Homepage 5 Min Essential Cara Memperingati Kesehat...

Cara Memperingati Kesehatan Mental Sedunia, Bisa Tebak?

17 Oct 2023

Beberapa tahun terakhir, isu terhadap kesehatan mental semakin banyak dibicarakan. Menurut statistik, satu dari lima orang setidaknya pernah mengalami masalah kesehatan mental di suatu momen dalam hidup mereka. 

60% diantaranya adalah mahasiswa dan masalah kesehatan mental yang dialami biasanya depresi & kecemasan. Melihat situasi yang cukup mengkhawatirkan ini, perlu ada tindakan skala global untuk menyelesaikannya.

Oleh karena itu, lembaga kesehatan dunia atau World Federation of Mental Health (WFMH) membentuk Hari Kesehatan Mental Sedunia (World Mental Health Day) pada 10 Oktober 1992 lalu. Sejak saat itu, World Mental Health Day diperingati secara rutin tiap tahunnya sampai sekarang. 

Dikutip dari pernyataan World Health Organization (WHO), tujuan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia ini untuk meningkatkan kesadaran mengenai masalah kesehatan mental di seluruh dunia dan untuk memobilisasi upaya mendukung kesehatan mental. 

Di tahun 2023 sendiri, World Mental Health Day diperingati dengan tema Celebrating the Power of Community Kindness. Tapi gimana nih cara memperingatinya? Nah, di artikel ini kita akan bagikan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mendukung Hari Kesehatan Mental Sedunia. Simak, ya! 

1. Menghadiri event

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk mendukung Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah dengan menghadiri event. Coba cek komunitas-komunitas di sekitar kamu yang mengadakan event untuk support World Mental Health Day. Event-event itu bisa berupa gerak jalan, jogging, workshop dan lainnya.

2. Jadi volunteer event

Nggak cuma menghadiri, kamu juga bisa loh ikut berpartisipasi jadi volunteer di suatu event. Biasanya komunitas yang menyelenggarakan event ini butuh tambahan tenaga dan sering membuka kesempatan volunteer. Ini bisa dijadikan kesempatan untuk kamu yang ingin ikut andil dalam memperingati World Mental Health Day.

3. Donasi ke organisasi mental health

Aktivitas lain yang juga bisa dilakukan adalah melakukan donasi ke organisasi mental health. Donasi kamu bisa berguna banget untuk berbagai keperluan, seperti mendanai penelitian, menyediakan sumber daya, dan mendukung mereka yang sedang berjuang dengan masalah kesehatan mental.

4. Belajar tentang mental health

Cara paling simple tapi juga penting untuk memperingati World Mental Health Day adalah dengan belajar tentang kesehatan mental. Kamu bisa melakukan ini lewat berbagai cara, mulai dari baca buku, menghadiri workshop, atau sebatas mengobrol dengan yang lain.  

Nah, itulah beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk memperingati World Mental Health Day. Sebagai catatan, kondisi kesehatan mental itu bisa dibedakan menjadi dua, yaitu mental health dan mental illness. 

Mental illness merupakan kondisi mental yang didiagnosis langsung oleh profesional medis berdasarkan beberapa kriteria, seperti OCD, skizofrenia, depresi klinis dan general anxiety disorder. Kondisi kesehatan mental satu ini cukup serius karena bisa berpengaruh pada fungsi kehidupan seseorang. 

Sedangkan mental health merupakan kondisi yang secara umum pasti ada di semua orang. Walaupun semua orang punya kondisi mental health, tapi bukan berarti semua orang punya mental illness. Mental health lebih merujuk pada kondisi dimana seseorang punya kemampuan untuk berpikir, bertindak, mengenali, dan mengeluarkan emosinya secara sehat.

Seseorang dengan gangguan mental biasanya akan merasakan gejala-gejala yang menyerang fisik dan psikis akibat emosi yang nggak terkontrol. Tapi, kadang ada juga gejala-gejala yang nggak terlihat secara sadar dan bahkan berperilaku normal sehingga butuh bantuan profesional, seperti psikolog. 

Oleh karena itu, untuk seseorang yang mungkin sudah merasakan beberapa gejala gangguan mental, sebaiknya konsultasikan kepada psikolog dibanding melakukan self-diagnose. Ini penting banget karena self-diagnosis bisa membuat kesehatan mental lebih parah yang menyebabkan kecemasan berlebihan. Sekarang sudah banyak konsultasi psikolog yang bisa diakses secara online, seperti riliv & ibunda.id di Instagram. 

Nggak perlu malu untuk meminta bantuan profesional, karena faktanya gangguan mental adalah masalah medis yang bisa menyerang siapa saja. Makannya kalau ada teman atau kerabat yang punya masalah serupa, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah hilangkan pandangan negatif kepada mereka. 

Pada dasarnya, mereka butuh ditemani untuk sekedar melepas beban yang ada dipikirannya. Nah, disinilah diperlukan kepekaan kamu sebagai pendengar yang baik. Jadi, jangan tinggalin temen kamu yang sedang melawan gangguan mental ya, Buddies! Bantu mereka sambil pelajari lebih dalam kenapa kita harus lebih aware dengan kesehatan mental. 

Kamu udah ngelakuin apa aja nih buat memperingati World Mental Health Day tahun ini? Feel free buat share di kolom komentar, ya!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×