Homepage 5 Min Essential Belum Terlambat! Intip St...

Belum Terlambat! Intip Strategi Digital untuk Sambut Euforia Hari Raya

05 Apr 2024

Hari raya Idulfitri atau biasa disebut lebaran jadi salah satu momen perayaan paling besar bagi umat Muslim di seluruh dunia, nggak terkecuali Indonesia. Lebaran menandakan berakhirnya serangkaian ibadah puasa selama satu bulan penuh. 

Momen ini juga sekaligus menjadi sinyal bagi para business owners dan marketers untuk memaksimalkan consumer behavior yang berubah. Di penghujung bulan Ramadan, konsumen cenderung lebih banyak berbelanja dan meningkatkan spending mereka loh, Buddies. 

Berdasarkan studi, ada pola peningkatan berbelanja yang cukup signifikan selama periode ini; 40,6% pada Ramadan & 76,3% pada Idul Fitri.

Nah, itulah kenapa brand-brand di luar sana perlu melek dengan digital marketing trends agar bisa meningkatkan penjualan di penghujung Ramadan. Di periode ini, brand dituntut untuk lebih kreatif dalam mempromosikan produk dan layanannya lewat marketing campaigns yang on point

Bingung gimana atur strategi digital marketing yang efektif untuk diimplementasikan pada momen menjelang Idulfitri? Jangan khawatir! Di artikel ini kita udah siapin 5 strategi jitu yang bisa kamu coba. Take notes, Buddies!

1. Manfaatkan The Power of Social Media

Social media platform berperan cukup krusial dalam digital marketing campaign pada momen Idulfitri. Gimana nggak, social media sekarang udah jadi tempat bagi audiens untuk berbagi momen perayaan mereka, sekaligus media untuk mencari produk incarannya. 

Dengan basis audiens yang besar, platform-platform social media seperti Facebook, Instagram, dan TikTok memungkinkan brand kamu untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas. Coba untuk buat shareable content dan manfaatkan hashtag yang populer demi menggaet perhatian target audiens. Jangan lupa juga gunakan fitur advertising (ads) untuk lebih memaksimalkan keuntungan campaign kamu, Buddies!

2. Fokus di Mobile-First Strategies

Penting untuk dipahami kalau di era sekarang konsumen lebih banyak mengakses internet lewat mobile device atau smartphone. Apalagi di momen lebaran nggak banyak orang yang ingin membuka laptop cuma untuk mencari informasi. 

Indonesia sendiri tercatat punya tingkat mobile connectivity sebesar 127%, di mana 99% pengguna internetnya mengakses website melalui smartphone. Angka yang lumayan besar ya, Buddies? Nah ini bisa jadi peluang emas bagi marketer untuk memprioritaskan mobile-first strategy seperti mobile advertising atau membuat aplikasi kalau memungkinkan. 

3. Optimasi SEO dengan Keyword Bertema Lebaran

Strategi Search Engine Optimization (SEO) juga penting untuk diadaptasi selama periode Idul Fitri untuk memastikan bisnis kamu masih relevan, Buddies! Dengan strategi ini, bisnis kamu berkesempatan dapetin visibilitas yang besar di search engine atau mesin pencari. 

Agar lebih maksimal, manfaatkan keyword bertema Ramadan atau Idul Fitri di website dan ad campaigns kamu. Ada banyak keyword yang populer, seperti “Ide hampers lebaran”, “Promosi idulfitri”, atau “Ramadan sales”. Dengan keyword relevan dan populer ini, website bisnis kamu bakal dapetin ranking yang tinggi di search engine, sehingga mendorong lebih banyak organic traffic dan conversion di periode menjelang lebaran. 

4. Berikan Special Offer

Siapa sih yang nggak suka diskon? Hampir semua konsumen masih tergiur dengan special offer yang diberikan oleh brand loh, Buddies. Apalagi di momen menuju lebaran ini biasanya mereka lagi mencari hadiah untuk kerabat atau sekadar untuk memenuhi keinginan mereka sendiri. 

Jadi, menawarkan diskon menjelang Idul Fitri masih akan sangat efektif untuk boost penjualan dan customer engagement. Ada beberapa strategi yang bisa kamu manfaatkan, seperti limited-time discount, gratis ongkir, bundle deals, free gift untuk minimal pembelanjaan tertentu, dan masih banyak lagi.

5. Kolaborasi dengan Influencer

Berkolaborasi dengan influencer sekarang jadi strategi marketing yang banyak digunakan. Bukan tanpa alasan, pasalnya influencer punya jangkauan luas dan pengaruh yang besar di kalangan masyarakat. Belum lagi kredibilitas mereka yang membuat pengikutnya semakin percaya dengan aktivasi yang dilakukan. 

Jadi, kamu juga harus mulai mempertimbangkan kerjasama dengan influencer untuk memperkuat marketing message kepada target audiens kamu nih Buddies. Tapi perlu diingat, menggunakan strategi influencer marketing ini nggak bisa dilakukan secara asal ya. Kamu tetap harus selektif dalam memilih influencer, pastikan mereka sesuai dengan branding-an dan niche bisnis kamu agar kontennya tepat sasaran. 

Nah itulah beberapa strategi digital marketing dalam menyambut periode Idulfitri yang bisa kamu coba. Dengan perencanaan dan eksekusi yang tepat, strategi-strategi di atas bisa membawa keuntungan untuk bisnis kamu loh Buddies!

Pilih Digital Marketing Agency yang Tepat untuk Bisnismu!

Kalau kamu masih ragu dan butuh bantuan untuk mengeksekusi strategi digital marketing yang tepat di momen lebaran, konsultasiin aja ke kita! Sebagai digital marketing agency, Boleh Dicoba Digital (BDD) menyediakan layanan konsultasi untuk mengatasi segala isu di bisnis kamu. 

Nggak cuma itu, BDD juga bahkan menawarkan banyak services yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti:

Digital Ads, Creative Content Development, Search Engine Optimization (SEO), Growth Hack, Website Development, Community Development, dan Corporate Training

Lewat berbagai servis di atas, BDD udah bekerja sama dengan lebih dari 850 brand di berbagai industri, loh! Ratusan brand udah jadi saksi dari komitmen kita dalam mengembangkan bisnis mereka lewat strategi digital yang terukur. Mereka aja udah percayain kita, kamu kapan nih Buddies? Yuk, langsung aja hubungi BDD dan mulai konsultasiin permasalahan dan kebutuhan kamu!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×