Posted on 03 Jan 2024
Back to main article
Posted on 03 Jan 2024

Di era serba digital ini, banyak bisnis yang mulai berpindah dari marketing tradisional ke digital. Itu juga jadi salah satu faktor utama kenapa profesi digital marketer banyak dicari dan dibutuhkan di zaman sekarang. 

Tapi, sebenarnya digital marketer itu apa sih? Sederhananya, digital marketer adalah seseorang yang ruang lingkup kerjanya berkaitan dengan digital marketing. Digital marketing sendiri meliputi perencanaan, pembuatan, dan menjalankan strategi campaign marketing secara online.

Ada banyak platform atau channel marketing yang biasa digunakan oleh para digital marketer, seperti search engine, social media, website, email, display ads, dan blog. Mereka memanfaatkan berbagai platform itu untuk berbagai tujuan, termasuk meningkatkan sales dan brand awareness.

Kamu tertarik jadi seorang digital marketer? Simak dulu beberapa tugas dan tanggung jawab digital marketer yang udah kita siapin dibawah ini. 

Sebagai catatan, setiap digital marketer di perusahaan punya tanggung jawab yang berbeda-beda ya. Karena lingkup industri digital marketing cukup luas, jadi nggak menutup kemungkinan kalau suatu perusahaan cuma berfokus pada elemen digital marketing tertentu aja.

Tapi sebagai gambaran umumnya, ini beberapa job description digital marketer sehari-hari. Yuk, intip! 

1. Membuat plan campaign

Seorang digital marketer harus bisa merencanakan campaign yang sesuai dengan tren. Itulah kenapa digital marketer perlu melakukan riset dan punya wawasan yang luas agar campaign bisa direncanakan sekaligus dieksekusi dengan baik. Nggak cuma itu, digital marketer juga harus tau cara mengalokasikan budget ke channel marketing yang target audiensnya align dengan perusahaan.

2. Mengeksekusi campaign

Digital marketer juga bertugas dalam melakukan eksekusi campaign yang sudah di planning sebelumnya. Tugas satu ini cukup vital perannya karena akan jadi penentu apakah campaign yang direncanakan berhasil atau nggak. Makannya di poin ini seorang digital marketer harus memastikan channel marketing dan format konten yang dipilih sudah dianalisis dengan matang.

3. Melakukan audit dan optimasi campaign

Setelah eksekusi campaign, digital marketer mengaudit berbagai channel digital marketing yang dipilih untuk memastikan semua best practice sudah dilakukan. Jangan lupa untuk menganalisis performa campaign nya lewat metrik-metrik yang ada. Nggak cuma itu, optimasi konten juga perlu dilakukan oleh digital marketer agar bisa meningkatkan performa dan conversion.

4. Membuat report campaign

Tugas digital marketer terakhir yang juga nggak kalah penting adalah membuat laporan hasil dari campaign yang telah dijalankan. Report atau laporan ini sangat penting karena bisa dijadikan bahan evaluasi untuk campaign selanjutnya. Biasanya report campaign dibuat secara rutin dan dikirim kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti klien.

Nah, itu tadi gambaran umum beberapa tugas atau job description digital marketer sehari-hari yang mungkin belum kamu tau. Seperti yang sempat disampaikan di atas, seorang digital marketer banyak dicari dan dibutuhkan di era sekarang.

Itu nggak terlepas dari perannya yang cukup penting bagi sebuah perusahaan, khususnya untuk bisnis berbasis digital. Digital marketer dianggap bisa menunjang perkembangan bisnis lewat pencapaian Return of Investment (ROI) atau Return of Ads Spend (ROAS) yang tinggi lewat strategi-strategi jitu. 

Jadi nggak heran kalau banyak brand atau bisnis yang sekarang memilih bekerja sama dengan agensi digital marketing untuk membantu meng handle campaign mereka. Boleh Dicoba Digital (BDD) jadi salah satu agensi digital marketing yang banyak dipercaya oleh klien di berbagai industri untuk membantu segala permasalahan bisnis digital

BDD sendiri memang punya service digital ads yang bisa mengoptimasi ads performance dan memberikan solusi atas isu-isu campaign bisnis kamu. Belum lagi, tim digital ads BDD diisi oleh orang-orang yang udah certified dari masing-masing channel loh, jadi udah pasti terpercaya deh!

Sampai sekarang, lebih dari 400 klien udah jadi saksi kinerja efektif kita lewat service digital ads. Kamu mau buktiin sendiri? Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik Digital Ads BDD untuk dapetin info selengkapnya.

Related Article

18 Oct 2024

Cara Membuat MVP Cuma dengan 4 Step, Cek Di Sini!

Bingung caranya bikin produk yang sesuai sama kebutuhan audiens? Coba kembangin minimum viable product (MVP)! Cek cara ngembanginnya di sini!

Read More
18 Oct 2024

Bedah Cara Membuat Buyer Persona untuk Bisnis, Bisa Tebak?

Bingung mau bikin buyer persona tapi nggak tau mulainya dari mana? Tenang, kita udah siapin jawabannya di sini. Yuk, cek!

Read More
18 Oct 2024

Prediksi Digital Marketing 2025: AI and the Future Marketing

AI diprediksi bakal berkontribusi besar untuk digital marketing 2025. Apa aja implementasinya? Cek jawabannya di artikel ini!

Read More
Want to know more?

Want to know more?

Fill out this form below & consult with us!