Homepage 5 Min Essential Perbedaan Branding dan Ma...

Perbedaan Branding dan Marketing, Fokus yang Mana Dulu Ya?

28 Sep 2023

Buddies pernah bingung nggak sih ngebedain antara branding dan marketing? Tenang, kamu nggak sendirian. Walaupun keduanya berkaitan, tapi sebenarnya ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Sebagai business owners, penting banget untuk Buddies bisa memahami secara mendalam tentang branding dan marketing. Kedua kegiatan itu bisa memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan bisnis. 

Branding dan marketing adalah dua cara yang berbeda dalam mempromosikan suatu bisnis. Tujuan dan hasilnya pun otomatis akan berbeda, jadi bisnis harus bisa melakukan kedua pekerjaan tersebut untuk memperoleh dampak yang positif. 

Terlepas dari perbedaan antara branding dan marketing tadi, sebenarnya kedua kegiatan itu saling membutuhkan satu sama lain. Tapi sebagai catatan, di awal perjalanan bisnis kedua kegiatan itu nggak bisa dilakukan secara bersamaan. 

Jadi, sebaiknya bisnis harus lebih memfokuskan yang mana nih? Nah, di artikel ini kita akan ulik semuanya, mulai dari perbedaan branding dan marketing sampai mana yang harus didahulukan. Simak, ya!

1. Apa itu Branding?

Branding adalah suatu kegiatan untuk menciptakan image tertentu dari sebuah brand di benak audiens. Ini adalah strategi paling penting untuk membantu audiens mengenal dengan cepat tentang brand tersebut. Proses branding ini pun mencakup berbagai hal, seperti logo, desain, tema, tagline dan lain-lain.

Branding yang efektif bisa membantu sebuah brand untuk membedakan diri mereka dengan kompetitornya. Bahkan saat branding-nya berhasil, brand bisa membangun basis audiens yang loyal.

2. Apa itu Marketing?

Berbeda dengan branding, marketing sendiri adalah strategi untuk mempromosikan produk suatu brand yang bertujuan meningkatkan penjualan. Marketing juga jadi salah satu tools yang digunakan untuk menyampaikan pesan suatu brand. Dalam proses kegiatannya, marketing harus bisa melakukan riset, analisis dan menentukan target audiens sebelum akhirnya mencari strategi untuk menjual produknya. 

Dunia marketing dikenal dengan perubahannya yang konstan dan cepat, artinya akan banyak strategi yang harus dicoba agar promosinya efektif. Sekarang ini, marketing terbagi menjadi marketing online dan offline. Beberapa strategi yang banyak digunakan dari kedua jenis tersebut adalah SEO, social media marketing, pay per click, televisi, radio, dan iklan cetak.  

3. Mana yang harus didahulukan?

Buddies sekarang udah paham nih masing-masing pengertian dari branding dan marketing. Jadi, diantara kedua kegiatan itu mana nih yang harus difokuskan? 

Branding bisa dibilang sebagai pondasi dari berbagai kegiatan bisnis, termasuk marketing. Itulah kenapa branding harus didahulukan sebelum berlanjut ke strategi pemasaran. Branding yang kuat akan memudahkan proses marketing dan juga mendapatkan loyalitas konsumen. Begitu juga sebaliknya, image yang dibangun lewat branding bisa disampaikan dengan baik lewat strategi marketing.

Walaupun ada perbedaan dari sisi praktik, tapi branding dan marketing mempunyai satu persamaan, yaitu memperoleh keuntungan. Jadi, kedua kegiatan ini sebenarnya sangat dibutuhkan oleh suatu brand yang ingin bisnisnya tumbuh. 

Sekuat apapun branding yang sudah dibangun, semua itu akan sia-sia kalau nggak ada andil marketing di dalamnya. Sebaliknya, berbagai strategi marketing juga nggak akan efektif kalau nggak ada image yang menonjol untuk dibedakan dengan brand lain. 

Website Development BDD

Nah, itu tadi penjelasan tentang perbedaan antara branding dan marketing sampai kegiatan mana yang harus didahulukan. Seperti yang sudah disampaikan diatas, branding penting banget dibangun di awal perjalanan bisnis.

Salah satu cara untuk membangun branding adalah dengan membuat website yang menarik. Selain bisa bikin audiens nyaman, website yang menarik juga bisa berguna untuk meningkatkan brand awareness di dunia digital. 

Kalau Buddies bingung gimana caranya bikin website dengan desain yang menarik, hubungi kita aja! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya servis Website Development yang bisa bantu kamu menjangkau audiens lebih luas. 

Di Website Development ada berbagai servis lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. Seperti, E-commerce and Website Development, Website Maintenance, Web Apps Development, dan Enterprises Information System. 

Sampai sekarang, sudah ada lebih dari 50 brand yang mempercayakan pembuatan websitenya di BDD. Buddies kapan nih? Kalau tertarik, langsung aja hubungi kita atau klik Website Development BDD untuk dapetin info lengkapnya.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×