Homepage 5 Min Essential Mengulas Cost Per Click (...

Mengulas Cost Per Click (CPC): Cara Menghitung & Tips Optimasi

07 Jun 2024

Kalau kamu berkecimpung di industri digital marketing, pasti udah nggak asing dong dengan istilah cost per click (CPC). Istilah ini sebenarnya sering dikaitkan dengan istilah digital marketing lainnya, yaitu pay per click (PPC). 

Memang CPC itu apa sih? Cost per click (CPC) adalah metrik yang menghitung seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan oleh advertiser setiap kali iklan di klik. Strategi advertising satu ini cukup umum digunakan dalam platform-platform periklanan seperti Google Ads dan Facebook Ads. 

CPC sendiri memungkinkan advertiser untuk mengendalikan biaya iklan mereka berdasarkan jumlah klik yang mereka terima. Selain itu, ada beberapa keuntungan lain yang bisa didapatkan dari model CPC ini, seperti:

  • Kontrol budget: Advertiser cuma harus membayar saat iklan mereka diklik, sehingga bisa mengelola budget iklan dengan lebih efektif.
  • Transparansi: Mudah untuk melacak performa campaign iklan karena setiap klik bisa diukur dan dianalisis.
  • Targeting yang efektif: Advertiser bisa menargetkan audiens secara spesifik yang otomatis meningkatkan potensi terjadi conversions.

Cara Menghitung CPC

Menghitung CPC sebenarnya cukup simple, Buddies. Kamu cuma perlu membagi total biaya iklan dengan jumlah klik yang diterima. Rumusnya adalah:

CPC = Total biaya iklan : Total Klik

Jadi kalau misalnya advertiser membayar Rp3 juta untuk iklan yang menerima 500 clicks, maka CPC nya adalah Rp6.000

Tips Mengoptimasi CPC

Kamu udah tau cara menghitung CPC, sekarang kamu juga harus tau cara mengoptimasinya nih. Pas banget, di bawah ini kita udah siapin beberapa tipsnya.

1. Gunakan keyword relevan

Pemilihan keyword yang tepat berperan penting dalam menurunkan CPC loh. Jadi, pastikan kamu menggunakan keyword yang sangat relevan dengan produk atau layanan kamu untuk menarik target audiens.

2. Buat iklan yang menarik

Iklan yang menarik punya click-through rate (CTR) yang lebih tinggi. Tingkat CTR yang tinggi otomatis mengindikasikan kualitas iklan yang baik juga, sehingga bisa membantu menurunkan CPC.

3. Optimasi landing page

Nggak kalah penting, pastikan landing page kamu juga relevan dengan iklan yang ditampilkan. Nantinya landing page ini bisa meningkatkan customer experiences dan mendorong terjadinya conversions.

4. Monitor campaign

Terakhir, coba untuk memonitor performa campaign kamu secara rutin dan lakukan a/b testing di beberapa elemen campaign, seperti seperti teks, gambar, dan keyword. Dengan menguji berbagai elemen, kamu bisa mengidentifikasi kombinasi yang menghasilkan CPC terendah dan performa terbaik.

Nah itu tadi penjelasan lengkap tentang cost per click (CPC), mulai dari pengertian, cara menghitung, sampai tips optimasinya. Memahami dan mengoptimasi CPC jadi kunci sukses dalam menjalankan campaign loh Buddies. Jadi, pastikan kamu memahami aspek-aspek tentang CPC agar meningkatkan efisiensi dari segi performa dan budget

Service Digital Ads BDD

Kalau kamu butuh bantuan untuk mengiklankan brand secara digital, pakai jasa kita aja! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service digital ads yang bisa membantu kamu mengoptimasi performa iklan dan menyelesaikan segala isu terkait campaign

Kita berkomitmen untuk meraih growth optimal dengan berbagai strategi yang akan disiapkan oleh tim profesional BDD. Sampai sekarang, sudah ada lebih dari 400 brand yang mempercayakan BDD untuk meng-handle iklan digital mereka. Giliran kamu nih, Buddies!

Yuk, tunggu apalagi? Langsung aja hubungi kita atau klik Service Digital Ads untuk dapetin info selengkapnya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×