Homepage 5 Min Essential Pengaruh Customer Experie...

Pengaruh Customer Experience terhadap Customer Loyalty

07 Jul 2024

Customer loyalty

Saat ini proses pemasaran telah bergeser dari transaksional menjadi relasional. Proses pemasaran nggak selesai hanya dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli dalam membeli suatu produk/jasa, namun lebih dari itu penjual atau perusahaan perlu menjalin hubungan jangka panjang dengan konsumen.

Perusahaan yang ingin menjalin hubungan jangka panjang dengan konsumen perlu memperhatikan banyak pertimbangan, karena dengan adanya pertimbangan tersebut dapat membuat konsumen melakukan pembelian kembali atau loyalitas. Loyalitas pelanggan dapat dicapai dengan memberikan pelayanan yang baik sehingga pelanggan merasa puas dan senang.

Pengertian Customer Loyalty


Customer Loyalty atau Loyalitas Pelanggan adalah wujud dari kesetiaan pelanggan terhadap sebuah merek, produk, atau layanan secara berkelanjutan. Pelanggan yang loyal cenderung membeli secara berkala, memilih varian produk lain dari merek yang sama, atau menggunakan layanan dari brand yang sama. Kesetiaan ini juga membuat mereka lebih kebal terhadap produk pesaing. Jadi, semakin tinggi loyalitas pelanggan, semakin mudah bisnis berkembang dan bertahan.

Mengapa Customer Loyalty Penting?


Pelanggan yang loyal dapat membantu perusahaan tumbuh lebih cepat daripada tim penjualan dan pemasaran. Pelanggan setia cenderung mencoba produk baru dan menghabiskan lebih banyak daripada pelanggan baru. Jadi, mempromosikan customer loyalty adalah langkah cerdas untuk kesuksesan sebuah brand.

Strategi dalam Meningkatkan Customer Loyalty

Customer Experience
Pengalaman yang dirasakan oleh customer itu dapat berupa pengalaman menyenangkan maupun nggak menyenangkan. Pengalaman yang menyenangkan akan membawa customer untuk kembali berbelanja di perusahaan itu, sedangkan pengalaman yang kurang menyenangkan akan menyebabkan customer berpindah ke perusahaan lain. Customer experience yang baik akan mendukung customer untuk kembali lagi yang pada akhirnya akan menghasilkan loyalitas customer.
Customer Engagement
Tujuan dari customer engagement adalah untuk memberikan nilai kepada pelanggan di luar produk atau layanan yang mereka beli. Semakin baik strategi keterlibatan pelanggan, semakin besar kemungkinan pelanggan akan terus membeli dari perusahaan.
Customer Trust
Kepercayaan merupakan fondasi loyalitas pelanggan. Pelanggan yang merasa percaya pada merek cenderung lebih setia. Kepercayaan dapat dibangun melalui kualitas produk, layanan pelanggan yang baik, dan transparansi dalam komunikasi.

Hubungan Digital Marketing dengan Customer Loyalty


Digital marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer loyalty utamanya melalui Customer Relationship Management (CRM). Digital marketing berdampak pada loyalitas pelanggan melalui CRM. Kalau digital marketing meningkat, secara nggak langsung CRM juga akan ikut meningkat. penerapan strategi digital marketing yang baik dapat membantu memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap brand atau perusahaan.

Dengan menerapkan strategi untuk meningkatkan customer loyalty, perusahaan dapat memberikan layanan yang memuaskan dan membangun hubungan emosional yang berarti dengan pelanggan. Hubungan yang berarti ini dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan mendorong mereka untuk menjadi lebih setia kepada perusahaan atau brand.

Ingatlah bahwa customer loyalty adalah investasi jangka panjang yang dapat membantu bisnis kamu tumbuh dan berkembang.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×