Homepage 5 Min Essential Ternyata Gini! Intip 5 Ca...

Ternyata Gini! Intip 5 Cara Menentukan Niche Market yang Ideal

22 Apr 2024

Pernah denger niche market? Niche market adalah segmen pasar yang lebih kecil dan tertarget berdasarkan karakteristik unik dari audiens. Di era sekarang, hampir semua bisnis perlu punya niche market untuk mendapatkan keuntungan yang lebih optimal. 

Nggak berlebihan kalau menentukan niche market yang tepat bisa berpengaruh besar dalam perkembangan bisnis. Dengan niche market, bisnis bisa menciptakan produk dan layanan yang lebih relevan, membangun hubungan baik dengan konsumen, dan unggul dari kompetitor. 

Terus gimana caranya menentukan niche market yang ideal untuk bisnis? Tenang, di artikel ini kita udah siapin beberapa tips cara menentukan niche market yang tepat untuk diimplementasikan di bisnis kamu Buddies. Simak, ya!

1. Tentukan minat

Tips pertama dalam menentukan niche market adalah memahami minat, hobi, atau keahlian yang kamu miliki. Menurut riset, seorang business owners nggak akan bersemangat menjalankan bisnisnya kalau dia nggak melakukan yang disukai. Jadi mulai cari tau apa yang jadi minat kamu dan coba untuk berkomitmen menggelutinya. 

2. Identifikasi masalah dan preferensi konsumen

Selalu ingat kalau bisnis bisa berjalan lancar kalau menyediakan solusi untuk konsumen. Jadi penting untuk mengidentifikasi masalah dan preferensi mereka agar kamu bisa menciptakan produk yang relevan Buddies. Luangkan waktu untuk melakukan riset secara mendalam demi mendapat informasi yang lengkap.

3. Lakukan riset kompetitor

Nggak cuma untuk konsumen atau audiens, riset juga diperlukan untuk kompetitor bisnis kamu. Ini nggak kalah penting karena dengan memahami kekuatan dan kelemahan kompetitor, kamu bisa mengisi celah untuk unggul dibanding mereka. 

4. Persempit target audiens

Selanjutnya coba untuk menyempitkan target audiens bisnis kamu. Fokus pada segmen pasar dengan karakteristik yang sesuai dengan minat dan solusi yang bisa kamu tawarkan. Target audiens yang lebih spesifik akan membantu kamu merancang strategi marketing dengan lebih relevan dan efektif. 

5. Uji produk atau layanan

Langkah terakhir yang nggak juga kalah penting adalah uji produk atau layanan kamu ke target audiens. Lakukan uji coba atau survei untuk mendapatkan feedback dari calon konsumen. Gunakan feedback tersebut sebagai bahan evaluasi dan untuk memastikan produk atau layanan yang dibuat bisa memenuhi kebutuhan konsumen. 

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang niche market dan beberapa tips cara menentukannya. Menentukan niche market yang tepat adalah langkah penting dalam pengembangan bisnis yang sukses loh Buddies. 

Jadi, jangan ragu untuk implementasikan tips diatas dan manfaatkan sumber daya yang tersedia demi menentukan niche market yang ideal untuk bisnis kamu.  Setelah itu, pastikan kamu bisa merancang strategi marketing yang efektif untuk target audiens. 

Kalau kamu masih bingung dan butuh bantuan dalam membuat strategi marketing yang jitu, konsultasiin sama kita aja! Sebagai digital marketing agency, Boleh Dicoba Digital (BDD) siap bantu mengatasi segala permasalahan bisnis kamu.

BDD sendiri punya berbagai services yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari Digital Ads, Performance Creative, SEO, Growth Hack, Web Development, Community Development, sampai Corporate Training

Lewat berbagai services ini, kita udah dipercaya sama lebih dari 850 brand di berbagai industri loh. Kamu kapan nih percayain bisnis kepada kita? Yuk, nggak perlu ragu lagi, langsung aja hubungi kita atau kunjungi website BDD untuk dapetin info selengkapnya. 

Baca juga: Pengen Bisnis Kamu Lebih Untung? Pahami Dulu Niche Market!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×