Homepage 5 Min Essential Merayakan Hari Lahir IDN:...

Merayakan Hari Lahir IDN: Satu Dekade Berinovasi Bagi Generasi Muda Indonesia

08 Jun 2024

Dalam beberapa waktu terakhir, IDN telah menjadi salah satu media partners Boleh Dicoba Digital dalam berkarya. Hari ini, 8 Juni 2024 merupakan satu dekade IDN Media dalam memulai perjalanannya mengubah lanskap media digital di Indonesia. Tentu saja momen besar ini diikuti dengan sebuah inovasi baru, menandai sebuah transformasi besar bagi IDN, dengan harapan untuk dapat terus berkontribusi lebih luas lagi untuk kemajuan Indonesia. 

Tranformasi IDN Media Menjadi IDN

Sepuluh tahun lalu, IDN Media hadir melalui sebuah produk, yaitu IDN Times, digital media platform untuk para Millennials dan Gen Z di Indonesia. Kini, IDN Media bertransformasi menjadi perusahaan teknologi konsumen multifaset dengan nama baru, yaitu IDN.  

Evolusi ini mencakup berbagai bisnis, yaitu live streaming, creators economy, talent management, festival musik, rumah produksi film, dan lembaga riset yang akan saling terintegrasi satu sama lain. 

Winston Utama, CEO IDN, mengungkapkan bahwa, “inti dari apa yang kami (IDN) lakukan tercermin dalam nama kami: IDN = Indonesia. Tidak ada bangsa besar tanpa generasi muda. Kami benar-benar percaya pada kekuatan generasi muda.” Keyakinan inilah yang menjadi pendorong utama terjadinya transformasi IDN, dengan harapan dapat menjadi bagian dalam memajukan Indonesia di panggung global, dengan potensi menjadi kekuatan ekosistem produk yang kuat dan saling mendukung. Lebih lanjut lagi, hal ini dapat memberdayakan generasi muda dan membuka potensi mereka agar dapat berkontribusi secara lebih berarti demi Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

Visi IDN untuk Berkontribusi Lebih Besar Bagi Kemajuan Indonesia

Winston mengutarakan bahwa transformasi IDN bukan semata mengenai diversifikasi bisnis saja, “Pada akhirnya, visi kami bukan untuk kami; ini untuk kita semua sebagai masyarakat yang berdaya dan memiliki mimpi untuk Indonesia yang lebih baik.” 

Selanjutnya, ia juga mengemukakan bahwa perayaan satu dekade IDN merupakan pengingat bagi IDN untuk kembali memulai hal baru, yaitu untuk membangun ekosistem bagi generasi muda Indonesia. Transformasi ini juga merupakan komitmen IDN untuk terus berfokus pada pelanggan, menciptakan kontribusi yang berkelanjutan, dan dapat menjadi sebuah entitas yang berdampak positif bagi masyarakat Indonesia. 

Mengenal Ekosistem IDN

Sekarang, IDN punya empat unit bisnis utama, yaitu:

  • Live streaming, yaitu sebuah platform yang nggak cuma interaktif tapi juga edukatif. Platform ini menggabungkan teknologi canggih yang dapat mendorong interaksi real-time melalui konten berkualitas yang informatif dan juga menarik. 
  • Creator Economy. Nah, unit bisnis satu ini merupakan komitmen IDN buat memberikan dukungan penuh bagi para content creator untuk berinovasi. Dukungannya berupa penyediaan sumber daya, platform, dan dukungan finansial supaya content creator bisa jangkau lebih banyak audiens dan monetized konten mereka. Tujuan akhirnya adalah mendorong ekonomi kreatif yang dinamis. 
  • Hiburan. IDN memproduksi konten hiburan berkualitas tinggi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan generasi muda Indonesia, mulai dari festival musik, idol groups, hingga produksi film. Unit bisnis ini nggak cuma menyediakan entertainment aja, tapi juga disesuaikan dengan nilai budaya audiensnya. 
  • Media Digital. IDN akan melanjutkan komitmen buat  menyampaikan informasi dan berita yang akurat, terpercaya, dan relevan bagi generasi muda. 

Transformasi ini, lagi-lagi, merupakan komitmen dan dedikasi IDN untuk membangun ekosistem yang lebih terintegrasi sehingga dapat memberdayakan generasi muda Indonesia. What a way to celebrate their 10th birthday

Happy Birthday, IDN! Semoga panjang umur dan terus berinovasi buat para generasi muda Indonesia! 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×