Homepage 5 Min Essential Review The Nun 2: Lanjuta...

Review The Nun 2: Lanjutan Teror Dendam dari Valak!

16 Sep 2023

Tahun 2018 kemarin kita semua diperkenalkan dengan sosok biarawati seram bernama Valak yang muncul dari dari film The Nun. Nah belum lama ini, Valak kembali meneror penonton lewat film sekuelnya, The Nun 2. 

Hadir sebagai sekuel, The Nun 2 diharapkan memperlihatkan kengerian yang lebih banyak. Apalagi, film pertamanya (The Nun) mendapat cukup banyak kritik dari para kritikus film ataupun penonton. 

Sebagai upaya untuk memperbaiki kesalahan di film pertama, James Wan dan Peter Safran selaku produser melakukan perombakan dari sisi sutradara dan penulis. Akhirnya Michael Chaves ditunjuk sebagai sutradara baru dan bekerja sama dengan trio penulis Goldberg, Richard Naing, dan Akela Cooper. 

Lalu, gimana hasil perombakan itu? Di artikel ini kita akan tampilkan review dari film The Nun 2 yang baru rilis 6 September kemarin. Simak, ya!

1. Sinopsis The Nun 2

The Nun II berlatar di Perancis pada tahun 1956 dan melanjutkan cerita film pertamanya. Kisahnya diawali dengan pembunuhan seorang pendeta yang akhirnya menyebarkan teror. Suster Irene (Taissa Farmiga) diminta untuk menginvestigasi teror tersebut. 

Walaupun awalnya keberatan, tapi Suster Irene akhirnya nggak bisa menolak dan terpaksa berhadapan lagi dengan trauma masa lalunya. Kali ini Suster Irene ditemani oleh Suster Debra (Storm Reid) untuk menghadapi teror dendam yang lebih horor dari sosok Valak. 

2. Review The Nun 2

Secara keseluruhan film The Nun 2 bisa dikatakan lebih menarik dibanding film pertamanya. Sang sutradara, Chaves, dianggap bisa mengeksplorasi gaya teror yang baru di semesta The Conjuring ini. Belum lagi kerjasamanya yang apik dengan trio penulis, Goldberg, Richard Naing, dan Akela Cooper. 

Walaupun ketiganya tergolong baru bergabung di semesta ini, tapi mereka berhasil menggarap naskah The Nun 2 dengan baik dibanding prekuelnya. Pendalaman sejarah dan mitologi dalam Katolik yang jadi salah satu tema di The Nun 2 pun disorot dengan cukup pas. 

Tapi The Nun 2 justru sedikit kehilangan faktor yang jadi andalan The Conjuring Universe, yaitu jumpscare. Sosok Valak juga bisa dibilang kalah seram dengan karakter Maurice alias Frenchie (Jonas Bloquet). Panggung yang seharusnya dimiliki oleh Valak cenderung ‘dicuri’ oleh akting memukau Bloquet di film ini. 

3. Timeline film The Conjuring Universe

Film The Nun 2 yang berlatar 4 tahun setelah film pertamanya membuat sekuelnya ini masuk ke urutan 3 dalam The Conjuring Universe. Kalau Buddies masih bingung gimana urutan atau timeline dari film-film yang ada di semesta The Conjuring, nih kita kasih tau. 

  • The Nun (2018): Latar belakang tahun 1952
  • Annabelle: Creation (2017): Latar belakang tahun 1955
  • The Nun 2 (2023): Latar belakang tahun 1956
  • Annabelle (2014): Latar belakang tahun 1967
  • The Conjuring (2013): Latar belakang tahun 1971
  • Annabelle Comes Home (2019): Latar belakang tahun 1972
  • The Curse of La Llorona (2019): Latar belakang tahun 1973
  • The Conjuring 2 (2016): Latar belakang 1976
  • The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It (2021): Latar belakang tahun 1981

Nah, itu tadi review The Nun 2 yang merupakan karya ketiga Michael Chaves setelah The Curse of Llorona (2019) dan The Conjuring 3: The Devil Made Me Do It (2021). Sebagai rangka promosi, Warner Bros. dan Triple Play bekerjasama dalam membuat digital campaign yang bernama “#ISawANun”. 

Kampanye itu pun memperlihatkan video yang berisi sosok Valak di berbagai platform digital, seperti Instagram, TikTok, Twitter, Reddit, dan Facebook. Sebagai contohnya, Buddies bisa lihat disini

Jadi, siapa aja nih yang udah nonton film The Nun 2? Kalau udah, share pendapat kamu di komentar ya! 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×