Homepage 5 Min Essential Catat! Ini Cara Kelola Bi...

Catat! Ini Cara Kelola Bisnis Untuk Manfaatkan Momen Akhir Tahun

23 Nov 2023

Udah akhir tahun nih, Buddies! Nggak kerasa tahun 2023 akan berakhir dalam hitungan hari. Sampai bulan November ini, gimana perkembangan bisnis kamu? Biasanya di penghujung tahun seperti ini, orang-orang cenderung suka berbelanja karena banyaknya momen diskon besar-besaran loh.

Nah, momen itu harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh business owners yang ingin menutup tahun 2023 nya dengan profit maksimal. Di akhir tahun sendiri tercatat ada beberapa momen menarik, seperti Natal, Tahun Baru, Payday, sampai Harbolnas. 

Sepanjang periode itu, orang-orang banyak yang menantikan promo atau diskon untuk produk incarannya. Tapi memberikan diskon secara asal-asalan cuma akan bikin bisnis kamu nggak profitable, Buddies. Jadi, pastikan promo yang ditawarkan sudah diperhitungkan sebaik mungkin agar bisnis bisa mendapat untung dari momen-momen tersebut. 

Karena itu, kamu harus tau cara mengelola bisnis di akhir tahun agar berbagai momen tadi bisa ditangkap. Terus, apa aja nih yang perlu dipersiapkan? Intip artikel ini untuk dapetin info selengkapnya.

1. Melakukan riset

Hal pertama yang pastinya harus dilakukan oleh business owners adalah riset terkait produk dan perilaku konsumen. Pahami apa yang dicari oleh para konsumen di momen-momen tersebut, apakah ada produk tertentu yang diincar atau cuma mencari produk dengan diskon menarik aja. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam mempersiapkan stok produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

2. Analisis promo

Nggak bisa dipungkiri kalau promo memang jadi daya tarik untuk konsumen. Tapi kamu juga harus cari tau promo seperti apa yang bisa menguntungkan untuk bisnis. Coba lihat promo terdahulu beserta performanya dan analisis data tersebut untuk diimplementasikan di momen-momen belanja akhir tahun.

3. Perhitungkan biaya marketing

Untuk membuat berbagai promo bekerja dengan baik, pastinya ada modal yang harus dikeluarkan, seperti untuk menjalankan ads dan strategi marketing lainnya. Nah, pastikan kamu sudah memperhitungkan biaya tersebut dengan baik. Jangan sampai momen belanja akhir tahun yang harusnya menguntungkan ini malah membuat bisnis kamu rugi.

4. Berjualan di multichannel

Berjualan di beberapa channel marketing juga bisa menambah kesempatan untuk menggaet lebih banyak konsumen loh. Menurut riset, 58.2% konsumen mengungkapkan preferensi mereka untuk berbelanja lebih dari satu marketplace. Jadi business owners yang mengimplementasikan berjualan di multichannel, akan lebih bisa memaksimalkan penjualan produk sesuai channel favorit konsumen.

Nah, kira-kira itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam mengelola bisnis di akhir tahun seperti sekarang. Seperti yang sempat disampaikan tadi, di penghujung tahun banyak kesempatan emas yang sayang banget untuk dilewatkan oleh business owners

Selain beberapa tips diatas, kita juga bisa bantu kamu memaksimalkan persiapan bisnis di periode ini loh. Boleh Dicoba Digital (BDD) baru aja meluncurkan buletin edisi terbaru yang membahas tentang tren Mega Sale secara mendalam. 

Buletin itu berjudul “Tren Mega Sale: Penting atau Pening? Analisa Boleh Dicoba Digital Jelang Periode Belanja Terbesar Tahun Ini”. Di dalamnya, kamu bakal dapetin banyak insight menarik seputar momen-momen penting di penghujung tahun. Mulai dari perilaku konsumen, strategi-strategi yang bisa digunakan, sampai studi kasusnya. 

Lebih menariknya lagi, buletin ini bisa diakses secara gratis loh! Jadi nanti kamu tinggal download aja dan udah bisa langsung dibaca deh. Gampang ‘kan? Yuk, nggak usah berlama-lama lagi, klik Tren Mega Sale Bulletin BDD untuk dapetin buletinnya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×