Homepage 5 Min Essential Kenalan dengan Giveaway, ...

Kenalan dengan Giveaway, Strategi Kekinian untuk Promosi Brand

15 Mar 2024

Kamu sering ngerasa kesulitan buat bangun brand awareness di media sosial? Atau penasaran gimana caranya dapetin atensi audiens? Mungkin kamu bisa pertimbangin menggunakan strategi giveaway campaign nih, Buddies!

Secara definisi, giveaway adalah pemberian hadiah oleh suatu brand kepada customer lewat syarat-syarat tertentu. Hadiah yang bisa diberikan pun cukup beragam, mulai dari produk, kode voucher, dan masih banyak lagi. 

Nggak bisa dipungkiri kalau orang-orang suka dengan hadiah. Jadi, kalau ada kesempatan untuk mendapat hadiah dengan usaha yang minim, mereka pasti tertarik berpartisipasi. Nah, ini jadi salah satu strategi yang bisa kamu manfaatkan untuk memperkenalkan produk atau meningkatkan visibilitas brand

Sebelum itu, kamu harus tau dulu 2 jenis giveaway yang umum ditemukan di media sosial:

  • Self giveaway: Giveaway yang semuanya dilakukan secara independen oleh satu pihak, mulai dari konten promosi, syarat, sampai hadiahnya. 
  • Giveaway sponsor: Giveaway yang hadiahnya di-support oleh pihak-pihak lain. 

Kalau kamu tertarik melakukan giveaway, pas banget nih. Di artikel ini kita akan siapkan beberapa tips melakukan giveaway yang efektif di media sosial. Simak, ya!

1. Tentukan tujuan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan dari giveaway ini. Pilihannya sendiri bermacam-macam, bisa untuk meningkatkan followers media sosial, mempromosikan produk baru, atau bahkan mendorong penjualan. Dengan adanya tujuan ini, strategi giveaway akan lebih mudah dirancang.

2. Siapkan hadiah giveaway

Setelah tujuan ditentukan, kamu harus menyiapkan hadiah yang akan diberikan kepada audiens. Pastikan hadiahnya menarik, mempunyai value, dan memenuhi kebutuhan dari target audiens kamu.

3. Pilih platform yang cocok

Pemilihan platform jadi salah satu langkah yang paling krusial. Kenapa? Ini nggak terlepas dari banyaknya perbedaan karakteristik di masing-masing platform media sosial. Jadi untuk bisa menjangkau sebanyak mungkin audiens, pastikan platform yang dipilih cocok dengan audiens kamu dan konten giveaway yang dibuat.

4. Tetapkan syarat berpartisipasi

Giveaway bukan berarti memberikan hadiah secara cuma-cuma. Partisipan tetap harus mengikuti syarat-syarat tertentu untuk mendapatkan hadiahnya. Pastikan berbagai syarat itu disampaikan dengan jelas, dan sebisa mungkin menghindari salah paham.

5. Promosikan giveaway kamu

Langkah terakhir adalah mulai promosikan giveaway campaign kamu di media sosial. Terus gimana caranya agar giveaway ini menjangkau audiens yang lebih besar? Salah satu caranya bisa dengan melakukan partnership bersama influencer atau KOL (Key Opinion Leader) yang punya basis followers besar dan berada di industri yang sama dengan brand kamu. 

Nah itulah penjelasan lengkap tentang giveaway, mulai dari pengertian, jenis-jenisnya, sampai tips melakukannya. Setelah lihat penjelasan diatas, kamu sendiri tertarik nggak nih untuk melakukan giveaway?

Berhubung sekarang sudah masuk bulan suci Ramadan, strategi giveaway ini sangat ideal diimplementasikan di bisnis kamu. Bulan ini dinilai sebagai bulan dimana perilaku belanja masyarakat meningkat dan sekaligus membuka kesempatan besar bagi para brand untuk memaksimalkan keuntungan. 

Kalau kamu butuh panduan untuk meningkatkan penjualan di bulan Ramadan, kita bisa bantu loh. Boleh Dicoba Digital (BDD) belum lama ini baru saja meluncurkan buletin edisi terbaru yang berjudul “Welcoming The Holy Month: How to Win a Meaningful Ramadan Campaign 2024”

Di buletin edisi terbaru ini, BDD menampilkan banyak insight menarik tentang tren dan perilaku konsumen selama bulan Ramadan. Nggak cuma itu, kita juga membagikan tips bermanfaat bagi brand dan memperlihatkan pentingnya mengatur timeline serta budget di platform-platform media sosial, seperti Meta dan TikTok. 

Gimana, tertarik? Nggak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung aja klik BDD Buletin Ramadan Campaign untuk dapetin info selengkapnya. Tenang, gratis kok Buddies!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×