Homepage 5 Min Essential Deretan Produk Paling Dic...

Deretan Produk Paling Dicari Selama Bulan Ramadan, Bisa Tebak?

21 Mar 2023

Nggak bisa dipungkiri kalau setiap bulan Ramadan para masyarakat menjadi lebih banyak berbelanja atau meningkatkan konsumsinya. Para masyarakat tersebut memang kerap belanja berbagai kebutuhan untuk Ramadan dan lebaran.

Oleh karena itu, bulan Ramadan juga sering dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk memperoleh keuntungan dari kebiasaan masyarakat tadi. Caranya adalah dengan menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat dan memberikan penawaran semenarik mungkin.

Bisnis yang bergerak di bidang online maupun offline selalu sibuk di bulan suci ini. Apalagi jika bisnis tersebut menyediakan produk-produk yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh konsumen.

Selama bulan Ramadan dan menjelang lebaran sendiri memang ada beberapa jenis produk yang jumlah permintaannya terus meningkat. Produk-produk tersebut biasanya berkaitan dengan fashion, makanan, sampai elektronik. 

Nggak heran kalau bisnis yang menyediakan produk-produk itu kerap kali dikerumuni oleh masyarakat. Jadi, apa saja produk-produk yang paling dicari selama Ramadan? Berikut ini kita akan tampilkan beberapa diantaranya. 

1. Kurma

Setiap bulan Ramadan, kurma menjadi makanan yang hampir selalu ada di tiap rumah. Buah yang terkenal manis ini bisa dibilang menjadi santapan wajib untuk berbuka bagi umat muslim. Hal tersebut membuat kurma banyak dicari dan dibeli dengan jumlah banyak sebagai stock untuk berbuka selama bulan Ramadan. 

2. Buah-Buahan

Buah-buahan juga menjadi produk yang permintaannya semakin naik selama bulan Ramadan. Kebutuhan akan pemenuhan gizi yang baik membuat buah-buahan banyak dicari. Biasanya buah-buahan menjadi pilihan pertama dalam berbuka sebagai takjil sebelum mulai memakan makanan berat.

3. Busana Muslim

Bukan rahasia lagi kalau busana muslim banyak dicari oleh masyarakat selama bulan Ramadan. Produk-produk seperti baju koko, sarung, gamis, sampai hijab permintaannya meningkat berkali-kali lipat dibanding bulan biasa. Memang sudah menjadi tradisi kalau masyarakat kerap membeli busana muslim untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri.

4. Makanan Ringan dan Kue Kering

Di minggu-minggu terakhir menjelang lebaran, masyarakat selalu mencari makanan ringan atau kue kering untuk disajikan di rumah. Selain untuk dinikmati oleh keluarga, kue-kue tersebut juga bisa dinikmati oleh tamu-tamu yang berkunjung untuk bersilaturahmi. Banyak kue kering yang populer menjelang hari raya, seperti nastar, kue salju, atau kastengel.

5. Gadget

Produk yang paling banyak dicari selama bulan Ramadan selanjutnya adalah gadget. Bulan Ramadan sendiri memang dianggap menjadi momen yang tepat untuk membeli gadget baru, khususnya saat menjelang lebaran. Alasannya tak lain adalah karena mendapat THR atau Tunjangan Hari Raya dari beberapa orang terdekat.

6. Hampers atau Parcel

Saling mengirim hampers atau parcel di bulan Ramadan kini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, nggak sedikit orang yang banyak mencari hampers paling unik dan menarik untuk diberikan pada orang terdekatnya. Umumnya, hampers atau parcel yang diberikan berisi kebutuhan pokok, snack, sampai kue kering. 

Nah, itulah deretan produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat selama bulan Ramadan dan menjelang hari raya. Banyaknya peminat akan produk-produk diatas bisa dimanfaatkan juga lho oleh Buddies untuk membuka bisnis saat Ramadan. 

Tapi sebelum itu, Buddies harus pahami dulu beberapa perilaku konsumen selama bulan Ramadan yang bisa berpengaruh pada penetapan strategi bisnis. Di bulan Ramadan sendiri perilaku konsumen kerap kali berubah sehingga strategi yang dipilih harus disesuaikan dengan perubahan tersebut.

Kalau Buddies masih bingung gimana cara menetapkan strategi yang efektif untuk bisnis di bulan Ramadan, nggak perlu khawatir. Kita bisa bantu lewat program terbaru dari Boleh Dicoba Digital (BDD), yaitu buletin.

Buletin sendiri berisi insight menarik terkait industri digital marketing yang sudah kita analisis sedemikian rupa untuk disajikan kepada Buddies. Salah satu buletin yang ada di BDD ini adalah Ramadan Insight: Digital Marketing Campaign Guideline. 

Itu merupakan buletin yang khusus dibuat dalam rangka menyambut bulan Ramadan untuk para pelaku bisnis. Di dalam buletin tersebut berisi report dan insight menarik terkait Ramadan, seperti consumers trends, consumers behavior, dan practical strategies for brand. 

Untuk cara mendapatkan buletin itu pun Buddies nggak perlu mengeluarkan biaya lho. Cukup pilih buletin yang diinginkan, mengisi formulir berisi email, lalu kita akan langsung kirimkan report nya untuk di download via email.

Gampang banget ‘kan? Jadi nggak usah berlama-lama lagi, langsung kunjungi website Boleh Dicoba Digital (BDD) untuk dapetin buletinnya!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×