Homepage 5 Min Essential Sertifikasi Digital Marke...

Sertifikasi Digital Marketing Boleh Belajar, Apa Aja Manfaatnya?

03 Nov 2023

Sekarang ini industri digital marketing sudah berkembang dengan pesat dan juga banyak diminati sebagai jenjang karir. Orang-orang sudah semakin aware kalau di zaman sekarang semuanya serba digital

Nggak sedikit juga yang kini mulai mempelajari tentang dunia digital marketing, bahkan sampai mencari sertifikasinya. Sertifikasi digital marketing sendiri memang cukup penting untuk membuktikan keterampilan seseorang. Ini didukung juga dengan pernyataan Moch Dicky sebagai Division Head Section Academic Program di Boleh Belajar. 

“Sebenarnya kalau dibilang urgent, nggak, tapi kalau ditanya penting, penting banget. Sekarang industri digital marketing itu growth nya bagus banget ya, udah mulai banyak yang aware dengan karir di industri ini karena cukup menguntungkan, bisa buat freelancer, side job, atau bisnis sendiri. Tapi bagi mereka yang menjadi profesional, pastinya sertifikasi ini penting banget sebagai bukti kredibilitas buat klien agar semakin dipercaya.” Moch Dicky

Tapi ada sertifikasi apa aja sih di industri digital marketing ini? Sebenarnya cukup banyak, tapi kita akan tampilkan beberapa diantaranya. Simak, ya!

1. Content Marketing

Content marketing adalah bentuk pemasaran yang berfokus pada perencanaan, pembuatan, dan mendistribusikan konten. Biasanya sertifikasi ini akan mengajarkan kamu untuk memahami penggunaan konten di setiap media dan menganalisis konten tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Kalau kamu tertarik dengan cara kerja mesin pencari seperti Google, maka SEO jadi sertifikasi yang cocok. Kamu akan memahami gimana caranya mengoptimalkan peringkat pencarian di search engine Google secara organik dan juga cara membuat konten artikel SEO-friendly.

3. Google Ads

Sertifikasi Google ads adalah akreditasi profesional dari Google untuk seseorang yang ingin mempelajari tentang aspek dasar iklan online. Jenisnya sendiri cukup banyak, ada penelusuran Google ads, display Google ads, video Google ads, dan masih banyak lagi. Kamu bisa pilih sertifikasinya sesuai dengan minat atau kebutuhanmu.

4. Meta Ads

Selain Google, kamu juga bisa belajar tentang cara beriklan di Meta atau yang dulu dikenal sebagai Facebook. Banyak yang bisa kamu pelajari di Meta ads, misalnya seperti cara memasang tracker dan strateginya, Facebook Pixel, sampai CAPI & commerce.

5. Social Media Marketing

Sertifikasi satu ini cocok banget buat kamu yang tertarik pada media sosial. Social media marketing akan mengajarkan kamu dasar-dasar penggunaan iklan media sosial, metrik-metrik yang ada, dan cara kerjanya. 

Nah, itulah beberapa jenis sertifikasi digital marketing yang mungkin sesuai dengan minat kamu. Kalau kamu bingung dimana cari tempat untuk belajar sekaligus dapetin sertifikasi digital marketing, daftar di Boleh Belajar aja!  

Bootcamp Boleh Belajar

Boleh Belajar adalah layanan edutech yang dibuat langsung oleh Boleh Dicoba Digital (BDD). Kita berkomitmen untuk membantu dan menyediakan jalur yang efektif bagi semua orang yang tertarik menjadi Digital Performance Marketer

Program atau produk dari Boleh Belajar sendiri sangat lengkap, mulai dari yang umum sampai spesifik. Seperti yang dikatakan Moch Dicky berikut ini: 

“Untuk digital marketing di Boleh Belajar itu ada beberapa produk, ya. Ada performance marketing, digital marketing secara general, ada juga SEO, dan SMM (Social Media Management). Materi-materi kita juga ngejelasin secara detail kearah konten juga untuk ngedukung prospek dari digital marketing itu sendiri. Jadi nggak cuma secara umum aja, secara khusus juga kita udah masuk ke bidang-bidang digital marketing.” Moch Dicky

Moch Dicky juga melanjutkan kalau program-program di Boleh Belajar ini banyak banget benefit-nya. Mulai dari sistem pembelajaran yang menampilkan real case, sampai bimbingan langsung dari instruktur berpengalaman di BDD.

“Keuntungannya adalah semua student di Boleh Belajar akan dihadapkan dengan real case yang ada di lapangan. Terus juga dari sisi instruktur yang udah berpengalaman lebih dari 5 tahun di digital marketing. Pastinya mereka bakal banyak sharing terkait case study yang udah pernah mereka dapetin di berbagai industri.” Moch Dicky

Di Boleh Belajar juga kamu bakalan dapet dua sertifikasi, yaitu sertifikat mengikuti dan sertifikat telah lulus. Menarik ‘kan Buddies? Nggak usah berlama-lama lagi, yuk langsung aja daftarkan diri kamu di Boleh Belajar!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×