Homepage 5 Min Essential Cara Promosi di TikTok un...

Cara Promosi di TikTok untuk Brand Awareness, Cek Disini!

24 Aug 2023

Siapa disini yang nggak tahu TikTok? Pasti hampir semua orang, khususnya kalangan muda punya aplikasi itu di smartphonenya. Sejak diluncurkan pada 2016 lalu, TikTok berkembang dengan sangat cepat dan menjadi salah satu media sosial terbesar saat ini. 

Dikutip Backlinko, aplikasi berbasis video pendek itu punya 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Jumlah tersebut bertambah sekitar 18,8% dibanding tahun sebelumnya. Khusus di Indonesia, pengguna TikTok mencapai 109,9 juta sekaligus menempati peringkat 2 dengan jumlah pengguna TikTok terbanyak di dunia.

Angka fantastis itu membuat TikTok menjadi platform yang pas untuk memasarkan produk bagi business owners. Sadar akan hal itu, TikTok sendiri sekarang berinovasi dengan menyediakan fitur TikTok Ads untuk mendukung aktivitas bisnis. 

Fitur itu sangat membantu bisnis melakukan marketing campaign yang cukup diminati. Jadi, selain sebagai aplikasi hiburan, TikTok juga kini dikenal sebagai media pemasaran yang efisien, khususnya untuk meningkatkan brand awareness. 

Tapi, sebenarnya gimana sih cara promosi di TikTok yang efektif? Jangan khawatir, di artikel ini kita akan bocorkan langkah-langkahnya. Simak, ya!

1. Pelajari cara kerja TikTok

Langkah pertama pastinya Buddies harus mempelajari dulu cara kerja TikTok. Ini bisa dilakukan dengan membuat konten pertama berupa video produk yang ditambahkan efek khusus atau backsound. Dengan cara itu, audiens akan lebih tertarik dan terdorong untuk melakukan interaksi, seperti berkomentar, like, atau share video produknya.

2. Tentukan target audiens

Langkah selanjutnya yang nggak kalah penting adalah menentukan target audiens untuk brand Buddies. Caranya dengan mempelajari secara mendalam tentang demografi TikTok. Setelah itu kamu bisa mengidentifikasi siapa saja yang kira-kira tertarik dengan brand mu.

3. Buat konten menarik

Setelah kedua langkah tadi dilakukan, mulailah untuk membuat konten yang unik dan menarik. Kalau Buddies bingung konten apa yang sedang populer, gunakan tools Ahrefs atau Ubersuggest untuk mencari keyword nya. Membuat konten dengan keyword yang sedang populer bisa memungkinkan konten tersebut dilihat banyak orang.

4. Gunakan hashtag relevan

Jangan lupa juga gunakan hashtag yang relevan saat membuat konten. Penggunaan hashtag yang relevan akan membuat konten Buddies masuk kategori tertentu sehingga mudah ditemukan oleh pengguna.

5. Posting konten secara berkala

Selanjutnya Buddies harus memposting konten secara berkala. Ini bertujuan untuk meningkatkan awareness dan juga traffic. Setelah traffic dan konten mu sudah banyak, otomatis konten-konten kamu akan mudah masuk ke halaman for your page (fyp).

6. Tingkatkan engagement akun

Engagement akun TikTok Buddies juga harus terus ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan membalas komentar yang masuk. Jangan pernah mengabaikan komentar dari pengguna, khususnya yang berupa pertanyaan. Teknik membalas komentar ini bisa meningkatkan engagement akun secara signifikan.

Itulah beberapa tips atau cara promosi di TikTok untuk keperluan brand Buddies. Pastinya selain cara-cara diatas masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mempromosikan produk di TikTok. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa influencer yang personal branding nya cocok dengan target audiens brand kamu. 

Platform TikTok ini berperan besar banget dalam membantu bisnis mempromosikan produk atau membangun brand awareness. Brand awareness sendiri bisa menciptakan kepercayaan klien, sekaligus mendorong mereka untuk lebih loyal dengan brand Buddies. 

Untuk membangun brand awareness ini memang nggak gampang, banyak business owners yang kesulitan dalam prosesnya. Tapi jangan khawatir, khusus untuk Buddies kita bisa kasih solusinya secara gratis! 

Boleh Dicoba Digital (BDD) baru aja meluncurkan buletin edisi terbaru yang berjudul Resep Rahasia Strategi Brand Awareness di Platform Media Sosial. Di buletin itu, kita membahas tentang marketing funnel (awareness to consideration), khususnya brand awareness di industri Food & Beverages (F&B). 

Buletin edisi terbaru itu juga menjelaskan peran platform media sosial, seperti TikTok dan Meta dalam meningkatkan brand awareness. Buddies bakalan dapetin banyak insight menarik, seperti strategi-strategi brand awareness, contoh brand awareness di industri F&B, interview bersama brand owners, dan studi kasus. 

Di buletin terbaru ini, kita juga sudah menyiapkan dalam dua versi bahasa loh! Jadi, tunggu apalagi? Klik disini untuk download Resep Rahasia Strategi Brand Awareness di Platform Media Sosial.

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×