Homepage 5 Min Essential Harga Tiket Kereta Cepat ...

Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Desember, Masih Promo Loh!

12 Dec 2023

Per tanggal 1 Desember kemarin, harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) resmi naik menjadi Rp200.000. Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) atau Whoosh menjual harga promo seharga Rp150.000 untuk perjalanan di periode 18 Oktober – 30 November 2023. 

Walaupun ada kenaikan harga, tapi tarif di bulan Desember ini disebut masih berupa promo dan bukan termasuk harga normal. Ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, pada bulan November lalu.

“Penerapan tarif pada bulan Desember juga menjadi salah satu komitmen KCIC yang akan selalu menghadirkan berbagai promo menarik untuk perjalanan kereta cepat Whoosh” Dwiyana Slamet Riyadi, dikutip dari Kompas.com. 

Nantinya selama Desember 2023, KCIC akan melayani 40 perjalanan Whoosh di hari Senin sampai Kamis. Khusus hari Jum’at, Sabtu dan Minggu, perjalanan Whoosh akan ditambah jadi 48 setiap harinya. 

Terkait skema promonya sendiri, harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung dibagi menjadi dua: 

  1. Senin – Kamis
  • Tiket Kelas Premium Economy: Rp200.000
  1. Jum’at – Minggu
  • Tiket Kelas Premium Economy: Rp250.000

Semua tiket tersebut juga sudah termasuk dengan perjalanan KA Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung dan sebaliknya. 

Alasan Pemerintah Menaikkan Harga Promo

Emir Monti selaku Manager Corporate Communication KCIC memaparkan kalau penetapan tarif Whoosh mengikuti demand penumpang. Terkait kenaikan harga tiket sekarang, Emir mengaku pihaknya tetap optimis Whoosh masih jadi pilihan masyarakat berkat keunggulan yang dimiliki.

“Kereta Cepat Whoosh adalah layanan kereta komersial sehingga penetapan tarifnya akan menggunakan strategi dynamic pricing dan mengikuti demand penumpang, saat high season atau low season. Kami optimis Whoosh tetap akan diminati, karena masyarakat sudah merasakan berbagai keunggulan yang dimiliki Whoosh” Emir Monti, dikutip dari CNBC Indonesia.

Optimisme dari Emir itu pun bukan tanpa alasan, pasalnya jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh semakin membludak. Secara total, dari periode 17 Oktober sampai 22 November 2023 kemarin, Whoosh sudah melayani 491 ribu penumpang. 

Whoosh Jalin Kerjasama dengan Destinasi Wisata Bandung

Kereta Cepat Whoosh dikabarkan sudah menjalin kerjasama dengan berbagai destinasi wisata, khususnya di daerah Bandung Raya. Kerjasama itu memungkinkan para pemegang tiket untuk bisa mendapat gratis shuttle atau gratis tiket masuk ke beberapa destinasi wisata. 

Ini jadi salah satu tujuan dirancangnya Whoosh yang bukan cuma sekedar moda transportasi, tapi juga penggerak roda ekonomi. General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menyebutkan kalau Whoosh memang bisa membantu meningkatkan kunjungan pariwisata dan perekonomian lokal. 

“Lewat kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pelaku pariwisata, kami ingin memberikan nilai tambah dan meningkatkan pelayanan untuk penumpang sekaligus ambil bagian dalam upaya meningkatkan perekonomian lokal. Dan setelah lebih dari satu bulan berjalan, kerjasama ini mendapat respon baik dari penumpang,” Eva Chairunisa, dikutip dari detikfinance.

Lalu, apa saja destinasi wisata yang sudah bekerjasama dengan Kereta Cepat Whoosh? Eva menyebutkan ada 6 destinasi, mulai dari Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika, Tepi Danau dan Tepi Kota Healing. 

Nah, itulah informasi kenaikan harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) per Desember ini. Walaupun ada kenaikan tarif, tapi Whoosh masih cukup diminati loh oleh masyarakat Indonesia. 

Kamu sendiri tertarik nggak nih dengan melihat harga dan benefit yang ditawarkan oleh Whoosh? Share pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Start using our services
Our team of professionals are ready to help you with your inquiry.
Reach Out Now arrow
×