Homepage 5 Min Essential Android Ganti Logo Jadi F...

Android Ganti Logo Jadi Format 3D, Lebih Fresh dan Modern!

28 Sep 2023

Belum lama ini, Google resmi memperkenalkan logo baru Android yang sekarang terlihat lebih hidup dengan tampilan 3D. Perubahan juga nggak cuma datang dari sisi logo, tapi juga pada tulisan Android. Sekarang, Android ditulis dengan huruf ‘A’ kapital, berbeda dengan versi sebelumnya yang menggunakan huruf ‘a’ kecil.

Dikutip dari situs resmi Google, pembaruan ini diharapkan bisa mengkomunikasikan hubungan antara perangkat Android dan aplikasi Google dengan lebih baik. Lebih lanjut, Google juga memaparkan kalau pembaruan robot Android ini mencerminkan keceriaan yang diharapkan orang-orang dari Android. 

Logo Android yang dikenal sebagai Bugdroid, kini muncul dengan lebih banyak dimensi dan karakter. Ini bisa dilihat dari GIF yang menunjukkan Bugdroid dengan berbagai perubahan warna, seperti kuning, biru, hijau, pelangi, berbulu, bertanduk, dan masih banyak lagi.

Pembaruan logo dan tulisan dari Android ini ternyata dibarengi dengan perilisan Android 14. Versi terbaru dari Android ini menghadirkan beberapa perubahan dan juga penambahan fitur menarik yang bisa meningkatkan kualitas layanan. 

Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel ini sampai beres ya!

1. Peningkatan Keamanan

Di versi terbarunya ini, Android meningkatkan keamanan sistem untuk kenyamanan pengguna nya. Android 14 nggak akan mengizinkan pengguna untuk menginstal aplikasi lama dari Android 5.1. Bukan cuma itu, Android juga menambahkan sistem autentikasi dengan biometrik di beberapa aplikasi untuk menggantikan password  atau PIN. 

2. Membatasi Akses Foto dan Video

Kabar baik untuk kamu yang kurang nyaman saat foto dan video kamu diakses oleh beberapa aplikasi. Android 14 punya fitur baru yang bisa membatasi akses foto dan video tertentu untuk ditampilkan. Sekilas, fitur ini mirip dengan fitur yang diperkenalkan oleh Apple di iOS 14.

3. Font Lebih Besar

Android 14 juga menyediakan font yang lebih besar dibanding versi sebelumnya. Di Android 13, maksimal pembesaran font dibatasi hanya sampai 130%. Tapi di Android 14, pengguna bisa memperbesar font sampai dengan 200%. Ini bisa membuat teks lebih mudah dibaca oleh teman-teman yang punya gangguan penglihatan.

4. App Kloning

App Kloning atau kloning aplikasi adalah fitur yang memungkinkan penggunanya bisa menggunakan dua aplikasi yang sama secara bersamaan. Sebenarnya cara ini bisa dilakukan lewat tambahan aplikasi tertentu. Tapi sekarang ini menjadi fitur bawaan dari Android yang dilakukan di Settings atau Pengaturan. 

Itulah beberapa fitur terbaru dari Android 14 yang mungkin belum kamu tahu. Sebagai catatan, masih ada berbagai fitur lainnya yang diluncurkan oleh Android untuk meningkatkan pengalaman kepada penggunanya. 

Sebagai salah satu sistem operasi terbesar di dunia, Android selalu mengikuti visinya untuk terus tumbuh dan berkembang. Selama satu dekade terakhir, brand Android sudah mengalami beberapa pembaruan untuk modernisasi tampilan sesuai kebutuhan komunitasnya. 

Misalnya, perubahan konvensi penamaan untuk perilisan Android yang awalnya ada penambahan kata (Android Lollipop) menjadi lebih sederhana seperti sekarang (Android 14). Ini ditujukkan untuk membuat perilisan dari Android selanjutnya lebih mudah dipahami oleh publik global. 

Android 14 ini jadi update terbaru yang dinilai dari evaluasi perubahan kebutuhan pengguna. Nah, kalau menurut Buddies sendiri gimana nih tanggapannya tentang pembaruan dari Android ini? Apakah sudah cukup menjawab kebutuhan pengguna atau masih ada yang harus diperbarui lagi?

Share pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×