Posted on 02 Mar 2024
Back to main article
Posted on 02 Mar 2024

Bagi semua bisnis yang punya website, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengamankan domain. Ini penting untuk membangun online presence bisnis, sekaligus memudahkan pengunjung menemukan website nya. 

Tapi apa sih sebenarnya domain itu? Sederhananya, domain adalah alamat website yang bisa diakses oleh pengguna lewat search engine. Domain ini berisi teks unik dari alamat IP (Internet Protocol) yang lebih gampang diingat orang. 

Sebenarnya, setiap website pasti punya nama domain nya masing-masing dan nggak akan yang sama. Jadi, nggak jarang juga yang berebut nama domain di antara pemilik website

Emangnya sepenting apa sih domain itu? Nah, di artikel ini kita akan bahas fungsi domain yang mungkin belum kamu tau. Simak, ya!

1. Memperkuat identitas bisnis

Domain adalah bagian dari bisnis kamu. Artinya, dengan punya domain sendiri, otomatis akan memperkuat identitas bisnis kamu di dunia digital. Bahkan, domain juga bisa membantu memberikan kesan profesional kepada para pengunjung.

2. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Punya domain sendiri juga memberikan kesan kredibilitas yang besar bagi bisnis kamu loh Buddies. Pengunjung cenderung lebih percaya pada website yang punya domain sendiri daripada domain gratisan atau subdomain. Ini karena domain milik sendiri dianggap menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap bisnis sehingga lebih dipercaya oleh pengunjung.

3. Memiliki ownership

Dengan punya domain sendiri, kamu otomatis memegang kontrol penuh atas alamat website bisnis. Kamu nggak perlu khawatir kehilangan domain kalau platform penyedia layanan gratis tiba-tiba menutup atau mengubah kebijakan mereka. Ini pastinya jadi keuntungan tersendiri karena bisa memberi kamu kebebasan dalam mengatur website sesuai keinginan dan kebutuhan bisnis.

4. Mudah diingat pengunjung

Domain yang mudah diingat akan membantu pengunjung untuk menemukan website kamu. Dengan begitu, traffic website bisnis kamu pun akan meningkat. Jadi, pastikan nama domain yang dipilih harus singkat dan jelas agar mengurangi kemungkinan kesalahan pengetikan, sekaligus mempermudah ingatan pengunjung.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang domain dan fungsinya bagi bisnis. Dilihat dari fungsinya, ternyata mempunyai domain itu cukup penting ya untuk membangun dan memperkuat online presence website

Perlu dicatat, domain sendiri punya beberapa tipe atau jenis yang perlu kamu tau. Diantaranya adalah:

  • .COM: Domain untuk pengguna komersial
  • .ORG: Domain untuk organisasi non-profit
  • .EDU: Domain untuk institusi pendidikan
  • .NET: Domain untuk perusahaan teknologi jaringan
  • .CO.ID: Domain untuk website bisnis atau komersial wilayah Indonesia
  • .GO.ID: Domain untuk website pemerintahan Indonesia

BDD Web Development Service

Kalau kamu butuh bantuan untuk bikin website, hubungi kita aja! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Web Development yang siap membantu kamu merancang dan mengembangkan website untuk keperluan bisnis. 

Dengan service ini, kita berkomitmen untuk membuat website bisnis kamu seunik dan semenarik mungkin demi kenyamanan pengunjung. Kamu nggak perlu khawatir, karena tim BDD berisi tim profesional yang terbaik di bidangnya.

Sampai sekarang, kita udah dipercaya sama lebih dari 50 brand di berbagai industri loh. Kamu kapan nih, Buddies? Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik Web Development BDD untuk dapetin info selengkapnya.

Baca juga: Sering Ditemukan Dalam Website, Apa Saja Jenis-Jenis Domain?

Related Article

18 Oct 2024

Cara Membuat MVP Cuma dengan 4 Step, Cek Di Sini!

Bingung caranya bikin produk yang sesuai sama kebutuhan audiens? Coba kembangin minimum viable product (MVP)! Cek cara ngembanginnya di sini!

Read More
18 Oct 2024

Bedah Cara Membuat Buyer Persona untuk Bisnis, Bisa Tebak?

Bingung mau bikin buyer persona tapi nggak tau mulainya dari mana? Tenang, kita udah siapin jawabannya di sini. Yuk, cek!

Read More
18 Oct 2024

Prediksi Digital Marketing 2025: AI and the Future Marketing

AI diprediksi bakal berkontribusi besar untuk digital marketing 2025. Apa aja implementasinya? Cek jawabannya di artikel ini!

Read More
Want to know more?

Want to know more?

Fill out this form below & consult with us!