Homepage 5 Min Essential Peran User Generated Cont...

Peran User Generated Content (UGC) dalam Bisnis, Apa Aja Manfaatnya?

25 Apr 2024

Kamu pernah nggak sih melihat seseorang yang mereview suatu produk yang dibelinya di media sosial mereka? Nah, konten review itu dinamakan user generated content (UGC) Buddies!

User generated content adalah salah satu bentuk content marketing berupa teks, video, foto, atau review yang dibuat oleh konsumen atau followers. Jenis konten satu ini sekarang lagi populer loh dan bahkan banyak dimanfaatkan oleh brand owners sebagai salah satu strategi marketing mereka. 

Hampir semua brand di era sekarang menggunakan strategi user generated content untuk menarik minat audiens. Ini nggak terlepas dari potensi besar UGC yang bisa mempengaruhi brand awareness, membangun loyalitas konsumen, dan meningkatkan kredibilitas brand

Selain itu, UGC juga masih punya banyak manfaat lainnya loh untuk bisnis. Apa aja? Cek artikel ini sampai selesai ya!

1. Authenticity

Di era ini, brand dituntut untuk menciptakan konten yang otentik. Dan nggak ada konten yang lebih otentik selain UGC dari konsumen kamu, Buddies. Bahkan menurut riset, 86% konsumen cenderung lebih mempercayai brand yang punya UGC dibanding konten promosi dari influencer. Dilihat dari data itu, penting untuk brand mempunyai UGC demi memperlihatkan konten otentik mereka.

2. Brand Loyalty

Mengundang audiens atau konsumen untuk berkontribusi dalam pembuatan konten akan menciptakan rasa kepemilikan yang kuat di antara mereka. Saat audiens bisa berpartisipasi dalam menciptakan konten, mereka cenderung merasa lebih terikat dan setia dengan brand kamu, Buddies. Nantinya hubungan yang tercipta itu bakal mendorong lebih banyak brand loyalty

3. Social Proof

Social proof adalah fenomena psikologis yang membuat seseorang tertarik untuk melakukan apa yang disukai orang lain. Karena brand harus punya cara untuk bisa dipercaya oleh audiens, maka UGC jadi social proof yang paling ideal. Saat audiens melihat konsumen senang dengan produk kamu, otomatis mereka akan mempertimbangkan dan mencobanya sendiri.

4. Cost-effectiveness

Menerapkan UGC hampir nggak mengeluarkan biaya sepeserpun. Bandingkan dengan rata-rata biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan influencer dalam mempromosikan produk kamu. Untuk brand yang baru berkembang, UGC jadi solusi yang ideal dan cost-effective dibanding berinvestasi di brand awareness campaign.

Nah itulah tadi penjelasan tentang user generated content (UGC) dan beberapa manfaatnya untuk brand. Dilihat dari manfaatnya tadi, ternyata UGC cukup penting ya untuk diterapkan dalam bisnis. 

Dengan memanfaatkan UGC secara tepat, brand nggak cuma bisa memperkuat hubungan dengan konsumen, tapi juga menunjang kesuksesan bisnis jangka panjang. Jadi, UGC penting untuk diintegrasikan ke dalam strategi marketing kamu ya, Buddies. 

Pastikan UGC dikombinasikan dengan strategi marketing kamu yang lain untuk dapetin hasil lebih maksimal. Kalau kamu masih bingung dan butuh bantuan, hubungi kita aja!

Sebagai digital marketing agency, Boleh Dicoba Digital (BDD) menyediakan jasa konsultasi untuk segala kebutuhan bisnismu, termasuk kebutuhan strategi marketing. Nggak cuma itu, BDD juga bahkan punya banyak services yang bisa kamu pilih dan gunakan sesuai isu di bisnis kamu.

Mulai dari Digital Advertising, Web Development, SEO, Growth Hack, Corporate Training, Creative Content Development, sampai Community Development.

BDD diisi oleh para profesional dan industry expert yang sudah lama berkecimpung di industri digital marketing. Jadi, Buddies nggak perlu ragu untuk pake jasa kita. Yuk, langsung aja serahin permasalahan bisnismu ke BDD!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×