Homepage 5 Min Essential Mau Bikin Content Pillar?...

Mau Bikin Content Pillar? Cari Tau Dulu Jenis-Jenisnya Disini!

15 Mar 2024

Buat kamu yang pekerjaannya nggak jauh dari produksi konten, penting banget untuk memahami apa itu content pillar. Content pillar sendiri bisa membantu kamu membuat perencanaan konten yang matang, baik untuk akun media sosial atau website

Tapi, sebenarnya content pillar itu apa sih? Sederhananya, content pillar adalah topik utama atau tema besar yang dijadikan pondasi untuk keseluruhan strategi konten media sosial atau website bisnis. 

Tujuannya agar bisa menyediakan informasi yang komprehensif bagi audiens dan membuat mereka nggak perlu berpindah ke platform lain untuk mencari informasi. Untuk bisa merealisasikan itu, content pillar perlu diisi dengan kategori-kategori lain yang paling relevan dengan audiens. 

Nah sebelum membuat content pillar, kamu harus tau dulu berbagai jenis-jenis content pillar agar perencanaan kontennya lebih efektif, Buddies. Simak, ya!

1. Promotional

Sesuai namanya, jenis content pillar satu ini ditujukan untuk menarik followers atau audiens agar membeli produk bisnis. Lewat promotional content, bisnis harus bisa membuat konten seunik dan sekreatif mungkin untuk menarik perhatian audiens. Pastikan juga promotional content nya berisi informasi keunggulan-keunggulan produk kamu dibanding produk brand lain.

2. Entertainment

Salah satu kegunaan platform media sosial adalah untuk menyediakan hiburan bagi penggunanya. Jadi, konten-konten kamu juga harus bisa menyajikan cerita-cerita lucu agar disukai audiens. Kamu bisa membuat konten meme, memberikan giveaway, kuis, atau konten menghibur lainnya dengan tetap memperlihatkan identitas brand kamu.

3. Conversational

Content pillar conversational adalah konten yang mengandalkan customer journey dalam prosesnya. Ini penting karena customer journey bisa menghubungkan setiap siklus pembelian produk sehingga lebih efektif untuk mendapatkan konsumen. Jenis content pillar satu ini juga dianggap bisa membuat calon pembeli melakukan transaksi lebih cepat loh, Buddies.

4. Educational

Konten edukasi juga penting untuk menyampaikan informasi tentang fitur atau manfaat produk kamu kepada audiens. Bahkan, secara nggak langsung educational content bisa menarik perhatian calon konsumen karena mereka bisa mendapatkan informasi tanpa membeli produknya. Lewat strategi ini, nantinya audiens berpotensi menjadi konsumen loyal berkat informasi-informasi relevan yang didapatkan.

Nah itulah penjelasan tentang content pillar dan beberapa jenisnya yang mungkin belum kamu tau, Buddies. Dengan content pillar, brand bisa dengan mudah melakukan perencanaan konten untuk media sosial ataupun website

Nggak cuma itu, content pillar juga bisa membuat brand mempunyai identitas tersendiri yang gampang dikenali oleh audiens. Dengan identitas yang sudah terbentuk, secara otomatis pertumbuhan brand pun bisa didorong lebih cepat. 

Dilihat dari manfaatnya, kamu harus mulai terapin content pillar di brand kamu nih Buddies. Berhubung sekarang udah memasuki bulan suci, kamu bisa membuat content pillar sebulan penuh untuk Ramadan. 

Jangan lupa buat lakukan riset terlebih dahulu terkait konten-konten Ramadan yang relevan dengan target audiens brand kamu. Setelah itu, implementasikan jenis-jenis content pillar tadi beserta kategori-kategori konten lainnya agar informasi yang disediakan cukup komprehensif untuk dilihat oleh audiens. 

BDD Bulletin & Service

Ngomong-ngomong tentang Ramadan, kita punya kabar baik loh. Baru-baru ini Boleh Dicoba Digital (BDD) meluncurkan buletin edisi terbaru berjudul “Welcoming The Holy Month: How to Win a Meaningful Ramadan Campaign 2024”

Di buletin edisi Ramadan ini, kita menyajikan insight menarik, mulai dari perilaku konsumen, tren Ramadan, sampai tips bermanfaat buat brand kamu. Kamu bisa dapetin report nya secara gratis dengan klik BDD Bulletin Ramadan Edition

Nggak cuma itu, kita juga bisa bantu kamu dalam perencanaan konten sampai eksekusinya lewat service Creative Content Development. Lewat service ini, BDD berkomitmen untuk nggak cuma membuat konten yang eye-catching, tapi juga berisi message yang ditujukkan untuk target audiens brand kamu.

Sampai sekarang, service Creative Content Development udah dipercaya sama lebih dari 50 brand loh. Next, giliran kamu Buddies! Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik BDD Service Performance Creative untuk dapetin info selengkapnya.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×