ini mencakup perbandingan harga, kualitas, fitur, atau nilai tambah lainnya yang membedakan produk mereka dengan produk lainnya. 

4. Iklan Reminder

Iklan reminder bertujuan untuk mengingatkan konsumen tentang produk atau layanan yang udah mereka kenal atau gunakan sebelumnya. Iklan jenis ini seringkali digunakan untuk mengelola dan mempertahankan hubungan baik dengan konsumen sehingga bisa meningkatkan retention

Nah itulah penjelasan tentang iklan atau advertising dan beberapa jenis berdasarkan tujuannya. Kamu sendiri sering menjalankan iklan jenis yang mana nih Buddies? 

Perlu diingat dalam merencanakan iklan, pemilihan jenisnya sangat penting untuk disesuaikan dengan objektif bisnis. Ini untuk mengoptimalkan efisiensi budget dan agar hasil yang diperoleh bisa maksimal. Jadi, pastikan kamu memahami objektif bisnisnya terlebih dahulu sebelum memilih jenis iklannya ya. 

BDD Digital Ads Service

Kalau kamu masih bingung dan butuh bantuan untuk ngiklan di digital channel, kita bisa jadi partner yang tepat nih. Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Digital Ads yang bisa bantu kamu merancang dan mengeksekusi campaign iklan.

Service Digital Ads BDD diisi oleh tim profesional yang udah certified di masing-masing channel loh. Kita juga adalah open dashboard agency, jadi kamu berkesempatan untuk memantau langsung budget yang udah dikeluarkan larinya kemana. 

Nah, sampai sekarang BDD udah dipercaya sama lebih dari 400 brand di berbagai industri lewat service ini. Next, giliran kamu Buddies! Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik BDD Digital Ads untuk dapetin info selengkapnya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×