Homepage 5 Min Essential CEO TikTok Minta Bertemu ...

CEO TikTok Minta Bertemu Jokowi, Tanda TikTok Shop Kembali?

16 Nov 2023

Belakangan ini berita tentang TikTok sedang ramai diperbincangkan oleh publik. Ini nggak terlepas dari kabar mengejutkan yang datang pada awal Oktober kemarin, tepatnya saat TikTok Shop mengumumkan berhenti beroperasi di Indonesia. 

TikTok Shop sendiri menegaskan kalau mereka nggak lagi melayani transaksi jual beli di Indonesia, per 4 Oktober 2023. Alasan ditutupnya ini pun dikarenakan pemerintah Indonesia menganggap TikTok nggak berperan sesuai izin. 

Selama ini, TikTok memang terdaftar sebagai platform social media, bukan social commerce. Jadi, pemerintah lewat Menteri Perdagangan (Mendag) resmi melarang TikTok Shop beroperasi di Indonesia karena dinilai melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Lebih dari satu bulan semenjak TikTok Shop ditutup, banyak spekulasi yang datang dari publik terkait kapan TikTok Shop dibuka kembali. Walaupun nggak ada kepastiannya, tapi isu tersebut semakin menemukan titik terangnya. 

CEO TikTok Surati Presiden Jokowi

Baru-baru ini CEO TikTok, Shou Zi Chew, menyurati Presiden Jokowi untuk membahas tentang kelanjutan TikTok Shop di Indonesia. Ini jadi langkah konkrit perdana dari TikTok sejak TikTok Shop berhenti beroperasi awal Oktober kemarin.

Sejak ditutup, TikTok sendiri memang berkomitmen untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Lewat pernyataan resminya, TikTok Shop Indonesia berjanji untuk terus berkolaborasi dengan pemerintah agar bisa melayani masyarakat lagi di masa depan. 

Menanggapi permintaan Shou Zi Chew, Presiden Jokowi meminta CEO TikTok tersebut untuk bertemu lebih dulu dengan Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM. Presiden Jokowi secara khusus memberikan mandat kepada Teten untuk menerima audiensi dari Shou Zi Chew.

Pemerintah Indonesia Buka Peluang TikTok Shop Beroperasi Lagi

Teten Masduki mengatakan kalau TikTok Shop berpeluang untuk beroperasi kembali di Indonesia. Tapi, Menteri Koperasi dan UKM itu membeberkan beberapa syarat yang harus diikuti sebelum TikTok bisa membuka kembali bisnis digitalnya.

Syarat tersebut tertuang dalam Permendag Nomor 31 Tahun 2023, yaitu:

  • Memisahkan platform media sosial dan layanan e-commerce dalam satu aplikasi
  • Mempunyai Kantor Perwakilan Perusahaan Perdagangan Asing (KP3A) Bidang PMSE atau Perdagangan Melalui Sistem Elektronik
  • Melarang penjualan produk impor diatas US$100 (1,6 juta)
  • Menaati standar yang berlaku di Indonesia, seperti Sertifikasi Halal, kepemilikan Standar Nasional Indonesia (SNI), sampai Nomor Izin Edar

Selain berbagai persyaratan diatas, TikTok juga diminta untuk mengembangkan bisnis yang berkelanjutan (sustain), sesuai dengan saran Presiden Jokowi. Ini disampaikan langsung oleh Teten Masduki, seperti yang dikutip dari CNN Indonesia

“Nanti kita akan menyikapi bagaimana supaya mereka bisnis sustain (berkelanjutan) itu dilengkapi lagi di bidang kebijakan platform dan di perdagangan secara elektronik.” Teten Masduki

Sampai sekarang, Teten masih belum mengungkapkan kapan pertemuan dengan CEO TikTok berlangsung dan apa saja poin pembahasannya. 

BDD Bulletin & Service

Nah, itulah berita terbaru tentang isu TikTok Shop yang akan mulai dibuka kembali di Indonesia. Ditutupnya TikTok Shop ini memang cukup berdampak pada pertumbuhan bisnis, jadi nggak heran kalau banyak brand owners yang mengharapkan TikTok Shop hadir lagi di tanah air.

Walaupun TikTok Shop sudah ditutup, tapi platform berbasis video pendek ini punya banyak potensi dalam mengembangkan bisnis loh. TikTok justru memperlihatkan data yang cukup menjanjikan di bulan Oktober, atau saat TikTok berhenti beroperasi. 

Kamu bisa cek semua datanya di buletin terbaru dari BDD yang berjudul “Tren Mega Sale: Penting atau Pening? Analisa Boleh Dicoba Digital Jelang Periode Belanja Terbesar Tahun Ini”. Disitu kamu bakal dapetin banyak insight penting untuk mematangkan persiapan bisnismu di momen-momen Mega Sale.

Kalau kamu butuh bantuan untuk mengembangkan bisnis lewat pembuatan konten atau live streaming juga bisa loh. Boleh Dicoba Digital (BDD) punya content creator khusus yang udah kenyang pengalaman di TikTok. 

Tertarik? Yuk, langsung aja hubungi kita atau klik TikTok Creator BDD untuk dapetin info selengkapnya. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×