Homepage 5 Min Essential 5 Tips Jitu Penerapan Str...

5 Tips Jitu Penerapan Strategi Omnichannel, Dijamin Efektif!

12 Apr 2024

Untuk kamu yang udah berkecimpung di industri digital marketing, pasti nggak asing dong dengan istilah omnichannel? Omnichannel sekarang ini jadi strategi yang harus diimplementasikan oleh semua brand.

Tapi sebenarnya apa sih omnichannel itu? Secara definisi, omnichannel adalah pendekatan brand untuk memberikan pengalaman positif kepada konsumen dengan cara memberikan akses produk dan layanan mereka di semua channel atau platform (online dan offline).

Dengan omnichannel marketing, brand bisa menjangkau audiens mereka lewat cara yang efektif dan efisien. Selain itu, omnichannel marketing juga menciptakan seamless experience untuk audiens yang nantinya akan menuntun ke meningkatnya konversi.

Nah dilihat dari manfaatnya, kamu harus udah mulai pertimbangin strategi omnichannel marketing nih Buddies! Bingung gimana langkah-langkah membuat strategi omnichannel yang efektif? Tenang, udah kita siapin jawabannya dibawah. Simak, ya!

1. Buat platform media sosial dan website

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membangun strategi omnichannel marketing adalah dengan memiliki visibilitas yang kuat di berbagai platform, nggak terkecuali media sosial dan website. Pilih platform yang paling sesuai dengan audiens dan tujuan bisnis kamu, lalu pastikan konten dan desainnya konsisten di semua channel.

2. Buat customer journey yang mulus

Customer journey bisa dibilang jadi kunci sukses dalam strategi omnichannel marketing. Jadi, pastikan konsumen bisa berpindah dari satu channel ke channel lainnya dengan lancar tanpa ada hambatan atau kebingungan.

3. Gunakan message yang sama di semua channel

Message dan story brand kamu juga harus konsisten di setiap channel dan platform. Ini penting karena akan membantu membangun identitas brand yang kuat dan menghindari kebingungan di antara konsumen. Brand value wajib terlihat jelas di setiap message yang disampaikan, baik itu melalui media sosial, website, atau iklan.

4. Buat CTA menarik

Call-to-action (CTA) yang menarik berperan krusial untuk mengarahkan konsumen ke tindakan yang diinginkan. Pastikan kalau CTA yang kamu buat relevan dengan konten yang dibagikan dan memantik emosi konsumen. Selain itu, CTA juga perlu dibuat konsisten di semua channel agar konsumen nggak bingung terkait langkah yang harus mereka ambil selanjutnya.

5. Buat aplikasi kalau dibutuhkan

Kalau memungkinkan, pertimbangkan untuk membuat aplikasi yang bisa meningkatkan pengalaman konsumen dan memudahkan interaksi mereka dengan brand kamu Buddies. Aplikasi biasanya punya fitur tambahan seperti notifikasi langsung, penawaran khusus, atau program loyalitas yang bisa menarik perhatian konsumen dan memperkuat hubungan mereka dengan brand kamu.

Nah itulah tadi penjelasan tentang omnichannel dan beberapa strategi yang bisa kamu aplikasikan. Sebagai catatan, strategi omnichannel marketing harus berfokus pada pengalaman konsumen dan membangun hubungan yang kuat.

Dengan begitu, kamu akan punya hubungan berkelanjutan yang secara nggak langsung mengubah prospek menjadi konsumen. Agar menambah efektivitas, pastikan juga strategi omnichannel marketing ini dikombinasikan dengan strategi marketing lainnya ya Buddies.

Kalau kamu masih bingung dan butuh bantuan dalam membuat strategi marketing yang jitu, konsultasiin sama kita aja! Sebagai digital marketing agency, Boleh Dicoba Digital (BDD) siap bantu mengatasi segala permasalahan bisnis kamu.

BDD sendiri punya berbagai services yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari Digital Ads, Performance Creative, SEO, Growth Hack, Web Development, Community Development, sampai Corporate Training

Lewat berbagai services ini, kita udah dipercaya sama lebih dari 850 brand di berbagai industri loh. Kamu kapan nih percayain bisnis kepada kita? Yuk, nggak perlu ragu lagi, langsung aja hubungi kita atau kunjungi website BDD untuk dapetin info selengkapnya.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×