Homepage 5 Min Essential Hadir di Indonesia, Ini H...

Hadir di Indonesia, Ini Harga dan Cara Berlangganan Meta Verified

14 Aug 2023

Baru-baru ini Meta meluncurkan layanan centang biru berbayar yang diberi nama Meta Verified. Layanan ini mirip dengan apa yang dilakukan oleh Elon Musk di Twitter (X), yaitu membayar ikon centang biru yang sebelumnya terbatas pada akun-akun tertentu. 

Sejak peluncuran pertama Meta Verified di bulan Maret kemarin, banyak pengguna Instagram yang antusias. Bahkan Instagram dilaporkan meraup $660 juta dari hasil penjualan 44 juta blue checks hanya dalam kurun waktu 24 jam! 

Menyusul kesuksesan Meta dalam menjual blue ticks membuat pengguna mengharapkan lebih banyak fitur menarik dalam layanan ini. Sebelumnya CEO Meta, Mark Zuckerberg, sempat membocorkan berbagai keuntungan centang biru berbayar, seperti peningkatan visibilitas, dukungan pelanggan prioritas, dan masih banyak lagi. 

Nah, kalau Buddies tertarik untuk berlangganan centang biru, simak dulu artikel ini. Disini kita akan coba bagikan beberapa hal yang perlu diketahui tentang Meta Verified. Simak, ya!

1. Harga dan syarat berlangganan Meta Verified

Meta memberikan harga yang berbeda-beda untuk layanan ini di tiap negara. Di Indonesia sendiri, Buddies harus merogoh kocek sekitar Rp100 ribu per bulan untuk website, dan Rp130 ribu untuk aplikasi di iOS/ Android. Sebelum itu, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk bisa berlangganan Meta Verified, seperti:

  • Berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki profil publik atau pribadi berisi nama lengkap yang sesuai standar penamaan dan memiliki foto profil yang memperlihatkan wajah. 
  • Mengaktifkan autentikasi dua faktor yang bisa diselesaikan setelah pembayaran
  • Memenuhi persyaratan aktivitas minimum, seperti riwayat unggahan sebelumnya
  • Memiliki kartu identitas dari pemerintah yang sesuai dengan nama dan foto profil di Instagram
  • Memenuhi ketentuan penggunaan dan pedoman komunitas Meta

2. Cara berlangganan Meta Verified di iOS dan Android

Untuk berlangganan layanan terbaru dari Meta ini gampang banget loh, berikut kita tampilkan langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Pilih menu profil yang ada di pojok kanan bawah
  • Klik ikon tiga baris di kanan atas dan pilih ‘Meta Verified’
  • Lalu pilih ‘Berlangganan’ dan ikuti langkah-langkah selanjutnya
  • Berikutnya, biaya yang harus dikeluarkan akan disesuaikan dengan perangkat yang digunakan, seperti App Store, Play Store dan Website.

3. Keuntungan berlangganan Meta Verified

Nggak bisa dipungkiri kalau Meta Verified ini diperlukan oleh para pengguna, khususnya kreator. Dengan layanan ini, mereka bisa memperluas jangkauan dan pengaruhnya di platform-platform Meta, seperti Instagram, Facebook, dan yang terbaru Threads. Dikutip dari website resmi Meta, berikut 4 keuntungan utama berlangganan Meta Verified.

  • Verifikasi: Mempermudah audiens untuk mengidentifikasi akun Buddies yang asli dengan verification badge. 
  • Perlindungan akun secara proaktif: Mendapatkan perlindungan dari peniruan identitas dengan autentikasi dua faktor yang diperlukan.
  • Fitur eksklusif: Mendapatkan stiker eksklusif di Stories dan Reels (Instagram & Facebook) dan raih 100 Bintang di Facebook untuk memperlihatkan dukungan pada kreator.
  • Dukungan akun secara langsung: Mendapatkan bantuan langsung dari tim Meta untuk menangani masalah pada akun.

4. Meta Verified vs Twitter Blue (X Premium)

Sekarang dua platform raksasa media sosial masing-masing sudah meluncurkan layanan centang biru berbayar untuk penggunanya. Tapi, apa perbedaan diantara keduanya, dan layanan milik siapa yang lebih menguntungkan?

Baik Meta dan Twitter sama-sama mempunyai penawaran harga yang berbeda di setiap negaranya. Tapi, kedua platform itu mempunyai kesamaan fitur, yaitu verification badge dan customer support. 

Walaupun keduanya menawarkan customer support, tapi Twitter Blue hanya memberikan bantuan untuk isu berlangganan saja. Sementara Meta menawarkan bantuan untuk isu-isu pada akun secara umum. Jadi, Meta lebih unggul dari segi customer support. 

Disamping itu, layanan verifikasi berbayar dari Meta dan Twitter ini sangat bermanfaat untuk pengguna yang menginginkan perlindungan akun. Khususnya bagi kreator, layanan ini sangat penting untuk menghindari oknum-oknum yang ingin meniru profil. 

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu diketahui dari layanan Meta Verified. Jadi, gimana nih menurutmu Buddies? Apakah kamu akan berlangganan layanan ini? 

Kalau Buddies ingin punya insight lebih dari Meta Verified dan ingin tahu cara menggunakan layanan ini untuk memaksimalkan bisnismu, hubungi kita saja! BDD akan siap membantu menangani segala permasalahan bisnis. Yuk, langsung saja konsultasikan dengan Boleh Dicoba Digital (BDD)!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×