Homepage 5 Min Essential TikTok Resmi Gabung Tokop...

TikTok Resmi Gabung Tokopedia, Segera Beroperasi di Indonesia?

06 Dec 2023

Kabar tentang kembalinya TikTok Shop ke Indonesia masih ramai diperbincangkan oleh publik sampai sekarang. Bahkan baru-baru ini muncul isu yang mengabarkan kalau platform asal China itu akan menggandeng e-commerce dalam negeri untuk beroperasi lagi di Indonesia. 

Nama yang santer terdengar adalah Tokopedia, salah satu unit bisnis milik PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO). Analis JP Morgan, Henry Wibowo, mengatakan ada peluang terjadinya kemitraan antara TikTok dengan Tokopedia. Ia berpendapat kalau persaingan antar pelaku industri e-commerce ini bisa berubah wujud menjadi kolaborasi saat keduanya ada kepentingan yang sama. 

Kabar kolaborasi antara TikTok Shop dengan Tokopedia ini juga disorot oleh beberapa media terpercaya, salah satunya Bloomberg. Menurut sumber Bloomberg, diskusi antara kedua perusahaan itu masih berlangsung sampai sekarang. 

Walaupun begitu, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak TikTok ataupun Tokopedia. Nantinya diperkirakan kalau keputusan-keputusan dari hasil diskusi keduanya akan membutuhkan persetujuan pihak lain, termasuk pemerintah Indonesia. 

Respon Pemerintah Terkait Isu Kolaborasi TikTok dengan Tokopedia

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menerima informasi kalau TikTok sudah menjalin komunikasi dengan tiga e-commerce Indonesia. Ketiga e-commerce itu antara lain Tokopedia, Bukalapak, dan e-commerce dibawah naungan CT Corp. 

Menanggapi kabar kolaborasi antara TikTok dengan Tokopedia, Teten Masduki mengaku nggak mempermasalahkan. Menurutnya, pemerintah nggak perlu ikut campur pada isu tersebut karena Tokopedia sudah IPO yang otomatis menjadi perusahaan publik. 

“Itu sih nggak masalah, karena misalnya apakah Tokopedia atau Bukalapak, saya nggak tau yang mana. Karena dua-duanya sudah IPO, mereka kan membeli saham di pasar modal, jadi pemerintah nggak perlu ikut campur di sini karena itu perusahaan publik” Teten Masduki, dikutip dari CNBC Indonesia. 

Selaras dengan pernyataan Menkop UKM, Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan (Mendag) menilai nggak ada masalah kalau kedua perusahaan itu merger. Menurutnya, selama TikTok mematuhi aturan yang berlaku, maka mereka berhak menjalankan bisnis di Indonesia. 

“Yang penting diatur, kita sudah atur di Permendag 31/2023. Ikuti itu saja. Kita kan nggak anti, nggak larang, yang nggak bener kita tata, agar bermanfaat untuk UMKM dan industri dalam negeri serta memperluas pasar ke luar negeri,” Zulkifli Hasan, dikutip dari Kompas TV.

ByteDance Sepakat Bekerjasama dengan GoTo

Per Selasa, 5 Desember kemarin, ByteDance selaku induk perusahaan TikTok dikabarkan sudah menyepakati kerjasama dengan GoTo untuk membuka layanan e-commerce di Indonesia. Kabar itu disampaikan langsung oleh media internasional ternama, Bloomberg News, pada hari ini. 

Walaupun begitu, kedua perusahaan tersebut belum mengumumkan rincian dari kerjasamanya. Dilansir dari sumber yang sama, kedua belah pihak akan memaparkan detail rinciannya pada minggu depan. Saat ini keduanya masih sekedar mencapai kesepakatan informal dan rincian akhir dari kerjasama tersebut sedang dalam tahap pembahasan. 

Investasi ByteDance ke Tokopedia ini menjadi bukti kalau pasar e-commerce di Indonesia sangat penting bagi TikTok Shop. Sebelum ditutup pada 4 Oktober lalu, TikTok Shop adalah salah satu dari enam marketplace terbesar di tanah air, berdasarkan nilai GMV (Gross Merchandise Value) tahun 2022.

BDD Bulletin & Service

Walaupun resmi ditutup pada bulan Oktober kemarin, tapi ternyata campaign upper funnel di TikTok tetap tumbuh loh. Bahkan kenaikan spent tertinggi justru ada di bulan Oktober atau bulan di mana TikTok Shop berhenti beroperasi. 

Kamu bisa lihat data lengkapnya di buletin edisi terbaru kita, Tren Mega Sale: Penting atau Pening? Analisa Boleh Dicoba Digital Jelang Periode Belanja Terbesar Tahun Ini.

Dengan kembalinya TikTok Shop, kamu juga bisa pakai jasa kita untuk pembuatan konten atau live streaming, Buddies! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya content creator khusus yang bisa bantu kamu mengembankan bisnis lewat platform TikTok. 

Tertarik? Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik TikTok Creator BDD untuk dapetin info selengkapnya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×