Homepage 5 Min Essential Faktor Utama yang Pengaru...

Faktor Utama yang Pengaruhi Google Ranking, Sudah Tahu?

31 May 2023

Buddies tahu nggak sih kalau ada lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi ranking website di Google? Nggak heran ya kalau persaingan untuk bisa bertengger di first page Google itu ketat banget. Google sendiri bukan tanpa alasan punya banyak faktor tersebut, mereka sengaja memiliki banyak faktor penilaian agar mencegah manipulasi. 

Sekarang ini sudah nggak terhitung berapa banyak pemilik website yang berlomba-lomba untuk mendapat peringkat terbaik di Google. Hal itu dilakukan nggak lain untuk meningkatkan traffic website. 

Untuk bisa menempatkan website ada di peringkat teratas Google, pastinya perlu dilakukan beberapa upaya. Salah satu upaya yang wajib diaplikasikan adalah penerapan strategi SEO. 

Tapi, dengan banyaknya faktor tadi, mungkin kelihatan cukup mustahil untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari strategi SEO saja. Belum lagi algoritma Google yang seringkali berubah-ubah untuk memenuhi kebutuhan para pengguna. 

Untungnya, Buddies nggak perlu memenuhi semua faktor Google ranking tadi untuk bisa mendapatkan peringkat terbaik. Cukup fokuskan saja ke beberapa faktor utama yang mempengaruhi penilaian Google. Apa saja sih faktor-faktornya itu? Jawabannya ada dibawah ini. Simak, ya!

1. High-quality content

Konten masih jadi salah satu faktor yang paling krusial untuk meningkatkan peringkat website di Google. Bukan cuma konten biasa, tapi konten berkualitas tinggi yang menyediakan manfaat untuk pengunjung. Konten yang berkualitas harus memperhatikan berbagai hal, salah satunya penggunaan keyword atau kata kunci.

2. Mobile-friendly

Pencarian melalui perangkat mobile semakin meningkat. Nggak heran kalau Google memasukan faktor ini pada 2018 lalu sebagai indikator untuk mendapatkan peringkat terbaik. Jadi, sekarang pemilik website nggak cuma harus mengoptimalkan versi desktop saja, tapi juga perlu memastikan halaman website bisa diakses lewat perangkat mobile. Karena kalau nggak, Google akan mendeteksi hal tersebut dan peringkat websitenya akan langsung turun drastis.

3. Backlink

Menurut Ahrefs, backlink juga jadi faktor penentu dalam mempengaruhi ranking website. Tapi bukan backlink secara asal, hanya backlink-backlink tertentu yang mengandung unsur relevansi dan tingkat popularitas website. Jadi, pastikan backlink yang digunakan nggak hanya relevan, tapi juga berada di salah satu website yang sangat populer.

4. Page speed

Nggak ada orang yang suka dengan website lambat, itu pasti. Semakin lambat website, semakin besar juga orang akan meninggalkan website tersebut. Jadi, pastikan kecepatan website cukup tinggi untuk menghindari pengunjung yang berpindah ke situs lain.

5. On-page optimization

On-Page optimization juga jadi salah satu faktor penting yang memberikan dampak signifikan terhadap visibilitas website. Mengoptimalkan website bisa membantu konten yang sudah dibuat agar lebih mudah ditemukan oleh Google dan juga pengguna. Dengan begitu, ranking website dalam Google pun akan meningkat secara otomatis. 

Itulah beberapa faktor utama yang mempengaruhi Google ranking suatu website. Sebagai catatan, faktor-faktor diatas hanya sebagian kecil dari berbagai faktor lain yang ada. Masih banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi ranking website di Google, seperti internal links, external links, user experience, usia domain, dan lain-lain. 

Google ranking memang cukup penting bagi pemilik website, khususnya website bisnis. Selain untuk meningkatkan traffic, ranking Google yang baik juga bisa meningkatkan brand awareness sampai penjualan. 

BDD SEO Services

Sadar akan hal itu, Boleh Dicoba Digital (BDD) menyediakan services Search Engine Optimization (SEO) untuk membantu mengembangkan bisnis secara organik. Kita percaya, dengan strategi SEO yang tepat bisa meningkatkan traffic website sampai 50%, 67% leads, dan 14% rate conversion. 

Dalam mempromosikan atau mengembangkan bisnis, kita nggak bisa hanya bergantung pada iklan atau media sosial saja. Bisnis juga harus bisa ditemukan melalui search engine. Untuk itu, BDD berkomitmen menyiapkan strategi SEO yang ampuh agar website berada di peringkat teratas. 

Services SEO BDD juga cocok untuk berbagai tingkatan bisnis, baik yang masih baru, sedang berkembang, sampai sudah mapan sekalipun. 

  • Early Business: Layanan SEO BDD bisa membantu memperkenalkan bisnis yang baru dirintis kepada audiens potensial. 
  • Growing Business: Untuk bisnis yang sedang berkembang, layanan SEO BDD bisa membantu mendapatkan dan menjangkau audiens baru. 
  • Established Business: Sementara untuk bisnis yang sudah mapan, BDD bisa menciptakan loyalitas dan mempertahankan audiens yang sudah ada. 

SEO memang salah satu strategi yang membutuhkan kesabaran dalam praktiknya. Tapi, jangan khawatir, kita akan pastikan permasalahan bisnis Buddies bisa diselesaikan dengan optimal. Impact layanan SEO dari BDD sudah dibuktikan oleh lebih dari 50 bisnis yang bekerja sama dengan kita. 

Kalau Buddies tertarik, langsung saja hubungi kita untuk berkolaborasi lewat services SEO atau klik website Boleh Dicoba Digital (BDD) berikut. 

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×