Homepage 5 Min Essential Customer Relationship Man...

Customer Relationship Management (CRM): Pengertian dan Fungsinya

25 Dec 2023

Bagi kebanyakan bisnis, aset yang paling penting dan juga berharga adalah konsumen mereka. Bahkan nggak sedikit bisnis yang melakukan berbagai macam strategi untuk mencapai tujuan pemasaran mereka, sekaligus meningkatkan loyalitas konsumen. 

Salah satu strategi yang sering digunakan oleh bisnis adalah dengan memanfaatkan CRM atau Customer Relationship Management. CRM sendiri dikenal sebagai pendekatan baru dalam mengelola dan mengoptimalkan hubungan bisnis dengan konsumen.

Dalam proses implementasinya, CRM melibatkan berbagai macam teknologi dan proses bisnis yang mayoritasnya berkaitan dengan konsumen. Seperti pengumpulan data konsumen, manajemen penjualan, analisis data, manajemen layanan konsumen, dan komunikasi dengan konsumen lewat berbagai channel marketing

CRM mempunyai fungsi utama untuk membantu bisnis dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Tapi selain itu, CRM juga punya fungsi-fungsi lain yang nggak kalah penting. Apa aja? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.

1. Memonitor interaksi konsumen

Fungsi pertama adalah membantu perusahaan dalam memonitor setiap interaksi dengan konsumen, termasuk penjualan, pelayanan, dan aktivitas marketing lainnya. Cara ini berguna untuk memudahkan perusahaan dalam memahami kebutuhan konsumen, sekaligus memberikan respon yang efektif.

2. Mengelola informasi konsumen

CRM juga bisa berfungsi untuk mengelola informasi konsumen, seperti riwayat pembelian dan informasi kontak. Dengan berbagai informasi dan data yang telah terkumpul itu, perusahaan bisa menyesuaikan penawaran sesuai kebutuhan konsumen.

3. Analisis data konsumen

Analisis data konsumen juga jadi salah satu fungsi dari CRM. Data-data yang dianalisis pun bermacam-macam, seperti tren pembelian, perilaku konsumen, dan preferensi mereka. Lewat hasil analisis data tadi, perusahaan akan bisa mengidentifikasi peluang baru dan mengoptimalkan strategi marketing nya.

4. Meningkatkan efisiensi operasional

Fungsi CRM terakhir adalah meningkatkan efisiensi operasional dengan mengotomatisasi berbagai tugas administrasi, seperti pemrosesan pesanan dan pengarsipan data. Fungsi satu ini cukup penting karena kalau CRM digunakan dengan baik, perusahaan bisa meningkatkan kepuasan pelanggan yang secara otomatis membuat reputasi perusahaan menjadi lebih baik.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Customer Relationship Management (CRM) dan beberapa fungsinya. Dilihat dari fungsinya, CRM ini punya peran yang cukup vital di suatu perusahaan. 

Khususnya bagi bisnis yang berorientasi pada konsumen, CRM bisa membantu perusahaan memperoleh keuntungan yang besar. Caranya adalah dengan melakukan up-selling, cross-selling, dan membangun loyalitas jangka panjang.

Itulah kenapa, semua perusahaan harus mempertimbangkan untuk menggunakan CRM dalam proses bisnisnya. Belum lagi di era digital seperti sekarang ini, CRM dengan teknologinya bisa memudahkan perusahaan dalam menunjang keberhasilan strategi bisnis. 

Kalau kamu butuh bantuan juga untuk mengelola konsumen atau klien bisnismu, kita punya solusinya nih! Boleh Dicoba Digital (BDD) punya service Community Development yang bisa bantu kamu meningkatkan hubungan bisnis dengan konsumen. 

Nggak cuma itu, kita juga berkomitmen untuk meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga mendorong mereka mengeksplorasi lebih banyak tentang produk atau servismu. 

Kamu nggak perlu khawatir, karena BDD sudah berpengalaman dan punya banyak koneksi yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi selain akan di handle oleh expertise, bisnis kamu juga akan mendapat keuntungan dari segi koneksi loh, Buddies!

Menarik ‘kan? Yuk, tunggu apalagi, langsung aja hubungi kita atau klik Community Development BDD untuk dapetin info selengkapnya!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×