Homepage 5 Min Essential Punya Masa Depan Cerah, A...

Punya Masa Depan Cerah, Apa Saja Sih Manfaat E-Commerce?

02 May 2023

Dalam pesatnya perkembangan teknologi dan digital seperti sekarang, membuat istilah-istilah baru terus bermunculan, salah satunya e-commerce. Belakangan ini istilah e-commerce sedang populer di berbagai kalangan, mulai dari pelaku bisnis sampai masyarakat umum. 

E-commerce sendiri singkatan dari electronic commerce yang merupakan proses transaksi penjualan dan pembelian yang dilakukan melalui alat elektronik. Sebagai gambaran, e-commerce berbentuk sebuah website atau aplikasi yang dimiliki oleh satu brand dan diisi oleh barang-barang dari brand itu sendiri. 

Sejak awal kemunculannya, e-commerce berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun. Hal itu nggak terlepas dari pola masyarakat yang kini cenderung lebih nyaman berbelanja secara online dengan memanfaatkan akses internet. 

Berjualan online di era sekarang juga memang telah banyak membantu beberapa bisnis untuk semakin sukses. E-commerce ikut andil dalam beberapa kesuksesan itu lewat banyaknya manfaat yang ditawarkan.

Nah, di artikel ini kita akan coba bagikan beberapa manfaat e-commerce yang bisa dirasakan oleh penjual dan pembeli. Simak, ya!

1. Flexibility for customers

Manfaat utama dan salah satu yang paling penting dari e-commerce adalah penjual bisa memberikan fleksibilitas kepada pelanggan. Dengan adanya e-commerce, produk dan layanan bisa diakses kapan saja tanpa kenal waktu. Selain itu, fleksibilitas disini juga mencakup pada pengiriman pesanan kilat yang bisa membuat pelanggan melakukan pembelian berulang.

2. Global marketplace

Manfaat lain dari penggunaan e-commerce adalah kesempatan menjangkau pasar yang lebih luas tanpa batasan. Keterbatasan ini menjadi salah satu perbedaan paling mencolok antara e-commerce dan toko konvensional. Dengan memanfaatkan e-commerce, penjual bisa menerima pesanan dari berbagai negara dan nggak terbatas pada pembeli lokal.

3. Customers data insight

Penggunaan e-commerce juga memberikan kemudahan dalam mengumpulkan dan menganalisis data konsumen. Dengan data konsumen, penjual bisa melihat seberapa sering pelanggan membeli produk atau melihat item lain di portalnya. Semua data tersebut pun nantinya bisa dijadikan bahan analisis dan evaluasi.

4. Product and price comparison

Manfaat yang nggak kalah penting dalam penggunaan e-commerce adalah dari sisi membandingkan produk dan harga. Ini adalah keuntungan bagi pelanggan karena bisa membandingkan banyak produk dan harga secara cepat lewat online. Dengan begitu, pelanggan memiliki gambaran yang baik terkait available product beserta harganya.

5. Several payment methods

Nggak bisa dipungkiri kalau sekarang ini berbagai metode pembayaran memberi kemudahan bagi pelanggan. Ini memberikan keuntungan bagi penjual karena nggak harus takut kehilangan pembeli akibat metode pembayaran yang tersedia. Penjual juga bisa menyertakan diskon di beberapa metode pembayaran tertentu untuk meningkatkan penjualan. 

Itulah 5 manfaat e-commerce yang bisa dirasakan oleh penjual selaku pemilik bisnis dan juga oleh pelanggan. Melihat beragam manfaat itu, sudah waktunya para pelaku bisnis mulai mempertimbangkan menjual produk-produknya di e-commerce.

Selain karena menawarkan banyak manfaat, e-commerce juga diprediksi akan terus tumbuh dan dipercaya menjadi model transaksi masa depan. Hal itu nggak terlepas dari perkembangan internet dan teknologi digital yang semakin masif sehingga membuat orang banyak menggunakannya. 

Namun, penggunaan e-commerce juga nggak bisa sembarangan. Perlu dilakukan pemeliharaan secara berkala dan juga rutin dikembangkan agar membuat pelanggan tetap nyaman. 

Kalau Buddies butuh bantuan untuk mengembangkan e-commerce, Boleh Dicoba Digital (BDD) solusinya! Kita mempunyai layanan e-commerce and website development untuk mengembangkan website e-commerce mu dengan teknologi canggih. 

Nggak cuma itu, BDD juga punya layanan lain yang berkaitan dengan website, seperti website maintenance, web apps development, dan enterprises information system. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 50 bisnis yang berkembang dengan layanan website development dari BDD. 
Kita berkomitmen untuk merancang dan mengembangkan website yang paling sesuai untuk membantu Buddies menjual produk secara efektif. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung hubungi kita atau kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) berikut.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×