Untuk memunculkan aplikasimu agar bertengger di toko aplikasi paling pertama, ilmu ASO sangat dibutuhkan. Apa itu ASO? Yuk simak artikel ini.
Posted on 24 Jul 2024
Back to main article
Posted on 24 Jul 2024

Tahukah kamu ASO adalah strategi digital marketing untuk optimasi aplikasimu supaya mendapat peringkat tertinggi di toko aplikasi. Yuk simak caranya disini.

Di Indonesia istilah ASO belum begitu populer dibanding dengan SEO. Justru bagaikan saudara kandung, di dalam dunia digital marketing ASO pun juga nggak kalah pentingnya dengan SEO. Jika kita mengenal Search Engine Optimization (SEO) untuk mengoptimasi website agar meraih posisi di Search Engine Ranking Page (SERP). Sedangkan fungsi ASO adalah usaha mengoptimasi aplikasi untuk tampil di ranking toko aplikasi di smartphonemu. 

Apa itu ASO?

ASO adalah singkatan dari App Store Optimization (Optimalisasi App Store). Proses ini meningkatkan visibilitas dan daya tarik toko aplikasi smartphonemu seperti di Google Play Store dan Apple App Store.

Tujuan utama ASO adalah agar lebih banyak orang mengunduh secara organik untuk aplikasi kamu. Dengan kata lain, kalau kamu ingin orang yang mencari aplikasi dengan fungsi atau kategori serupa, orang-orang akan menemukan aplikasi dengan mudah dan tentunya cenderung mengunduh aplikasi brand kamu.  

Diantara jutaan aplikasi dengan kategori yang serupa, tentu persaingan aplikasi kamu sangat ketat. Oleh karena itu, penting bagi brand kamu untuk menemukan strategi yang paling memberikan manfaat agar aplikasi brand kamu paling menonjol.

Manfaat ASO

Menurut Search Engine Journal ada beberapa manfaat ASO untuk keberlangsungan brandmu:

1. Meningkatkan unduhan aplikasi

2. Meningkatkan exposure brand

3. Memperbanyak ulasan positif

4. Memperbanyak engagement audience

5. Menambah diversifikasi channel marketing

Dengan ASO yang efektif, kamu dapat meningkatkan peringkat aplikasi kamu dalam hasil pencarian dan menjadikannya lebih mudah ditemukan oleh pengguna potensial. Berikut tips untuk membuat ASO yang efektif:

Tips Membuat ASO yang Efektif

1. Kata Kunci

Kamu harus menggunakan kata kunci yang relevan dalam judul aplikasi, deskripsi, dan metadata lainnya.

2. Ikon dan Screenshot: 

Penting bagi brand untuk memiliki ikon dan screenshot yang menarik dan informatif.

3. Peringkat dan Ulasan: 

Jika aplikasi semakin mudah ditemukan akan mendapatkan peringkat dan ulasan positif dari pengguna.

4. Engagement Pengguna: 

Brand harus memastikan pengguna tetap terlibat dengan aplikasi setelah mereka mengunduhnya. Setiap ada kritik dan saran terhadap aplikasi, jangan abaikan tapi berikan balasan dengan feedback yang positif kepada mereka.

Dengan berfokus pada faktor-faktor ini dan praktik ASO lainnya, kamu dapat meningkatkan peluang aplikasi kamu untuk sukses di aplikasi playstore/app store.

ASO menjadi salah satu bagian optimasi digital marketing untuk brandmu yang baru saja ingin memulai ekspansi untuk membuat aplikasi atau pun yang sudah mempunyai aplikasi.

Selain itu, brand kamu mungkin kesulitan untuk mengembangkan strategi channel digital marketing yang paling cocok untuk brandmu. 

Nah, jangan khawatir Boleh Belajar Digital (BDD) sebagai digital marketing agency bisa membantu brandmu melangkah lebih jauh dengan strategi marketing yang sukses melalui Growth Hack. Growth Hack adalah program 6 bulan racikan tim BDD untuk merancang strategi digital marketing dari hulu ke hilir untuk menaikkan level brand kamu.

Dari bulan pertama hingga bulan terakhir, BDD akan menemani perkembangan brandmu mulai dari mencari customer hingga membuat campaign yang efektif untuk mendatangkan sales. Coba konsultasi dengan instruktur kami disini ya, GRATIS!

Related Article

05 Sep 2024

Ingin Postingan di Instagram Nendang? Yuk, Pahami Strategi Untuk Meningkatkan Impresi Instagrammu!

Read More
05 Sep 2024

Tren Korean Wave Makin Populer di Indonesia! Apa Sih Dampaknya?

Read More
03 Sep 2024

Gali Potensi Brand dengan Memanfaatkan Authenticity dari User-Generated Content (UGC)

Bingung mau buat campaign UGC tapi nggak tau mulai dari mana? Cek artikel ini buat dapetin best practices-nya, Buddies!

Read More
Want to know more?

Want to know more?

Fill out this form below & consult with us!