Homepage 5 Min Essential 3 Fase dan Strategi Mega ...

3 Fase dan Strategi Mega Sale Campaign di TikTok, Apa Aja Ya?

25 Oct 2023

TikTok jadi salah satu platform yang banyak dimanfaatkan untuk Mega Sale Campaign. Dengan pertumbuhan TikTok yang sangat pesat, aplikasi berbasis video pendek ini sering digunakan untuk pembuatan content marketing yang bisa mendorong penjualan. 

Bahkan 70% konsumen mempercayai konten TikTok untuk menentukan keputusan pembelian mereka. Jadi, peran platform TikTok ini cukup besar dalam menyukseskan Mega Sale yang akan hadir dalam hitungan hari. 

TikTok sendiri punya Mega Sales playbook yang berisi strategi dan fase menuju festival belanja terbesar ini. Sederhananya, di periode Mega Sale ini ada 3 fase yang penting banget diperhatikan agar campaign kamu sukses. Fase-fase itu terbagi dari fase A (7-14 hari sebelum Mega Sale), fase B (7 hari sebelum Mega Sale sampai D-Day), fase C (1-3 hari setelah Mega Sale). 

Nah, di artikel ini kita akan coba bedah berbagai fase itu beserta strategi-strategi yang bisa kamu lakukan. Simak, ya!

Phase A: Sale Announcement & Teaser Sales

Biasanya di fase ini, orang-orang cenderung suka berbelanja dan membuat koneksi dengan konten yang mereka lihat di TikTok. Jadi, maksimalkan kesempatan ini lewat produksi konten-konten kreatif yang bisa meningkatkan Return of Investment (ROI). Ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat akan membuat konten, diantaranya adalah:

  • Untuk mendapatkan impression: Video harus selalu diatas 10 detik.
  • Untuk pengalaman optimal dalam menonton: Resolusi video nggak boleh dibawah 720p. 
  • Untuk mendorong engagement: Video harus selalu full screen.
  • Untuk mendapat attention: Video harus terdapat audio. 

Phase B: Countdown & Mega Sale Days

Di fase B, audiens sudah mulai bersiap untuk check out dan membeli barang-barang yang diinginkannya. Ini sekaligus jadi momentum bagi brand untuk mendorong sales mencapai puncaknya di Mega Sale Days. Pastikan di campaign kamu terdapat Call to Action (CTA) yang jelas karena menurut data, clear CTA bisa meningkatkan konversi sebesar 152%. Nggak cuma itu, video dengan durasi antara 21-34 detik juga menunjukkan 280% peningkatan dalam konversi.

Phase C: Encore Sale

Fase C sekaligus fase terakhir menjadi momen untuk melakukan promosi dan penawaran lebih lanjut setelah hari puncak Mega Sale selesai. Coba untuk convert audiens yang sudah punya barang di cart nya, tapi belum menyelesaikan pembayaran. Gunakan hashtags yang relevan di konten-konten kamu, seperti #TryOnHaul (7.5B views), #BehindTheScenes (67.9B), #TikTokMadeMeBuyIt (63.8B). 

Nah itulah beberapa fase di periode Mega Sale yang harus diperhatikan saat akan melakukan campaign di TikTok. Kamu sendiri udah siapin strategi untuk menyambut Mega Sale belum? 

Buletin Terbaru dari BDD

Kalau kamu masih bingung gimana strategi yang pas untuk menyambut Mega Sale, tenang aja. Boleh Dicoba Digital (BDD) akan bantu kamu menyiapkan semua keperluannya lewat buletin terbaru kita yang bakal launching dalam waktu dekat. 

Di dalam buletin BDD terbaru nya nanti, kita mengumpulkan informasi beserta dengan rekomendasi dan case study yang diharapkan bisa memberikan insights serta knowledge tentang Mega Sale, khususnya bagi bisnis kamu, Buddies!

Penasaran? Pastikan kamu ikutin terus update dari kita untuk dapetin info lengkap tentang buletin yang akan segera hadir. Sambil nunggu, kamu juga bisa loh akses buletin-buletin kita yang lain. Yuk, tunggu apalagi, langsung klik BDD Bulletin untuk download report-nya! 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×